CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

CARA MUDAH DAN CEPAT MEMBUAT BLOG SENDIRI


Salam Blogger
Sebelum membuat blog mungkin tidak ada salahnya kita mengenal sepintas pengertian tentang blog dan asal usulnya hingga saat ini.

Blog sebenarnya telah hadir pada sekitar tahun 1994 yang saat itu masih bernama online diary yang dibuat oleh Justin Hall seorang siswa dari Swarthmore, AS, dimana pada saat itu online diary yang merupakan website yang berisikan link-link yang menuju ke web lain dengan komentar dan opini dari masing-masing pemilik online diary, kemudian pada tahun 1997 Jorn Barger yang merupakan seorang programmer yang termasuk salah satu pengelola online diary membuat istilah dengan nama web-log jika kita artikan dari kata web yang artinya : web adalah  fasilitas untuk menampilkan data dan informasi yang disimpan termasuk rentetan peristiwa yang masih berlangsung sedangkan log atau login adalah masuk jadi artinya ya masuk web atau www [ world wide web ], namun pada tahun 1999 Peter Merholz menyebut istilah weblog dengan kata wee-blog hingga pada akhirnya dipersingkat menjadi Blog,.

Dan untuk kita-kita sebagai pemakai blog disebut blogger, dengan membuat kreasi bahkan untuk tujuan bisnis,.

Baiklah sekarang mari kita mulai membuat blog dan membuat blog ini adalah gratis,

Dan untuk memulainya terlebih dahulu kita harus mempunya Account Google jika belum memiliki account google kita bisa buat terlebih dahulu  :  Disini.

Jika telah selesai membuat account google atau memang sudah memiliki account google kita langsung dengan buka atau searching Blogger.com setelah kita buka blogger.com kita akan diminta lagi untuk memasukkan alamat account google yang serta passwordnya untuk masuk ke laman Dashboar, maka selanjutnya anda sudah siap untuk memulainya dengan klik tombol Blog Baru seperti pada gambar dibawah ini :
Dengan klik blog baru seperti pada gambar diatas berarti anda siap membuat sebuah blog, yang selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan nama blog yang akan dibuat, sebaiknya nama blog kita sesuaikan dengan target apa yang kira kira akan kita banyak posting atau sesuai dengan aktivitas keseharian anda, atau terserah sesuai dengan rencana kreasi anda, nantinya nama blog juga bisa kita rubah pada setting, dilanjutkan dengan membuat alamat url blog, untuk alamat url blog pilihlah yang unik, karena jika sudah pernah digunakan maka alamat url yang anda masukan tidak akan di terima contohnya seperti pada gambar dibawah ini :


Setelah selesai membuat Judul blog dan membuat alamat url blog maka kita bisa memilih template atau biarkan saja dulu pada pilihan otommatisnya karena nantinya kita kan bisa merubah template bahkan kita bisa mendapat atau searching template blog gratisan sangat banyak di pencarian google.

Maka langsung saja kita klik Buat Blog.

Dengan klik Buat Blog berarti anda sudah mempunyai sebuah blog langkah selanjutnya tinggal membuat postingan, bagaimanakah cara membuat postingan atau artikel, mari kita mulai bersama-sama.

Memulai atau membuat sebuah postingan atau artikel sangatlah mudah anda tinggal klik logo pensil maka akan tampil lembar untuk memulai membuat postingan atau artikel, setelah terbuka lembar postingan terlebih dahulu buatlah judul dari postingan atau artikel yang akan anda buat setelah itu mulailah mengetik untuk membuat postingan disinilah kreativtas anda bisa curahkan, lebih baik jika artikel yang anda buat punya manfaat untuk orang banyak karena akan ada nilai tersendiri nantinya dan akan menjadi manfaat untuk diri sendiri juga nantinya, kita akan bahas pada artikel berikut.

sebagai contoh kita bisa lihat pada gambar di bawah ini :


Setelah kita selesai membuat sebuah postingan atau artikel kita bisa menyimpannya, menyimpan berarti belum bisa dilihat oleh orang lain, dan jika dirasa artikel kita sudah layak untuk kita posting atau kita publish klik pada pojok kanan atas yang bertuliskan PUBLISHKAN namun jika anda sebelum mempublish artikel anda bisa dengan klik pratinjau untuk melihat tampilan yang akan tampil setelah kita publish nanti.

Tentunya pada lembar entri ini ada berbagai macal tool-tool yang berfungsi untuk mengedit dan lain sebagainya layaknya seperti pada microsoft office word,

mari kita pelajari satu persatu fungsi masing masing tool beriku seperti pada gambar di bawah ini :


Penjelasan :
  1. Compose adalah fungsi untuk penulisan artikel dalam tulisan standar seperti pada contoh diatas. 
  2. HTLM adalah fungsi untuk penulisan artikel dengan format penulisan HTML. 
  3. Undo/Redo  adalah tombul yang berfungsi untuk undo mundur satu langkah atau Redo maju. 
  4. Font adalah tombol untuk menentukan pilihan font yang akan kita gunakan. 
  5. Font Size adalah tombol untuk menentukan size atau ukuran huruf yang kita gunakan tentunya dengan cara kita blok terlebih dahulu huruf yang akan kita setting untuk sizenx. 
  6. Format adalah tombol dengan fungsi untuk menformat huruf untuk heading, miror heading. 
  7. Bolt adalah tombol untuk mempertebal huruf pada postingan atau artikel. 
  8. Italic adalah tombol yang berfungsi untuk membuat huruf miring. 
  9. Underline adalah tombol yang berfungsi untuk menggaris bawahi tulisan pada artikel atau posts. 
  10. Text Color adalah tombol untuk memberi warna pada font atau huruf pada artikel. 
  11. TBC adalah Text Beground Color yang berguna untuk memberi warna latar pada font. 
  12. Link adalah tombol untuk membuat link atau remove link, [Ask if not know]. 
  13. InsImge adalah tombol Insert Image untuk menambahkan gambar pada postingan atau artikel. 
  14. InsVideo adalah tombol yang berfungsi untuk menambahkan video pada postingan. 
  15. IJB adalah Insert Jump Break merupakan tombol yang berfungsi untuk membuat Read More pada postingan atau artikel [ask if not know] 
  16. Aligment adalah tombol yang berfungsi untuk mengatur tata letak tulisan artikel atau posts. 
  17. NumList adalah Number List tombol yang berfungsi untuk memberikan list nomer pada artikel. 
  18. Bullet List adalah tombol yang berfungsi untuk memberi bullet pada artikel. 
  19. Quote adalah tombol untuk Quote. 
  20. T adalah tombol yang berfungsi untuk meremove format. 
  21. ABC adalah tombol yang berfungsi untuk check spelling. 
  22. Label adalah tombol yang berfungsi untuk memberikan label. 
  23. Jadwal adalah tombol yang berfungsi untuk menjadwalkan postingan yang akan kita posts. 
  24. Tautan adalah sebuah tombol yang berfungsi untuk menautkan link. 
  25. Lokasi adalah tombol yang berfungsi untuk menentukan lokasi kita. 
  26. Pilihan adalah tombol yang berfungsi sebagai setting untuk komentar,mode, tag

Demikian artikel Ulasan membuat blog ini semoga dapat bermanfaat guna bagi yang membacanya. hal-hal yang tidak dipahami bisa ajukan pertanyaan dengan cara comment.

Salam Caranecom