CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Metode Pelaksanaan Galian Tanah Lumpur/Pasir (A)


METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN

Pendahuluan
Pekerjaan Persiapan
Pekerjaan Pengukuan Kembali (Uitzet)
Pekerjaan Pasangan Bowplank
Pekerjaan Pembersihan Lokasi
Pekerjaan Mobilisasi
Pekerjaan Galian Tanah Lumpur Pasir (A)

Untuk pekerjaan galian tanah Lumpur/Pasir digunakan dengan alat berat jenis excavator di laksanakan pada pekerjaan galian untuk Normalisasi badan sungai dengan metode kerja sebagai berikut  :
Galian tanah Lumpur/pasir  adalah pekerjaan galian dengan material hasil galian berupa tanah lumpur berpasir pada umumnya, yang dengan mudah dapat dilaksanakan dengan mengunakan alat berat berupa Excavator.

Seluruh galian dikerjakan sesuai dengan garis-garis dan bidang bidang yang ditunjukkan dalam gambar atau sesuai dengan yang ditunjukkan dalam gambar kerja atau sesuai dengan yang diarahkan / ditunjukkan oleh Direksi. Galian tanah lumpur pasir dimaksudkan untuk daerah yang bahan hasil galiannya terdiri dari tanah lumpur, pasir dan kerikil.

Bila ada galian yang perlu disempurnakan seharusnya diinformasikan ke Direksi untuk ditinjau.
Tidak ada galian yang langsung / ditutupi dengan tanah / beton tanpa diperiksa terlebih dahulu oleh Direksi,  Kemiringan yang rusak atau berubah, karena kesalahan pelaksanaan harus diperbaiki. Apabila pada saat pelaksanaan penggalian terdapat batu-batu besar dengan diameter lebih besar dari 1.00 m yang tidak dapat disingkirkan dengan alat excavator, maka pembayaran volume ini akan termasuk kedalam pembayaran item Galian Batu atas sepengetahuan Direksi pekerjaan.

Penggalian dilaksanakan secara sistematik agar tidak menggangu pekerjaan lain ataupun pekerjaan saat penggalian itu sendiri, pelaksana pekerjaan harus selalu ada di lapangan untuk mengarahkan operator excavator dalam bekerja.
Jika dikehendaki Hasil galian dibuang disekitar lokasi yang akan dipergunakan untuk timbunan kembali, dimana dipilih tanah yang memenuhi syarat, untuk tanah yang tidak memenuhi syarat dibuang dengan persetujuan Direksi pekerjaan.



Pelaksanaan pekerjaan ini harus selalu diawasi oleh pelaksana lapangan, dimana Pelaksana  tersebut  harus menguasai medan kerja sehingga penumpukan material yang bisa dipakai untuk timbunan ditempatkan pada lokasi yang dekat  dengan lokasi yang memerlukan timbunan dan bisa langsung ditebar pada bagian yang akan ditimbun.

Begitu seterusnya sampai pekerjaan selesai sesuai dengan gambar kerja dan perhitungan dalam pembuatan MC – 0%.


Baca : Meningkatkan Profit Perusahaan dalam Proyek

Kami akan mengendalikan mutu, waktu kerja serta bahan dan tenaga dan dalam pelaksanaan pekerjaan ini. Jadwal pelaksanaan kerja yang telah di setujui pihak proyek yang akan menjadi acuannya, dengan cara membuat rencana kerja mingguan dan setiap minggu akan dilakukan koreksi atas hasil pelaksanaan pekerjaanya.

Demikianlah metode pelaksanaan pekerjaan ini dibuat dan pada pelaksanaanya tetap perlu mendapatkan petunjuk dan arahan dari pengawas dan pemilik pekerjaan nantinya dilapangan.