CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Mendaftarkan Blog di Google Webmaster tools 2018



Salam Blogger, Caranecom kali ini akan membahas tentang Cara Submit Blog kita  ke Google Webmaster Tools.

Setelah kita membuat blog dan membuat banyak artikel atau postingan tentu kita ingin agar postingan kita bisa cepat ditemukan dalam searching google, tentu dengan telah membuat artikel atau postingan tentunya anda juga telah memiliki Blog bukan? atau jika ada pembaca yang belum punya atau ingin membuat blog secara lengkap dari A - Z bisa klik  :  Disini 
Sebelum membuat blog juga tentunya anda sudah memiliki account google kan, ada yang belum punya account google juga, ok. untuk membuat account Google bisa klik  : Disini

Sebenarnya apa tujuan utama pada judul diatas? tujuan seperti judul diatas atau Submit Blog atau website kita pada google console bertujuan untuk memperkenalkan ke mesin pencari google, agar blog/website atau postingan kita cepat terindex oleh mesin pencari google, sehingga mudah ditemukan pada hasil pencarian ketika kata kunci relevan dengan dengan judul artikel yang kita buat.
Berikut adalah cara untuk daftar atau Submit website di Google Webmaster Tools. :
Silahkan anda buka alamat url : Disni  
atau klik alamt url berikut ini : https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url 
Search Console
Search Console
 Biasanya anda akan diminta untuk memasukkan alamat Account Google dan password anda, setelah tampil seperti gambar diatas maka masukkan alamat url anda yang HTTP atau yang sudah HTTPS atau TLD pihak ketiga yang telah anda beli pada no. 1 seperti gambar diatas, cara mendapatkan alamat url anda lihat caranya Disini,
Selanjutnya pada no. 2 centang box tersebut untuk menyatakan bahwa anda bukanlah robot,
pada langkah ke 3 klik submit request.

Setelah anda selesai melakukan submit seperti diatas tunggu satu menit kemudian dan anda dapat mencobanya dengan cara mencari Nama Website anda pada mesin pencari Google, mudah-mudahan anda sudah dapat melihatnya, meskipun belum sempurna, kita akan bahas nanti untuk agar bisa agar lebih berkualitas.

Cara yang berikutnya adalah dengan cara pada Google Webmaster.
Kita langsung saja.
Untuk langkah pertama anda masuk dulu pada alamat url Google Webmaster dengan cara klik : Disini  atau langsung klik alamat url berikut :  https://www.google.com/webmasters/ .

Jika anda telah masuk pada halaman Google Webmaster silahkan anda login terlebih dahulu menggunakan account google dan password anda dengan cara klik SIGN IN yang biasa terletak di pojok kanan atas seperti pada gambar dibawah ini :
Halaman Login
Halaman Login
Kemudian pilih Add a Property seperti pada gambar dibawah ini lalu masukkan alamat url anda kemudian klik Add  :


Add Property
Add property
Selanjutnya anda akan di bawa pada laman untuk verifikasi, untuk verifikasi akan ada beberapa pilihan methode yang akan di sajikan adalah sebagai berikut :
Metode pertama adalah : HTML File Upload yang meminta anda untuk Upload file HTML dengan cara  mendownload HTML file verification dan mengupload pada alamat url blog anda. lalu klik tombol Verifikasi dibawah.
Metode kedua    adalah : HTML Tag yang meminta anda untuk mengcopy meta tag yang telah disedi akan pada home page edit html anda dibawah kode <head> kemudian klik tombol verifikasi dibawah.
Metode ketiga    adalah : Domain Name Provider yang meminta anda untuk sign in pada nama domain provider anda lalu klik tombol verifikasi dibawah.
Metode Empat   adalah : Google Analitics yang meminta anda untuk menggunakan account google analitics anda yang mengharuskan anda untuk menggunakan asynchronous Tracking code dan meletakkan pada home page anda pada kode <head>     
Metode Kelima  adalah : Google Tag Manager yang meminta anda untuk menggunkan container Snippet. dan anda harus memiliki izin pada manager container kemudian klik tombol Verify dibawah.

Namun untuk kesempatan kali ini kita akan menggunakan yang no. 2 karena agak simple, untuk pembahasan no. 1, 3, 4 dan 5 kita akan bahas pada artikel berikut.

setelah kita memilih no. 2 yaitu HTML tag maka anda copy code tersebut seperti pada gambar dibawah ini :
Hasil HTML Tag
Hasil HTML Tag
Tanpa menutup Laman Google WebMaster silahkan anda menuju ke dashboard blog anda lalu pilih template kemudian klik edit html dan cari kode <head> atau bisa anda gunakan box searching dengan menggunakan CTR + F  pada keyboard anda.
Selanjutnya jika sudah ketemu copy code tadi tepat berada dibawah kode <head> seperti pada gambar dibawah ini :
Laman Tema
Laman Tema
setelah selesai copy code tersebut klik simpan template jika tidak terjadi error maka anda sekarang bisa langsung menuju ke laman Google WebMaster untuk melakukan Verify, hingga jika telah muncul centang seperti pada gambar dibawah ini maka verifikasi anda telah berhasil.
Congratullation
Congratullation
Anda selanjutnya bisa mencoba untuk melakukan searching pada mesin pencarian google setelah beberapa menit. Anda juga bisa mengikuti langkah-langkah lain yang akan dipandu langsung oleh google melalui email masuk dari google pada email anda.
Demikian semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. 
Salam Blogger.