CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Metode Pelaksanaan Pasangan Batu Armour Sekunder


METODE PELAKSANAAN

Pasangan Batu Armour Sekunder
Pelaksanaan Pekerjaan pasangan Armour Sekunder dilaksanakan setelah pelaksanaan Inti selesai dilaksanakan dan telah sesuai dengan gambar rencana yang selanjutnya dilakukan adalah Pasangan Armor Sekunder batu dengan ukuran berat 10 - 30 Kg.
Pada pelaksanaan pekerjaan Pasangan Batu Armor Sekunder ini kami akan menggunakan material batu gunung/belah yang berkualitas baik, keras, kompak, padat serta tahan lama dan bebas dari retakan sesuai dengan syarat spesifikasi teknis  dengan standard ASTM dengan telah dilakukannya pengujian-pengujian dengan pengujian standard pengetesan tersebut diatas sebelum memulai pekerjaan.
Material batu armor yang akan kami gunakan adalah material batu yang memenuhi klasifikasi serta ukuran batu yang sesuai pada gambar rencana.
Pengambian material batu untuk pasangan armor Sekunder akan kami ambil dari lokasi quarry yang telah kami tunjuk dan telah mendapat persetujuan dari Direksi Pekerjaan.
Pekerjaan pengangkutan Batu Armor Sekunder dari lokasi quari akan dilaksanakan dengan menggunakan cara mekanis dengan menggunakan alat berat jenis Excavator 1 unit untuk menggali material batu selanjutnya material batu akan kami pecah sesuai dengan ukuran yaitu bobot 10 - 30 Kg dengan segi yang baik dengan menggunakan Rock Drill Breaker dengan jumlah 1 unit kemudian dimuat kedalam Dump Truck untuk diangkut ke lokasi pekerjaan pada stock pile yang telah disetujui oleh Direksi pekerjaan. satuan yang terhitung dalam pekerjaan ini telah diincludkan pada analisa harga satuan bahan/material, jumlah Dump Truck yang akan kami gunakan dalam pengangkutan Material Batu adlah 8 unit namun akan kami sesuaikan dengan kondisi jalur jalan agar efisien dan efektif.
Lokasi stock pile untuk material batu adalah pada lokasi yang telah dibersihkan terlebih dahulu diratakan dan padat serta telah mendapat persetujuan dari Direksi Pekerjaan.
Pemasangan Batu armor Sekunder 10 - 30 Kg akan kami laksanakan setelah mengajukan request kepada Direksi Pekerjaan, pelaksanaan pekerjaan Pemasangan Batu Armor Sekunder 10 - 30 Kg akan kami laksanakan dengan menggunakan alat berat jenis Excavator, Loader dan alat bantu lain atau sesuai dengan arahan Direksi pekerjaan.
Pemasangan Batu armor Sekunder 10 - 30 Kg  dilaksanakan sesuai dengan gambar dengan cara disusun dengan bentuk kemiringan sesuai dalam gambar dan disusun dalam lapisan horizontal, sedangkan untuk kemiringan dan ketebalan masing masing lapisan akan di lakukan pengukuran dengan selalu tersediannya tenaga terampil/juru ukur dilapangan dengan menggunakan Theodolite/TS yang selalu aktif berada dilokasi pekerjaan.
Kami selaku penyedia jasa akan bertanggung jawab dengan sepenuhnya atas keselamatan dan kesehatan tenaga pekerja terutama pada saat pemasangan batu armor berlangsung, dengan cara memberikan perlengkapan K3 pada setiap pekerja dengan menyediakan sepatu both (menghindari kaki tertimpa atau kejatuhan batu), sarung tangan (menghindari tangan pekerja tertusuk bagian runcing batu), kaca mata (menghindari mata pekerja dari percikan pecahan batu) Helm (mencegah pekerja kejatuhan batu dikepala), jaket rompi Warna (untuk tanda signal para pekerja agar mudah terlihat terutama oleh Operator alat Berat) serta masker (yang berguna untuk pekerja terhirup abu batu,/ ) dll., melaksanakan pekerjaan sesuai dengan standard keselamatan, serta menyediakan rambau-rambu peringatan dilokasi tempat kerja yang mudah terlihat. zerro accident yang kita harapkan dapat tewujud.
Volume Dalam Pelaksanaan Pek. Pasangan Armor Sekunder (Batu Berat 10 - 30 Kg)  ini Adalah : 1.341,83 M3 dan akan dilaksanakan  selama 2 Bulan atau 8 Minggu dan akan dilaksanakan pada minggu ke III.
Adapun Rincian Pek. Pasangan Armor Sekunder ( Batu 10 - 30 Kg) adalah sebagai berikut :
Volume Pekerjaan                    : 1.341  M3
Waktu yang direncanakan             : 8.00   Minggu
                                    : 56.00  HK

Tenaga Yang Dibutuhkan  Pekerja     : 0,08   Org/M3
                        Tukang      : 0,04   Org/M3
                        Mandor      : 0,02   Org/M3
Kebutuhan Tenaga                    : 0,15   
                        Dibulatkan  : 1.00   Regu

Bahan Yang digunakan    Batu100-200 : 1,2    M3 x V = 1.610,2  M3

Alat yang digunakan                 : Excavator
Kapasitas Alat                      : 23.76  M3/Jam
Koefisien Alat                      : 0.042  /Jam
Jam Kerja efektif/Hari              : 8.00   Jam
Kapasitas Alat/Hari                 : 190.09 M3/Hari
Kebutuhan Alat                      : 0.18  
                        Dibulatkan  : 1.00   Unit

Alat yang digunakan                 : Wheel Loader
Kapasitas Alat                      : 38.33  M3/Jam
Koefisien Alat                      : 0.072  /Jam
Jam Kerja efektif/Hari              : 8.00   Jam
Kapasitas Alat/Hari                 : 306.60 M3/Hari
Kebutuhan Alat                      : 0.228  
                        Dibulatkan  : 1.00   Unit

Alat Angkut yang digunakan          : Dump Truck

Bagan Alir :

Bagan Alir Pelaksanaan Pasangan Armour Sekunder :

Demikian Metode pelaksanaan pekerjaan ini dibuat sebagai kelengkapan dokumen penawaran dan pada pelaksanaannya tetap perlu mendapat petunjuk serta arahan dari pengawas dan pemilik pekerjaan nantinya dilapangan.

Terima Kasih
Semoga Bermanfaat