CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Pengalaman Pribadi Diterima Adsense Dengan cepat


Artikel ini ditulis dari pengalaman pribadi penulis saat baru Membuat Blog tanpa memiliki artikel atau postingan satu pun di halaman, waktu demi waktu berlalu dengan kesibukan penulis dalam pekerjaan di kantor hingga membiarkan blog tersebut tanpa adanya aktivitas sama sekali, setelah lebih dari 6 bulan berlalu penulis baru menyadari ternyata penulis memiliki sebuah blog yang masih kosong dan tidak disentuh sama sekali, dimana saat itu penulis dengan kesibukan sehari-hari dalam membuat tender elektronik melalui LPSE, tak jarang penulis sering menemukan artikel dalam surfing di google menemukan artikel atau postingan tentang google adsense, sehingga penulis mencari tahu tentang Google Adsense tersebut dan mempelajarinya dengan berbagai cara blusukan di berbagai macam penelusuran google.
Setelah menemukan dan sedikit memahami akhirnya penulis mencoba membuka dashboard blog penulis yang memang saat itu belum muncul tab monetisasi atau penghasilan, maka setelah mengaktifkan tab tersebut akhirnya penulis mencoba membuat beberapa artikel original yang lain artikel simakan dari artikel milik orang lain (bukan copy paste ya).
Bermodalkan sekitar 7 artikel/postingan penulis mencoba mendaftarkan akun blog tersebut di google adsense hingga sekitar entah berapa hari kemudian penulis mendapat jawaban melalui email yang menyebutkan :
Dari jawaban Google Adsense melalui email penulis tersebut akhirnya menyadarkan kepada penulis tentang artikel-artikel yang pernah penulis baca pada website-website lain yang menyebutkan sulitnya mendaftar adsense ternyata benar.
Sehingga dari saat itu penulis merasa tertantang untuk dapat diterima di google adsense ditambah lagi dengan iming-iming yang mereka tawarkan dan melihat berbagai profil pemilik blog/website yang telah di approved akun adsensenya dengan penghasilan yang lumayan hingga besar.
Namun perlu diingat tujuan dari kita membuat blog bukan semata-mata karena kita ingin cepat terkenal atau ingin cepat mendapatkan penghasilan dengan cara daftar di adsense atau lainnya melainkan blog yang kita buat harus memiliki tujuan manfaat bagi orang lain terlebih dahulu dimana mendahulukan kepentingan orang banyak diatas kepentingan pribadi akan menjadikan kehidupan kita sukses didunia maupun di akhirat, :).

Melanjutkan dari kisah diatas
Dalam memperbaiki atas kesalahan yang menyebabkan blog tidak diterima oleh Adsense yang dijelaskan maka penulis menyimpulkan sebagai berikut :

1. Memiliki blog Sendiri
Tentunya jika kita ingin mendaftar di google adsense sebagai publisher iklan otomatis harus memiliki situs sendiri, tapi jika ingin mendaftarkan situs milik orang lain menurut penulis juga tidak apa-apa. jika ingin membuat blog baca : Cara membuat blog lengkap

2. Tema Template Blog
Template suatu blog merupakan salah satu hal penting dalam penilaian google adsense, maka dari itu lebih baik saat melakukan pendaftaran google adsense sebaiknya menggunakan template setandard bawaan dari blog terlebih dahulu, atau jika memang ingin memiliki template yang premium seo friendly Disini atau yang gratisan Disini, atau bisa dengan template buatan sendiri dari toaster secara mandiri tanpa pemahaman coding dengan hasil 99,9 % hasil buatan kita sendiri lihat Disini.
3. Artikel/Postingan
Mengusahakan untuk membuat artikel dengan jumlah minimal 15 artikel yang berkualitas atau minimal 30 artikel original bukan copy paste karena saat blog penulis di approved artikel penulis berjumlah 15 artikel dengan artikel original dan berkualitas. Ingat dalam membuat artikel hindari menampilkan banyak gambar atau artikel didominasi oleh gambar, karena crawling dari googlebot biasanya sulit dan lama dalam mengcrawl image, serta menghindarkan terlalu banyak menampilkan video, karena jika anda memiliki video sebaiknya menggunakan akun youtube untuk sharing.

4. Pasang navigasi yang baik pada blog
Membuat label atau kategori pada homepage blog agar mempermudah pengguna dalam penelusuran / navigasi pada blog kita  seperti salah satu contoh seperti pada gambar dibawah ini :
Atau dengan model kategori skrol kebawah atau dengan model lain yang banyak kita cari di pencarian google.
cara membuat label atau kategori silahkan klik Disini.

5. Membuat Deskripsi Blog
Deskripsi adalah penjelasan singkat tentang blog yang kita buat, jadi dengan membuat deskripsi pemantauan google akan lebih terarah dengan tujuan blog dan merupakan salah satu penilaian, untuk menempatkan dan atau menulis deskripsi pada blog bisa dilihat Disini.

