CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

MANAJER PROYEK DAN TUGASNYA DI PROYEK


Adapun tugas manajer proyek adalah :
Memimpin dan mengkoordinasikan pelaksanaan proyek agar dapat berjalan sesuai dengan rencana, baik menyangkut biaya, mutu, waktu dan administrasi serta membantu kelancaran proses penagihan.
Manajer Proyek bertanggung jawab kepada divisi operasioanl atau direktur langsung
Manajer Proyek membawahi Site Manajer.
Manajer Proyek menjamin terlaksananya kegiatan pelaksanaan proyek, termasuk fasilitas pendukung sesuai rencana yang telah ditetapkan.
Terselenggaranya pengadministrasian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan penanganan proyek sampai dengan proses penagihan.
Tersedianya rencana kebutuhan biaya proyek secara periodik
Terlaksananya pengendalian biaya, mutu, waktu dan administrasi proyek
  • Terlaksananya kegiatan pelaksanaan proyek, termasuk fasilitas pendukung sesuai rencana yang diterapkan.
  • memimpin dan mengarahkan kegiatan pelaksnaan proyek.
  • Menyelenggarakan rapat-rapat proyek guna menjabarkan rencana pelaksanaan dan monitoringnya.
  • Aktif dalam rapat yang diadakan oleh Konsultan dan Direksi, Pemberi tugas dan mengusulkan hal-hal yang berkaitan dengan percepatan pelaksanaan dan tentu hal-hal yang menguntungkan perusahaan.
  • Mengadakan pendekatan dan hubungan positif terhadap Masyarakat sekeliling dan penguasa setempat maupun Konsultan / Direksi agar mendukung kelancaran pekerjaan.
  • Terselenggaranya pengadministrasian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan penanganan proyek sampai dengan prose penagihan.
  • Mempersiapkan dan memproses Berita Acara tepat pada waktunya sesuai kemajuan proyek guna terlaksananya penagihan.
  • Tersedianya metode kerja, bahan, peralatan dan tenaga kerja yang menjadi tanggung jawabnya sesuai jadwal pelaksanaan yang telah ditetapkan.
  • Membuat Schedule bahan, alat, sumber daya manusia dan lain-lain.
  • Mengkoordinasikan dan memonitoring persediaan bahan, alat dan tenaga sesuai dengan rencana.
  • Memimpin dan mengarahkan kegiatan-kegiatan pelaksanaan pengadaan dan pendistribusian bahan dan peralatan.
  • Melakukan kegiatan pengecekan, pengusulan dan pemakaian bahan, alat dan tenaga.
  • Tersedianya rencana kebutuhan biaya secara periodik
  • Memimpin dan mengarahkan kegiatan penyusunan cashflow proyek secara rutin dan pendistribusian biaya.
  • Melakukan pengecekan kegiatan penggunaan keuangan proyek.
  • Terlaksananya pengendalian biaya, mutu, waktu dan administrasi proyek.
  • Mencatat semua hasil pekerjaan yang telah dilakukan/dilaksanakan
  • Membandingkan realisasi pekerjaan dengan rencana yang ditetapkan.
  • Melakukan dan mengarhkan tindakan perbaikan atas pekerjaan bila terjadi penyimpangan.
  • Memantau dan mengarahkan proses kegiatan pekerjaan proyek guna mendapatkan hasil yang telah ditetapkan.
  • Memimpin rapat koordinasi kegiatan proyek termasuk dengan para subkontraktor.
  • Membuat Rencana Anggaran Proyek (RAP) dan kegiatan perencanaan (Action Plan) Review Dookumen, Spesifikasi teknik Metode Pelaksanaan dan Menghitung kembali.
  • Menangani tugas-tugas Engineering (termasuk administrasi dan kontrak), Administrasi keuangan, personalia dan umu, operasional lapangan (Quality Plan, Production Plan, dan Safety Plan)
  • Membina hubungan kerja dengan Pengguna Jasa, Konsultan Supervisi, Mitra Kerja, Suplier, Sub Kontraktor, Mandor dan tokoh Masyarakat dan pemuda di lingkungan lokasi pekerjaan.
  • Melaksanakan Rapat mingguan dan bulanan internal maupun external.
  • Mengadakan evaluasi terhadap Progress Fisik (Harian, Mingguan, Bulanan), Biaya, Quality, Quantity, Waktu/Schedule serta membuat rencana tindak lanjut.
Demikian semoga bermanfaat
Salam Caranecom