CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Panduan Lengkap Cara Membuat Penawaran Tender Proyek


Panduan pada artikel ini berisi secara lengkap dari A hingga Z cara membuat penawaran dalam rangka mengikuti proses tender pengadaan jasa konstruksi dengan metode manual dan semi otomatis dengan macro basic yang bisa dibuat oleh siapapun selama memiliki sedikit dasar perhitungan dan sedikit memahami fungsi dan rumus serta formula pada microsoft excel dan macro, karena untuk bisa melakukan sesuatu kita tidaklah harus benar-benar ahli, karena semua akan kembali pada masing-masing diri kita apakah kita serius dan menekuni serta betul-betul mau mempelajarinya.
Baik kita lanjutkan.
Yang pertama-tama dilihat tentu adalah isi dari dokumen lelang dimana disana berisi tentang syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam kelengkapan untuk mengajukan penawaran, yang pada dasarnya adalah terdapat pada :

* Pasal IKP (Instruksi Kepada Peserta)
* Pasal LDP (Lembar Data Pemilihan)
* Pasal LDK (Lembar Data Kualifikasi)
* Syarat-syarat Lain
Untuk kelengkapan secara menyeluruh bisa lihat check list Disini

Dimana dalam membuat dokumen penawaran dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :
1. Dokumen Penawaran Administrasi
2. Dokumen Penawaran Harga
3. Dokumen Penawaran Teknis
4. Dokumen Kualifikasi

Dari bagian-bagian tersebut harus benar-benar dilengkapi agar bisa memenangkan tender yang diselenggarakan baik oleh Pemerintah maupun swasta, dimana masing-masing dari bagian tersebut diatas berisi :

1. Dokumen Penawaran Administrasi
  • Surat Penawaran Harga
  • Jaminan Penawaran (jika nilai diatas 10 M)
  • Surat Perjanjian Kerja Sama (Jika KSO)

2. Dokumen Penawaran Harga
  • Rekapitulasi Daftar Kuantitas dan Harga
  • Daftar Rekapitulasi
  • Daftar Kuantitas dan Harga (BOQ)
  • Daftar Harga Satan Jadi
  • Analisa Harga Satuan pekerjaan
  • Daftar Harga Satuan Upah
  • Daftar Harga Satuan Bahan + Uraian Analisa Bahan
  • Daftar Harga Satuan Alat + Uraian Analisa Alat
3. Dokumen Penawaran Teknis
  • Metode Pelaksanaan Pekerjaan
  • Analisa Teknis Satuan Pekerjaan
  • Uraian Analisa Teknis
  • Jangka Waktu Pelaksanaan
  • Jadwal Tenaga, Bahan, alat (Scheme)
  • Jangka Pelaksanaan (words)
  • Struktur Organisasi
  • Daftar Personel Manajerial
  • Daftar Peralatan Utama
  • Surat Dukungan Material
  • Surat Dukungan Peralatan
  • Bagian Pekerjaan yang disubkontrakkan
  • Daftar Barang yang diimpor
  • Spesifikasi Teknis + Lampirannya
  • TKDN (tingkat komponen dalam negeri)
  • RKK
  • Pakta Komitmen Keselamatan Konstruksi
3.1. Syarat Teknis Lain (Jika ada)
  • Pernyataan Dukungan Bahan/Barang
  • Spesifikasi Teknis Barang
  • Identitas (jenis, tipe, merk) Barang
  • Jadwal Waktu penyerahan/pengiriman barang
  • Layanan / Jaminan Purna Jual 

