CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Metode Pelaksanaan Pasangan Batu Kali/Belah 1pc : 4ps


Arti Pasangan Batu adalah

METODE PELAKSANAAN PASANGAN BATU

Pekerjaan Persiapan
Pekerjaan Galian
Pekerjaan Urugan Pasir
Pekerjaan Pasangan Batu Kali/Belah 1:4
 
Pekerjaan pasangan batu mencakup pekerjaan pengadaan, pencampuran dan pemasangan. Pasangan batu dibuat dengan perbandingan campuran material : 1Pc : 4Ps. 
Pasangan batu yang dikerjakan harus sesuai dengan dimensi dan elevasi bangunan yang akan dibuat berdasarkan gambar rencana atau menurut perintah Direksi Pekerjaan. 
Pembuatan mortar pasangan batu dilakukan dengan menggunakan alat jenis concrete mixer dan alat bantu seperti ember, kotak adukan, cangkul, sekop, kereta dorong, kasut kayu dan lain-lain. Sebelum melaksanakan pekerjaan, Penyedia Jasa akan menyerahkan gambar detail rencana pelaksanaan pekerjaan pasangan batu dengan perbandingan campuran 1 Semen : 4 Pasir.
Penyedia Jasa akan menyerahkan contoh jenis bahan pasangan batu campuran 1 Semen : 4 Pasir kepada Direksi Pekerjaan sebelum melaksanakan pekerjaan. 

Baca : Format laporan mingguan progress fisik proyek
Penyedia Jasa akan menyerahkan daftar peralatan dan tenaga kerja yang akan melaksanakan pekerjaan pasangan batu campuran 1 Semen : 4 Pasir kepada Direksi Pekerjaan. 
Penyedia Jasa akan menyediakan peralatan keselamatan dan kesehatan kerja sesuai dengan pekerjaan yang akan dilaksanakan seperti sarung tangan, topi pelindung kepala, menutup hidung, sepatu safety dan lainnya.

Penyedia Jasa akan menyiapkan kotak P3K sebagai penanganan sementara apabila terjadi kecelakan kerja. 
Pasangan batu campuran 1 Semen : 4 Pasir dilakukan dengan cara manual dan untuk pengadukan mortar menggunakan alat mekanik yaitu concrete mixer serta alat bantu seperti ember, kotak adukan, cangkul, sekop, kasut kayu/besi, kereta dorong dan lain- lain. Mortar pasangan batu harus terbuat dari bahan semen, pasir dan air dengan perbandingan campuran 1 Semen : 4 Pasir. 
Semua bahan mortar harus dicampur sampai merata dengan menggunakan alat concrete mixer sehingga diperoleh hasil yang memuaskan. 
Perbandingan campuran dibuat berdasarkan isi takaran sama dengan satu zak semen dalam keadaan kering. 
Penyedia Jasa akan membuat takaran yang sama ukuran- ukurannya dan telah mendapat persetujuan dari Direksi Pekerjaan. Sebelum dilakukan pekerjaan pemasangan batu, lokasi pekerjaan akan dibuat profil penampang rencana pasangan batu yang akan dipasang dan harus berdasarkan gambar rencana atau sesuai petunjuk Direksi Pekerjaan. 
Lokasi pembuatan adukan atau menempatan alat pengaduk diatur sedemikian rupa agar dapat menjamin kelancaran pekerjaan. Memudahkan bagi pengawas dan menjamin tercapainya mutu adukan yang baik dan terlindung. 
Lokasi pembuatan adukan akan diatur sedekat mungkin dengan lokasi konstruksi yang akan dikerjakan. 
Pasir dan semen telah disiapkan terpisah ditempat kering (lebih tinggi dari tanah sekitarnya).

