CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Metode Pelaksanaan Pasangan Batu Armor Utama


Pelaksanaan pekerjaan pasangan armour utama batu dengan berat 100-200 kg ini digunakan untuk pelaksanaan pekerjaan abrasi pantai, dimana metode ini digunakan untuk pemenuhan persyaratan penawaran
METODE PELAKSANAAN

Pendahuluan
Pekerjaan Persiapan
Pekerjaan Pengukuran
Mobilisasi
Pembersihan Lokasi
Galian Pasir/kerikil
 
Pasangan Batu armour utama berat 100-200 kg
Pelaksanaan pekerjaan pasangan armour utama dilaksanakan setelah pelaksanaan inti dan sekunder selesai dilaksanakan dan telah sesuai dengan gambar rencana yang selanjutnya dilakukan adalah pasangan armour utama batu dengan ukuran berat 100-200 kg.
 
Pada pelaksanaan pekerjaan pasangan batu armour ini kami akan menggunakan material batu gunung/belah yang berkualitas baik, keras, kompak, padat serta tahan lama dan bebas dari retakan sesuai dengan syarat spesifikasi teknis dengan standard ASTM dengan telah dilakukannya pengujian-pengujian dengan pengujian standard pengetesan tersebut diatas sebelum memulai pelaksanaan pekerjaan.
 
Material Batu armour yang akan kami gunakan adalah material batu yang memenuhi klasifikasi serta ukuran batu yang sesuai pada gambar rencana.
Pengambilan material batu untuk pasangan armour akan kami datangkan dari lokasi quary yang telah kami tunjuk dan telah mendapat persetujuan dari pemilik pekerjaan.
 
Pekerjaan pengangkutan Batu Armor dari lokasi quari akan dilaksanakan dengan menggunakan cara mekanis dengan menggunakan alat berat jenis Excavator 1 unit untuk menggali material batu selanjutnya material batu akan kami pecah sesuai dengan ukuran yaitu bobot 100 - 200 Kg dengan segi yang baik dengan menggunakan Rock Drill Breaker dengan jumlah 1 unit kemudian dimuat kedalam Dump Truck untuk diangkut ke lokasi pekerjaan pada stock pile yang telah disetujui oleh Direksi pekerjaan. 

satuan yang terhitung dalam pekerjaan ini telah diincludkan pada analisa harga satuan bahan/material, jumlah Dump Truck yang akan kami gunakan dalam pengangkutan Material Batu adalah 8 unit namun akan kami sesuaikan dengan kondisi jalur jalan agar efisien dan efektif.
 
Lokasi stock pile untuk material batu armour adalah pada lokasi yang telah dibersihkan terlebih dahulu, diratakan dan padat serta telah mendapat persetujuan dari pemilik pekerjaan.
 
Pemasangan batu armour berat 100-200 kg akan kami laksanakan setelah mengajukan request kepada pemilik pekerjaan.
 
Pelaksanaan pekerjaan pasangan batu armour berat 100-200 kg akan kami laksanakan dengan menggunakan alat berat jenis excavator, loader dan alat bantu lain atausesuai dengan arahan pemilik pekerjaan.
 
Pelaksanaan pemasangan batu armour 100-200 kg dilaksanakan dilaksanakan sesuai dengan gambar dengan cara disusun dengan bentuk kemiringan sesuai dalam gambar dan disusun dalam lapisan horizontal, sedangkan untuk kemiringan dan ketebalan masing-masing lapisan akan dilakukan pengukuran dengan selalu tersedianya tenaga terampil/juru ukur dilapangan dengan menggunakan alat ukur jenis theodolite/TS yang selalu aktif berada dilokasi pekerjaan.
 
Metode keselamatan dan kesehatan kerja
Kami selaku penyedia jasa akan bertanggung jawab dengan sepenuhnya atas keselamatan dan kesehatan tenaga pekerja terutama pada saat pemasangan batu armor berlangsung, dengan cara memberikan perlengkapan K3 pada setiap pekerja dengan menyediakan sepatu both (menghindari kaki tertimpa atau kejatuhan batu), sarung tangan (menghindari tangan pekerja tertusuk bagian runcing batu), kaca mata (menghindari mata pekerja dari percikan pecahan batu) Helm (mencegah pekerja kejatuhan batu dikepala), jaket rompi Warna (untuk tanda signal para pekerja agar mudah terlihat terutama oleh Operator alat Berat) serta masker (yang berguna untuk pekerja terhirup abu batu,/ ) dll., melaksanakan pekerjaan sesuai dengan standard keselamatan, serta menyediakan rambau-rambu peringatan dilokasi tempat kerja yang mudah terlihat. zerro accident yang kita harapkan dapat tewujud.
 
Volume dalam pelaksanaan pekerjaan pasangan batu armour berat 100-200 kg adalah 145,76 M3 dan akan kami laksanakan selama 1 bulan atau 4 minggu atau 28 Hari kalender dan baru akan kami laksanakan pada minggu ke VII.
 
Adapun rincian pekerjaan pasangan batu armour berat 100-200 kg adalah sebagai berikut :
Volume Pekerjaan : 145.76 M3
Waktu yang direncanakan : 4.00 Minggu : 28.00 HK
Tenaga Yang Dibutuhkan
Pekerja : 0,08 Org/M3
Tukang : 0,04 Org/M3
Mandor : 0,02 Org/M3
Kebutuhan Tenaga : 0,15
Dibulatkan : 1.00 Regu 

Bahan Yang digunakan 
Batu100-200 : 1,2 M3 x V = 174,91 M3 

Alat yang digunakan : Excavator 
Kapasitas Alat : 23.76 M3/Jam 
Koefisien Alat : 0.042 /Jam 
Jam Kerja efektif/Hari : 8.00 Jam 
Kapasitas Alat/Hari : 190.09 M3/Hari 
Kebutuhan Alat : 0.163 
Dibulatkan : 1.00 Unit 

Alat yang digunakan : Wheel Loader 
Kapasitas Alat : 13.94 M3/Jam 
Koefisien Alat : 0.072 /Jam 
Jam Kerja efektif/Hari : 8.00 Jam 
Kapasitas Alat/Hari : 111.49 M3/Hari 
Kebutuhan Alat : 0.765 
Dibulatkan : 1.00 Unit 

Alat Angkut yang digunakan : Dump Truck

Bagan alir pelaksanaan pasangan batu armour

Kami akan mengendalikan mutu, waktu kerja serta bahan dan dan tenaga, dan dalam pelaksanaan pekerjaan ini. Jadwal pelaksanaan kerja yang telah disetujui pihak pemilik pekerjaan yang akan menjadi acuannya, dengan cara membuat rencana kerja yang akan dilakukan koreksi atas hasil pelaksanaan pekerjaan.

Sebelum diserah terimakan pekerjaan ini kami selaku kontraktor wajib membersihkan pekerjaan dari kotoran-kotoran akibat kegiatan dalam elaksanaan pekerjaan, serta membersihkan areal dari bahan-bahan bekas serta kotoran akan dibuang keluar lingkungan pekerjaan sesuai dengan petunjuk pemilik pekerjaan.

Demikian Metode pelaksanaan pekerjaan ini dibuat sebagai kelengkapan dokumen penawaran dan pada pelaksanaannya tetap perlu mendapat petunjuk serta arahan dari pengawas dan pemilik pekerjaan nantinya dilapangan.


Demikian semoga menjadi manfaat
Terima Kasih.