CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Metode Pelaksanaan Galian Tanah Cadas (A)


Metode berasal dari bahasa Yunani methodos yang artinya adalah cara atau jalan yang ditempuh, menyangkut masalah kerja untuk dapat memahami obyek yang menjadi sasaran dan meruapakan sebagai alat untuk mencapai tujuan, atau bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu.

METODE PELAKSANAAN


Pendahuluan
Pekerjaan Persiapan
Pekerjaan Pembersihan Awal
Pekerjaan Pengukuran & Pas. Bowplank
Pekerjaan Mobilisasi 
Pekerjaan Galian Tanah Biasa (A)
Pekerjaan Galian Tanah Cadas (A)

Metode kerja untuk pekerjaan galian tanah cadas akan kami laksanakan sebagai berikut :
  • Sebelum melakukan pekerjaan galian tanah cadas akan dibuat terlebih dahulu request mulai pekerjaan dan diserahkan kepada Pemilik/Direksi Pekerjaan untuk disetujui.
  • Menyerahkan daftar tenaga kerja dan daftar peralatan yang akan digunakan
  • Melakukan pengukuran dilokasi pekerjaan untuk menentukan titik-titik pekerjaan galian tanah cadas dan memasang bowplank sesuai kebutuhan.
  • Melakukan peninjauan lapangan bersama-sama Direksi untuk menentukan apakah lokasi pekerjaan sudah sesuai dengan kebutuhan lapangan.
  • Tanah cadas digali dengan menggunakan alat berat jenis Excavator dan dibantu secara manual oleh tenaga manusia pada lokasi galian yang tidak dapat dilakukan dengan alat Excavator.
  • Selanjutnya material tanah cadas hasil galian dimuat kedalam Dump Truck dan diangkut keluaar lokasi pekerjaan, dan
  • Hasil galian tanah cadas diratakan dan dirapikan.

Pekerjaan galian tanah cadas ini mencakup seluruh galian yang diklasifikasikan sebagai galian tanah cadas/tanah keras.
Pelaksanaan galian tanah cadas ini akan dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut :

Pengukuran dan pemasangan bowplank atau menentukan kedalaman/elevasi galian. Pengukuran dilaksanakan dengan menggunakan alat ukur yang telah disetujui oleh Direksi pekerjaan, seperti theodolite, waterpass atau total station dengan berpedoman dari hasil rekayasa yang telah ditentukan oleh konsultan dan direksi pekerjaan.
Pemasangan bowplank akan kami lakukan setelah hasil dari pengukuran disetujui oleh pihak konsultan dan direksi pekerjaan.

Baca juga : Metode pelaksanaan galian lumpur/pasir (A)

Penggalian dengan menggunakan alat berat jeis excavator.
Pekerjaan penggalian dilaksanakan setelah pemasangan bowplank, dalam hal ini penentuan kedalaman/elevasi galian.
Tanah hasil galian yang digali oleh excavator langsung dimuat kedalam dump truck atau akan ditumpuk terlebih dahulu pada sisi jalan/galian yang tidak mengganggu, kemudian diangkut keluar lokasi proyek.

Kami selaku penyedia jasa juka akan memikul semua tanggung jawab dalam menjamin keselamatan kerja dalam melaksanakan pekerjaan penggalian ini, meliputi bangunan dan penduduk yang berada dilokasi sekitar lokasi galian yang akan dilaksanakan.
Untuk pelaksanaan galian pada lereng galian akan dijaga tetap stabil, bila memungkinkan permukaan lereng galian ada yang tidak stabil bilamana diperlukan kami akan menyokong atau mendukung struktur galian di sekitarnya, dan membuat galian bertrap atau bertangga dengan teras 1 meter atau sebagaimana yang diperintahkan oleh direksi pekerjaan.

