CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

METODE PELAKSANAAN GALIAN TANAH BIASA



Dalam Pelaksanaan Pekerjaan Proyek tentu tidak lepas dari yang namanya metode pelaksanaan, metode pelaksanaan merupakan cara kerja yang dilaksanakan pada pakerjaan tersebut, metode pelaksanaan pada umumnya adalah pemahaman serta cara dan langkah-langkah yang diambil dalm melakukan suatu pekerjaan yang melibatkan ruang lingkup, waktu, tenaga dan bahan yang menjadikan suatu tahapan dalam pelaksanaan pekerjaan.
Metode pelaksanaan juga merupakan sebuah syarat bagi para penyedia jasa dalam mengikuti proses tender yang menjadi bagian sangat penting guna melihat penguasaan dari penyedia itu sendiri dalam melaksanakan pekerjaan.

Berikut adalah Metode Pelaksanaan Pekerjaan Galian Tanah Biasa (M) yang dilaksanakan dengan cara manual menggunakan tenaga manusia. Yang tentunya dalam penyampaian metode pelaksanaan harus disesuaikan dengan kondisi dan lingkup pekerjaan itu sendiri, sehingga pada dasarnya setiap metode pelaksanaan itu akan selalu berbeda atau bisa juga sama.
Pekerjaan Galian Tanah Biasa Manual

Sebelum memulai pelaksanaan pekerjaan galian ini kami terlebih dahulu mengajukan request kepada Direksi Pekerjaan untuk mendapat persetujuan serta arahan nantinya dilapangan.
Setelah Pelaksanaan pekerjaan selesai dilaksanakan termasuk pembersihan yang terutama adalah pekerjaan pengukuran dan pemasangan bouwplank telah selesai dilaksanakan, dan mendapat persetujuan dari Direksi pekerjaan pertama yang dilakukan adalah melakukan pekerjaan galian tanah biasa dengan kedalaman dan lebar sesuai dengan gambar pelaksanaan serta sesuai dengan petunjuk  dan arahan dari Direksi pekerjaan.
Pelaksanaan Pekerjaan Galian Tanah Biasa Manual ini akan dilakukan dengan menggunakan tenaga manusia dengan menggunakan alat bantu, dan jika memungkinkan akan dilakukan dengan alat bantu lain yang sesuai, dimana pelaksnaan pekerjaan ini  akan dilakukanmulai dari bagian beakang dengan tujuan untuk memudahkan mobilisasi, baik mobilisasi tenaga kerja, atau pembuangan hasil galian jika diperlukan serta memudahkan dalam mobilisasi material.
Pelaksanaan pekerjaan Galian Tanah Biasa dengan menggunakan tenaga manusia ini meliputi pekerjaan pemotongan tanah untuk mencapai elevasi rencana, serta menyediakan perlatan antara lain : Cangku, sekop, linggis/gancu, keranjang/gerobak dorong dan alat bantu lainnya.
Dalam Metode pelaksanaan pekerjaan galian tanah biasa dilakukan dengan menentukan batas-batas penggalian dan kedalaman galian rencana, setelah batas penggalian ditentukan, dilanjutkan dengan penggalian tanah yang telah ditentukan dan pada akhir galian dirapikan dengan menggunakan alat bantu.
Kedalaman Galian berdasarkan kedalaman elevasi rencana sesuai dengan gambar rencana dan penggunaan dari pekerjaan galian tersebut.
Untuk hasil galian yang telah digali untuk sementara dibuang disekitar lokasi galian dimana material hasil galian dapat digunakan untuk urugan kembali.
Pembentukan profil galian dengan tinggi dan lebar yang memungkinkan untuk kemudahan pekerjaan pembuatan bekisting dan untuk pekerjaan struktur.
Apabila diperlukan (kondisi dimana muka air tanah tinggi) dapat dipasang pompa air untuk drainase secukupnya supaya air dapat segera dipompa keluar, sehingga tidak mengganggu proses pekerjaan.
Tanah hasil galian yang memenuhi spesifikasi digunakan untuk penimbunan kembali dan yang tidak memenuhi spesifikasi dibuang ke lokasi pembuangan yang telah ditentukan.
Saat Penggalian Tanah Biasa sangat dimungkinkan ditemukannya lokasi bekas pembuangan sampah, banyak potongan kayu, atau tanah berlumpur, bila hal ini dijumpai, maka sebaiknya benda-benda tersebut akan diangkat.
     Pelaksanaan Pekerjaan Galian Tanah Biasa (Manual) ini akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal waktu pelaksanaan pekerjaan adalah 6,76 Hari Kerja atau 1 Minggu yang akan dilaksanakan pada minggu ke 2 setelah pelaksanaan persiapan selesai dilaksanakan dengan voume = 529, 03 M3 sesuai yang tercantum dalam Bill of Quantity.
     Dalam pelaksanaan pekerjaan galian tanah biasa (Manual) ini akan mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja dengan menggunakan cara standard, dengan menggunakan peralatan safety untuk para pekerja sesuai peraturan keselamatan yang berlaku, atau sesuai dengan petunjuk dan arahan Direksi Pekerjaan.
 
Demikian Sepenggal Metode pelaksanaan Pekerjaan Galian Tanah Biasa ini semoga bermanfaat.

Salam Caranecom