4. Dokumen Kualifikasi
  • Pakta Integritas (dengan mendaftar pada situs SPSE secara otomatis peserta telah menanda tangani pakta integritas
  • Form Isian Kualifikasi
  • Data Administrasi
  • Data Pajak
  • Data Personalia Perusahaan
  • Daftar Tenaga Tetap (Ahli/Terampil)+Bukti Pajak/BPJS
  • Data Fasilitas/Perlengkapan
  • Pengalaman 10 Tahun Terakhir
  • Pengalaman 4 Tahun terakhir
  • Data Pekerjaan yang sedang dilaksanakan
  • Modal Kerja
  • Dukungan Bank (10% dari HPS)
  • Neraca Keuangan Badan
  • Pernyataan Kualifikasi Keuangan
  • Form Isian SKP (Sisa Kemampuan Paket)   
  • Form Isian KD (Kemampuan Dasar)
  • Surat - Surat Pernyataan
3.1. Data Legalitas Perusahaan
  • Landasan Hukum Pendirian Usaha
  • Akta Pendirian/Perubahan
  • TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
  • SKD (Surat Keterangan Domisili)
  • S.I.U.P
  • SITU/SIGU/HO
  • SIUJK
  • Sertifikat BPJS
  • SBU (Sertifikat Badan Usaha sesuai klasifikasi)
  • Bukti Pajak Tahunan/3 bulan terakhir
  • Pengurus Badan Usaha (Nama, Jabatan/KTP/NPWP)
  • Data Kepemilikan Saham
  • Laporan Kauangan Perusahaan (Neraca)
  • Surat Pernyataan Kualifikasi Keuangan
  • NPWP Perusahaan
  • KTP/NPWP Pengurus Badan Usaha
  • Sertifikat ISO (Manajemen Mutu, OHSAS, Lingkungan nilai pagu diatas 50 M)
  • Izin-izin lain
3.2. Surat-surat Pernyataan
  • SP Tidak menuntut Ganti Rugi
  • SP Tidak dalam Pengawasan Pengadilan
  • SP Pernyataan Minat
  • SP Tidak Masuk dalam Daftar Hitam
  • SP Kemampuan Bisan dan Sub Bidang
  • SP Kemampuan menyediakan Fasilitas/Peralatan
  • SP Kemampuan Menyediakan Personil
  • SP Kebenaran Dokumen
  • SP Tunduk Pada Ketentuan yang verlaku
  • SP tidak akan memindah tangankan pekerjaan tersebut kepada pihak lain
  • SP Memiliki Alamat Lengkap Sesuai Pada Layanan LPSE
  • SP Wajib mengerjakan Pekerjaan dengan sungguh-sungguh sampai 100 persen tepat pada waktunya
  • SP Semua Personil Inti Bersedia ditugaskan Pada Pekerjaan ini Sampai Selesai
  • SP Bersedia dilakukan Klarifikasi terkait Ketersediaan Material
  • SP Barang yang diproduksi merupakan Barang Baru bukan Daur Ulang
  • SP Kesanggupan menyediakan bahan sesuai Volume yang dibutuhkan
  • SP Bertanggung jawab penuh terhadap material yang disuplai
  • SP Memiliki Alamat Tetap
  • SP Sungguh-sungguh akan menyelesaikan pekerjaan sampai dengan 100 % pekerjaan selesai dan tepat waktu
  • SP Tidak akan pada pihak lain (jika perlu)
  • Sertifikat Memiliki Sertifikat Kompetensi


Dalam membuat penawaran sebaiknya kita memisahkan pada bagian masing-masing format standar yang berlaku pada bidang yang akan kita ikuti pelelangannya diantaranya adalah :
  • Bidang Umum
  • Bidang Sumber Daya Air
  • Bidang Bina Marga
  • Bidang Cipta Karya

Namun anda juga bisa memadukannya selama tidak merubah kaidah-kaidah yang ada serta dapat menampilkan dengan modifikasi sesuai selera yang lebih menarik perhatian Panitia Pemilihan/POKJA.


Selanjutnya kita akan bahas satu persatu yang akan kita mulai dari :
1. Dokumen Penawaran Administrasi
Dalam dokumen administrasi meliputi antara lain :
a. Surat Penawaran Harga
Dalam membuat surat penawaran harga terkadang Pokja pemilihan telah memberi contoh pada bagian pasal LDK pada Dokumen Pemilihan atau mengacu pada yang diinstruksikan dalam pasal IKP dokumen Pemilihan.
Namun pada dasarnya surat penawaran harga (SPH) yang memenuhi syarat adalah :
  • Ber Kop Perusahaan
  • Bertanggal
  • Nilai Penawaran Angka dan Huruf
  • Alamat Tujuan sesuai yang tercantum dalam LDP
  • Ditandatangani oleh yang sah mewakili badan
  • Bermaterai
  • Ber stempel Perusahaan
  • Masa Berlaku surat Penawaran sesuai syarat.
b. Jaminan Penawaran
Untuk jaminan penawaran jika mengacu pada Perpres No. 16 tahun 2018 maka hanya disyaratkan untuk nilai pagu anggaran (HPS) diatas 10 Milyar dan diperuntukan bagi usaha menengah, sehingga untuk nilai anggaran dari paling kecil 200 juta sampai dengan 10 Milyar tidak diwajibkan lagi membuat jaminan.
Untuk nilai paket diatas 10 M jaminan penawaran yang memenuhi syarat adalah sebagai berikut :
  • Masa Jaminan Penawaran sesuai dengan yang disyaratkan
  • Nama Paket yang dijamin sesuai
  • Nilai Jaminan Sesuai dengan yang disyaratkan
  • Tujuan Jaminan Sesuai dengan yang disyaratkan
  • Penerbit Jaminan sesuai dengan yang disyaratkan (M / B )
  • Jaminan Penawaran diserahkan Pada Pokja 1 hari sebelum batas akhir pemasukan penawaran.
c. Surat Perjanjian Kerja Sama Operasi (Jika ber KSO)
Lihat syarat KSO...

2. Dokumen Penawaran Harga/Biaya
Untuk membaca dan mempelajari cara pembahasan dalam membuat dokumen penawaran harga silahkan kunjungi pada artikel berikutnya pada link dibawah ini :

Panduan Lengkap Cara membuat Penawaran Tender Proyek (Bagian 2) 2. Dokumen Penawaran Harga/Biaya (Bagian 2)