CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

CARA TERBAIK MEMBUAT LABEL PADA BLOG



Caranecom : Cara mudah membuat label pada blog

Jika sebelumnya kita telah membahas dasar-dasar cara membuat blog lengkap, kal ini mari kita bahas bersama-sama tentang cara membuat label atau kategori pada blog.
mungkin sebagian para newblogger merasa belum begitu memahami tentang cara membuat label atau kategori pada blog masing-masing, so sekarang kalian berada pada jalur yang tepat yang akan mengupas tuntas dari A - Z cara membuat label atau kategori pada blog.

Lalu apa arti dari Label atau kategori itu sendiri? Label atau kategori adalah Pengelompokan atau pengumpulan beberapa artikel atau postingan yang pembahasanya sejenis, misalnya adalah : Kita membuat artikel tentang masakan, dengan 3 artikel yang artikel ke :
artikel ke 1.  tentang Cara masak Air
artikel ke 2.  tentang Cara masak nasi
artikel ke 3.  tantang Cara masak telur
dari ketiga artikel diatas jika kita berikan label maka harusnya 1 label atau masuk dalam dalam kategori masakan, jadi kita membuat label atau kategori masakan yang jika ada pengunjung pada blog kita saat mengklik label  masakan maka 3 artikel tersebut yang akan tersusun atau tayang pada laman web. kita,
 
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena mau mampir pada blog ini untuk belajar bersama-sama tentunya demi tujuan kebaikan bersama pula.

Salah satu syarat tampilan blog yang baik adalah harus memiliki label dimana tujuan label atau kategori itu sendiri sebagai navigator pembaca untuk bisa surfing dalam blog kita dengan lancar, jika blog kita tertata rapi tentunya bisa kita ibaratkan kita memliki sebuah rumah jika ada tamu atau kerabat dan sahabat kita yang akan berkunjung ke rumah kita namun pintu masuk dan jendela tidak jelas tempatnya, malah kursi yang akan kita gunakan buat duduk untuk mengobrol tidak tersedia, secara otomatis tamu kita tidak akan bertahan lama berada dirumah kita dan segera pergi meninggalkan rumah, hingga suatu saat nanti tamu kita akan merasa enggan untuk datang lagi berkunjung. 

Sebenarnya membuat label atau kategori itu termasuk sangat mudah, sangat mudah malah apalagi yang sudah tau jelas mudah, ya karna sudah tau, tapi ini kan buat yang belum begitu paham tentang membuat label dengan baik dan benar.

Kayaknya kita langsung saja Action,... takutnya sebentar kalian pada kabur lagi, bukannya cepet bahas cara buat label/kategori malah keasyikan cuap-cuap, kalo kalian juga pada kabur nanti siapa yang baca ini artikel. ehh.. Cusss

Untuk memulai membuat label pastinya anda sebelumnya sudah punya artikel atau postingan yang telah anda buat kan,  atau sementara buat artikel baru, kemudian jika anda telah selesai membuat sebuah artikel tentunya anda sudah bisa mengkategorikan judul artikel anda, atau memberi label, sebenarnya pada blog tidak ada kategori yang ada adalah label, namun kata kategori kita gunakan untuk memperjelas arti kata label itu sendiri, 
caranya adalah anda klik label di sebelah kanan dan mengisikan jenis label atau kategori yang anda ingin tuliskan, anda bisa langsung membuat beberapa kategori atau label dengan sayarat untuk penulisan kategori atau label harus dipisahkan dengan koma, [,]

Anda bisa lihat seperti pada gambar dibawah ini :
Postingan Label

Jika anda membuat artikel baru dengan kategori yang sama contohnya tentang Masakan maka anda tidak perlu lagi menuliskan label lagi, anda tinggal cukup pilih lagi label masakan yang telah anda buat sebelumnya,.

Klik selesai dan publishkan artikel atau postingan anda.

Setelah selesai dalam pembuatan label silahkan anda masuk pada menu dashboard blog anda lalu pilih Tata Letak kemudian klik Tambahkan Gadget atau add Gadget lalu pilih label seperti pada gambar dibawah ini :
Tambah Gadget
Setelah tampil seperti pada gambar di atas kemudian pilih label dengan cara klik pada label atau pada tanda [ + ] kemudian pada box konfigurasikan label buat judul kategori atau biarkan saja apa yang tertulis yaitu Labels, untuk Tampilan anda bisa menentukan sendiri dengan memilih tampilkan semua labels atau hanya label yang di pilih, kemudian pada pilihan Menyortir  anda bisa memilih alfabetik atau berdasarkan frekuensi [label dengan artikel terbanyak akan tampil paling atas], selanjutnya adalah anda memilih untuk menampilkan secara daftar atau cloud, untuk yang dibawah adalah untuk mencentang jumlah entri atau jumlah artikel pada tiap labels, jika tidak dicentang maka tampilkan jumlah artikel pada label tidak terlihat, tapi terserah anda intinya.kemudian klik simpan seperti pada gambar dibawah ini :
Label Konfigurasi
Setelah anda Simpan maka lihat pratinjau blog anda. 

Jadi pada intinya dengan adanya label atau kategori kita terbantu untuk mengelompokkan beberapa artikel artikel dalam satu kelompok yang terarah, 
Jika label pada blog anda kedepannya nanti sudah banyak anda bisa membuat mode scroll pada label anda : Disini

Untuk membuat label dengan menggunakan edit pada HTML adalah sebagai berikut :

Pertama pada dashboard blog anda silahkan klik tema lalu klik edit html.
Pada halaman html cari kode seperti dibawah ini :
<li><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></li>
bisa dengan menggunakan keyboard CTRL + F untuk mencarinya
Jika sudah ketemu tempatkan/pastekan kode berikut tepat dibawah kode diatas
<li><a href='https://nama blog anda.blogspot.co.id/search/label/Masakan'>Masakan</a>
<li><a href='https://nama blog anda.blogspot.co.id/search/label/Komputer'>Komputer</a>

Klik Save Template

Demikian artikel tentang cara mudah membuat label pada blog, semoga ada manfaat buat kita semua,

Salam Caranecom