Dalam melaksanakan pekerjaan penggalian kami selaku penyedia jasa juga akan menempatkan seorang/beberapa orang pengawas keamanan dilokasi kerja, yang bertugas memantau keamanan pekerjaan sepanjang waktu penggalian, serta perlengkapan P3K akan selalu kami sediakan dilokasi pekerjaan galian.

Kami selaku kontraktor pelaksana juga akan menjaga pada perluasan setiap galian terbuka, kami akan batasi sepadan dengan pemeliharaan permukaan galian agar tetap dalam kondisi yang baik/mulus, dengan mempertimbangkan akibat dari pengeringan, perendaman akibat hujan dan gangguan dari pekerjaan selanjutnya.
Sedangkan untuk pekerjaan galian yang memotong jalan yang terbuka untuk lalu lintas akan kami laksanakan dengan setengah badan jalan sehingga jalan tetap terbuka untuk lalu lintas pada setiap saat.

Untuk kelancaran tempat kerja kami selaku kontraktor pelaksana akan menjaga seluruh galian bebas dari air dan kami akan menyediakan semua bahan, perlengkapan serta pekerja yang diperlukan untuk pengeringan (pemompaan), penggalian saluran air dan pembuatan drainase sementara, dinding penahan rembesan (cut of wall) dan cofferdam.

Pompa siap pakai akan kami selalu sediakan dilapangan dengan perawatan maksimal agar tidak terjadi gangguan dalam saat melakukan pengeringan dengan pompa.

Baca juga : Metode pelaksnaan urugan tanah kembali

Kami selaku kontraktor pelaksana akan bertanggung jawab sepenuhnya bila dalam pelaksanaan penggalian pada elevasi akhir yang belum memcapai elevasi garis rencana yang ditunjukann dalam gambar atau sebagaimana yang diperintahkan Direksi pekerjaan, akan kami gali lebih lanjut sampai sesuai dengan elevasi yang dipersyaratkan.

Demikian pula sebaliknya jika jika terjadi pekerjaan penggalian yang melebihi yang telah ditetapkan maka kami akan menimbun kembali dengan bahan perkerasan lama sampai dimensi/elevasi sesuai sebagaimana yang diperintahkan Direksi pekerjaan.

Pada lokasi pekerjaan penggalian yang mengalami kerusakan atau menjadi lembek akan kami timbun kembali dengan bahan timbunan yang baik sebagaimana yang diperintahkan oleh pemilik pekerjaan.

Galian Tanah Cadas
Volume Pekerjaan : 18,238.88 M3
Waktu yang direncanakan : 10.00 Minggu : 70.00 HK
Tenaga Yang dibutuhkan
Pekerja : 0.05 Org/M3
Mandor : 0.01 Org/M3
Kebutuhan Tenaga 0.07
Dibulatkan : 1.00 Regu

Bahan Yang digunakan : Tidak Ada Bahan Kebutuhan Bahan
 
Alat yang digunakan : Excavator
Kapasitas alat : 51.46 M3/Jam
Koefisien Alat : 0.013 /Jam
Jam Kerja Efektif / Hari : 8.00 Jam
Kapasitas Alat / Hari : 411.68 M3/ Hari 44
Kabutuhan alat : 1.580 Dibulatkan : 2.00 Unit

Alat yang digunakan : Dump Truck
Kapasitas alat : 10.45 M3/Jam
Koefisien Alat : 0.026 /Jam
Jam Kerja Efektif / Hari : 8.00 Jam
Kapasitas Alat / Hari : 83.59 M3/ Hari 218.19
Kabutuhan alat : 3.117
Dibulatkan : 4.00 Unit
 
Kami akan mengendalikan mutu, waktu kerja serta bahan dan tenaga dalam pelaksanaan pekerjaan ini. Jadwal pelaksanaan kerja yang telah di setujui pihak proyek yang akan menjadi acuannya, dengan cara membuat rencana kerja mingguan dan setiap minggu akan dilakukan koreksi atas hasil pelaksanaan pekerjaanya.

Salam Caranecom

Demikian semoga bermanfaat