Baca juga : Contoh rencana K3 konstruksi terbaru

Kotak adukan diletakan ditempat datar tepat berada dibawah alat pengaduk/concrete mixer dan dilokasi yang memudahkan bagi petugas pengaduk dan pengangkutan adukan ke lokasi kerja. 
Drum air ditempatkan didekat alat pengaduk, kotak-kota takaran disiapkan secukupnya dilokasi timbunan pasir dan semen. 
Gerobak pengangkut adukan dan ember disiapkan dekat alat pengaduk kearah konstruksi yang akan dikerjakan. 
Material batu yang akan dipasang harus didekatkan dengan lokasi pekerjaan, agar memudahkan dalam pekerjaan. 
Pada bagian dasar pemasangan batu harus diberi mortar terlebih dulu baru dipasang batu. 
Mengisi rongga diantara batu-batu dengan adukan sampai penuh/mampat dengan menggunakan sendok adukan/sekop/cetok. Pemasangan batu dilakukan dengan menggunakan alat bantu kasut kayu atau besi dan palu besar/godem dan lain-lain. Apabila dalam pembentukan dimensi pasangan batu memerlukan dimensi batu yang ukuran kecil, maka dilakukan pemecahan batu dengan menggunakan alat bantu palu besar/godem. 
Pada bagian permukaan sisi luar pasangan batu yang sudah terbentuk kemudian diratakan sesuai dimensi rencana bangunan yang dibuat. 
Adukan mortar dengan segera dan secepatnya dibawa ke tempat pemasangan dengan menggunakan cara (metode) yang sepraktis mungkin, sehingga tidak memungkinkan adanya pengendapan agregat dan tercampurnya kotoran-kotoran atau bahan-bahan lain dari luar Bahan pasangan batu dibuat dengan perbandingan campuran 1 Semen : 4 Pasir menggunakan bahan antara lain : 
a. Semen 
Semen harus disediakan oleh Penyedia Jasa dari hasil produksi pabrik yang disetujui oleh Direksi Pekerjaan. Semen harus terbungkus dalam kantong-kantong yang cukup kuat untuk tahan penanganan kasar. Segera setelah diterimanya di lapangan kerja, semen akan disimpan dalam penyimpanan yang kering, tahan air dan diberikan ventilasi yang memadai, dengan pencegahan penyerapan kelembaban yang cukup. Cara penanganan dan penyimpanan semen oleh Penyedia Jasa harus sesuai dengan persetujuan Direksi Pekerjaan. 
b. Batu kali/belah 
Material batu akan dipastikan bersih, keras, tanpa bagian yang tipis atau retak dan dipastikan dari jenis yang diketahui awet. 
Batu yang digunakan batu belah atau batu bulat, batu kali yang dipecah salah satu sisinya tidak rapuh serta tidak keropos, tidak berpori. 
Batu dipastikan rata, lancip atau lonjong bentuknya dan dapat ditempatkan saling mengunci bila dipasang bersama-sama dan telah disetujui oleh Direksi Pekerjaan. 
c. Pasir Pasang 
Pasir harus berkualitas baik dengan diameter maksimum 2.00 mm atau berdasarkan petunjuk Direksi Pekerjaan. Pasir diupayakan selalu bersih, keras, padat, tidak tercampur batu pecah dan harus bebas dari banyak kotoran lempung, lanau dan bahan kimia lain yang dapat mempengaruhi kekuatan spesi. 
d. Air Campuran 
Air yang digunakan pada pencampuran mortar dengan perbandingan campuran 1 Semen : 4 Pasir adalah air bersih dan bebas dari kotoran, tidak mengandung endapan lumpur, zat-zat organik, alkali, garam atau tidak mengandung bahan-bahan yang dapat mempengaruhi daya lekat beton, seperti minyak dan lemak. Pada saat waktu istirahat semua peralatan pekerjaan akan diamankan agar tidak terjadi kecelakaan, baik akibat terinjak, kejatuhan atau lain sebagainya yang bisa menyebabkan terluka ringan atau berat.

Baca Juga : Perbedaan CCO dan Amandemen pada Proyek

Pengamanan bisa dilakukan dengan cara menempatkan alat ditempat yang aman atau dibawa ke work shop atau digudang penyimpanan alat. 
Dan untuk material yang digunakan khususnya bahan semen yang masih terbuka akan ditutup dan ditempatkan ditempat yang aman jauh dari jangkauan agar tidak terjadi kecelakan akibat menghirup debu semen atau termakan bahan semen tersebut. 
Sedangkan material batu dan pasir akan ditempatkan dilokasi yang tidak mengganggu aktivitas kegiatan atau masyarakat yang melewatinya. 
Pengukuran pekerjaan pasangan batu kali/belah dengan perbandingan campuran 1 Semen : 4 Pasir diukur menurut dimensi dan elevasi yang sudah dipasang sesuai dengan bangunan yang dibuat berdasarkan gambar rencana. 

Pelaksanaan pasangan batu kali/belah ini akan dilaksanakan dengan menggunakan tenaga terampil yang telah terbukti kualitasnya dan dilaksanakan pada minggu ke 5 setelah seleseai dilaksanakan pekerjaan galian dan pekerjaan urugan pasir, sedangkan volume yang akan dilaksanakan sesuai dengan yang tertuang dalam bill of quantity dengan volume 1.658,00 M3 dengan rencana waktu penyelesaian pekerjaan pasangan batu adalah 35 hari kalender atau sama dengan 5 minggu dengan kebutuhan tenaga kerja adalah 2 regu/kelompok yang meliputi pekerja, tukang, kepala tukang serta mandor kerja dan rencana penggunaan bahan adalah portland cemen 5.405,08 Sak, pasir pasang 862,16 m3, batu kali/belah 1.989,60 m3.


Pembayaran pasangan batu dengan perbandingan campuran 1 Semen : 4 Pasir dibuat berdasarkan harga satuan setiap per meter kubik (M3) yang telah ditetapkan dalam Bill Off Quantity (BOQ). Harga satuan tersebut telah termasuk seluruh biaya pekerja, bahan-bahan dan peralatan yang dipergunakan. 

Kami selaku kontraktor akan berusaha semaksimal mungkin mengendalikan waktu, mutu dan kuantitas pekerjaan sesuai dengan yang telah direncanakan.

Demikian metode pelaksanaan pasangan batu 1 : 4 ini kami buat sebagai salah satu syarat dalam pemenuhan dokumen meski dalam pelaksanaannya nanti dilapangan kami tetap meminta petunjuk serta arahan dari pemilik pekerjaan.

Terima kasih
Semoga bermanfaat
Salam Caranecom