6. Mendaftarkan Blog di google webmaster tools/GSC
Webmaster tools adalah seperangkat alat atau fasilitas yang di siapkan oleh google secara gratis yang dapat digunakan oleh para penggunanya untuk pengembangan websitenya dan perayapan websitenya di mesin pencarian tentunya, Cara mendaftarkan blog di Webmaster tools atau sekarang dikenal Google Search Console silahkan kunjungi laman ini.

7. Membuat laman Privacy Policy, About me, Sitemap/daftar isi, kontak dan juga TOS,
Pada nomor 7 ini merupakan salah satu syarat yang paling disenangi oleh adsense, karena dengan membuat halaman seperti nomor 7 ini telah dianggap bahwa pemilik blog memiliki keseriusan dalam pembuatan blog sehingga menjadikan prioritas buat adsense untuk menerima blog  seperti ini sebagai rekan kerja google untuk menjadi publisher iklan. Untuk cara membuat halaman pada nomer 7 ini anda bisa mengikuti panduan lengkap di link ini.

8. Pengunjung Blog/Visitor
Suatu blog tanpa pengunjung sama dengan kuburan tentunya, oleh karena itu pengunjung suatu blog merupakan salah satu hal yang penting juga namun kalo menurut penulis untuk traffic akan dinilai oleh adsense di nomer belakangan sepertinya, karena terbukti saat melakukan pendaftaran di adsense penulis tidak memiliki visitor/pengunjung organik setiap harinya tidak mencapai 20an, namun setelah diterima atau diapproved oleh adsense penulis mengakali dengan cara menggunakan traffic exchanger yang membuat pengunjung pada blog mencapai hingga diatas 500an hingga diatas 1ribuan perhari, namun karena dengan berbagai informasi diforum adsense yang banyak menyebutkan penggunaan traffic exchange memiliki resiko akan di bannednya akun maka penulis menghentikan kegiatan tersebut meski kegiatan itu berlangsung selama hampir 6 bulan dan tidak ada tanda-tanda akan dibanned akun adsen penulis, tetapi daripada hati penulis selalu ketar-ketir dibuatnya maka diambil saja jalan yang aman dengan menghentikan kegiatan itu, Namun buat pengguna blogger baru yang ingin meningkatkan traffic tidak ada salahnya menggunakan traffic exchange yang satu ini, karena sistemnya yang automatis surfing ini menjadi andalan penulis sebelumnya, silahkan baca artikelnya pada link Disini.

9. Umur/Usia Blog
Dari pengalaman yang telah penulis sebutkan diatas tentang vacumnya penulis dalam membuat blog lebih dari enam bulan maka sebainya untuk pengajuan adsense blog tersebut harus sudah berumur minimal 6 bulan, meski ketentuan ini berbeda di beberapa negara, kecuali langsung dengan menggunakan domain mungkin waktunya tidak harus menunggu hingga 6 bulan, karena kalau itu penulis tidak jelas karena selama ini penulis hanya suka yang gratis tapi bukan harus tidak berkelas :). 

10. Loading Blog
Dalam pemilihan template pada nomor 2 diatas perlu melihat dan mempertimbangkan dengan seksama tentang kecepatan atau loading, karena kecepatan loading blog juga berpengaruh anda bisa mengujinya dengan menuju situs loading test untuk blog anda dan cara mengatasinya lihat Disini

Dari poin-poin diatas jika diterapkan oleh para blogger untuk mendaftar menjadi publisher di Google Adsense penulis yakin 190% pasti akan di approved permohonannya. Karena pengalaman penulis setelah melakukan perbaikan tersebut pengajuan berikutnya langsung di Approved.
Namun pesan dari penulis, setelah pengajuan adsensenya diterima sebaiknya kita harus mengikuti Term of Sevices (TOS), dan membaca segala pedoman dari adsense itu sendiri agar kemitraan dengan google bisa bertahan lama, karena GA sendiri pun menginginkan kemitraan dengan jangka panjang.
Dan semoga para pembaca yang baik disini setelah membaca artikel ini serta telah mengikuti panduan dari poin-poin diatas akan segera mendapatkan balasan E-mail seperti dibawah ini :

Jika para pembaca yang masih dalam masa penantian umur blog belum mencukupi pembaca bisa menggunakan cara dengan menggunakan alternative adsense untuk menjadikan blog sebagai publisher, karena diluar dari google adsense terdapat banyak alternative adsense yang membayar dengan bayaran yang cukup tinggi.
Namun jika sudah dalam masa verifikasi sebaiknya lepaskan alternative dari publisher lain,.. karena kita tau sendiri Adsense cemburuan,.

Untuk lebih jelasanya tentang alternative silahkan ikuti link ini.

Demikian artikel sederhana tentang pengalaman penulis hingga diterima adsense, karena pengalaman itu lebih berharga dari pada apapun, karena dengan pengalaman itu pula kita menjadi betul-betul memahami dan mengerti akan hakekatnya sebab itu akan tertanam dalam di memori internal diri kita.
Salam Blogger
Salam Caranecom