CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Cara Mulai Ngeblog Dengan Sukses 2018


Salam Caranecom

Memulai membuat Blog atau membuat Website mungkin sudah terbersit dibenak anda namun muncul banyak pertanyaan dibenak anda sehingga menunda dan menunda hingga anda tidak birminat lagi membuat blog atau website.
Pada dasarnya membuat blog itu sangat mudah, tinggal tujuan kita dalam membuat suatu blog atau website ditujukan untuk apa? Apakah untuk mengembangkan usaha bisnis yang sementara digeluti, menuangkan ekspresi dengan bentuk artikel untuk berbagi pengetahuan, berbagi tentang biografi pribadi, pengalaman pribadi dan menyimpan catatan harian atau dibuat khusus untuk monetisasi? Jadi pada blog itu sendiri yang sulit adalah pemeliharaannya, karena dengan membuat blog berarti juga harus sering update karena jika tidak sama dengan kita menanam bunga dan tidak mengurusnya atau menyiramnya sehingga bunga tersebut mati karena kekeringan.
Berikut adalah langkah-langkah yang harus dimulai dalam membuat blog :

Untuk memulai membuat blog anda bisa memulai dengan panduan membuat blog lengkap melalui link dibawah ini :
Cara Mudah Buat Blog Lengkap Klik disini dengan tutorial lengkap yang membuat anda lebih mudah dalam memahaminya.

Yang Pertama adalah :
Menentukan nama domain yang sesuai dengan kerangka blog yang akan kita buat, karena nama domain merupakan suatu alamat yang diketikkan untuk membuka situs web. atau bisa juga diartikan. sebuah pembuatan nama unik untuk mengidentifikasi alamat (address) seperti contohnya adalah : www.tutorialtarget.com.
Meskipun dari contoh diatas sebenarnya Domain memiliki banyak level misalnya :
  • .com   :  dotcommercial
  • .net   :  dotnetwork
  • .org   :  dotorganization
  • .edu   :  doteducation
  • .gov   :  dotgoverment
  • .mil   :  dotmilitary
  • .info   :  dotinfo
Sebagai contoh pada alamat website diatas merupakan nama domain yang tertarget pada blog yang akan kita buat, misalnya kita membuat blog untuk tujuan membuat tutorial apa pun itu maka pemilihan nama domain tersebut sudah merupakan kata kunci pada mesin pencarian. Yang terpenting dalam membuat nama domain sebaiknya jangan terlalu panjang.

Yang kedua adalah :
Setelah menentukan nama domain selanjutnya mendapatkan web hosting dengan cara mendaftar secara online dan banyak kita temukan dengan googling, atau jika ingin menggunakan yang non hosting pun tidak apa, karena memakai wesite non hosting pun tidak kalah bersaing selama konten yang kita buat memang banyak peminat dan terlihat baik serta bermanfaat.

Yang ketiga adalah :
Pemilihan Template atau tema yang sesederhana dengan tujuan tidak terlalu berat proses loadingnya, karena banyak blogger yang salah dalam pemilihan template sehingga menyebabkan loading dan membuat pengunjung enggan berkunjung karena loading saat membuka situs kita dan memberikan tampilan yang menarik karena dengan tampilan yang menarik  tentu akan memberikan rasa nyaman kepada pengunjung dan tentu akan merasa betah berlama-lama berada diblog kita. Ada banyak tema yang gratis bisa kita dapatkan dengan googling dan ada juga yang premium atau berbayar yang tentunya memberikan nuansa profesional. Namun itu tergantung dari anda sendiri, seperti contoh tema milik caranecom ini merupakan tema gratis yang caranecom modifikasi sendiri. dan pastikan anda menggunakan template yang responsif dengan tujuan baik untuk bebagai macam perangkat, ponsel contohnya.

Yang ke empat adalah :
Konten merupakan isi daripada blog itu sendiri, jadi dalam membuat konten atau artikel merupakan dasar dari baik atau tidaknya suatu blog. Mulai dari sisni anda sudah harus bertanya pada diri sendiri : kira-kira apa yang diinginkan banyak orang pada situs website? Konten pada blog harus memiliki target yang tepat serta dalam penulisan artikel sebaiknya hasil dari karya sendiri atau pengalaman yang terjadi atau tentang biografi diri seperti disebutkan diatas, serta memberi gambar yang menarik karena gambar akan menarik perhatian pengunjung pada blog kita, intinya bukan dari hasil copas artikel milik orang lain. Dimana saat ini Google melalui googlebot sangat senang merayapi artikel yang singkat, padat dan jelas dari isi artikel itu sendiri, dan menggunakan format yang mudah untuk dibaca.

Yang kelima adalah :
Keterlibatan dengan dunia social media yang berfungsi untuk menyebarkan yang meliputi : Tweeter, Facebook, Instagram dan masih banyak social media lainnya, ini merupakan pasar yang sangat besar saat ini karena perkembangan social media dewasa ini sangat menjanjikan tegantung tujuan anda untuk apa. Dan sebaiknya dalam sebuah blok sebaiknya terdapat tombol share atau berbagi yang kemungkinan akan ada pengunjung yang tertarik dan membagikan website kita tersebut.

Yang keenam adalah :
Memprioritaskan tampilan blog pada ponsel pintar, maksudnya adalah dewasa ini sekitar 75% orang mengakses website menggunakan telepon seluler. Memang harus diakui perubahan drastis ini, meskipun misalnya anda membuat situs website anda pada perangkat Laptop misalnya sebagian besar pembaca atau pengunjug anda menggunakan ponsel untuk melihatnya. Jadi pemilihan tema atau template merupakan hal yang penting seperti disebutkan pada urutan ketiga tersebut diatas.


Pada dasarnya dalam membangun sebuah website atau blog sebaiknya jangan memikirkan terlebih dahulu yaitu : 
* Bagaimana bisa mendapatkan banyak uang dengan membuat blog, sebaiknya buang jauh-jauh terlebih dahulu pemikiran itu,
* bagaimana bisa cepat terkenal dengan membuat blog, karena tidak semua blog bisa tumbuh dengan cepat, bisa jadi dari faktor keberuntungan tentang pemilihan nama domain yang tepat.

Sebaiknya lakukanlah dalam blog anda karena kecintaan, kesenangan dan kepuasan yang kita terima saat kita melakukan aktifitas pada blog, sehingga lambat laun dan pasti blog kita akan menjadi sebuah blog yang yang mempunyai kulitas tinggi, sehingga secara otomatis penghasilan dan ketenaran akan datang dengan sendirinya.

Demikian artikel tentang cara mulai membangun blog dengan sukses semoga bermanfaat

Salam Blogger
Salam Caranecom