CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

CARA TERBAIK MERAWAT BATTERY LAPTOP





Cara Merawat Battery Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

bagaimana cara merawat battery laptop agar awet dan tahan lamaBattery laptop merupakan sumber daya untuk perangkat laptop yang dimana saat laptop kita gunakan secara portable untuk diluar ruangan atau jika kondisi dimana listrik dirumah sedang padam, dengan adanya battery laptop juga bisa mengamankan data-data kita yang sedang kita melakukan aktivitas pekerjaan dll saat lampu listrik tiba-tiba padam, jika kita menggunakan PC saat kita membuat laporan atau data-data dan listrik tiba-tiba mati kemungkinan besar data kita akan hilang atau tidak tersave apalagi kita kadang malas melakukan saving data kecuali jika menggunakan PC kita menggunakan UPS (unit power suply).
Namun apa pula yang terjadi bila battery laptop kita sudah tidak bisa bertahan lama saat digunakan alias battery sudah drop, sedangkan kita sama-sama ketahui harga baterai laptop harganya lumayan dalam dalam merogoh kantong
Maka dari itu sangat penting merawat dan perhatian khusus pada batery laptop agar bisa bertahan lama saat kita gunakan.
Sebelum kita membahas cara merawat battery laptop setidaknya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja sebab-sebab yang mengakibatkan battery cepat low batt, atau bahkan muncul plugged in not charging dll.

Baca Juga :  Cara Mempercepat Coneksi Internet

Pada umumnya battery laptop menggunakan Lithium-ion dan biasanya didalamnya terdapat 6 cell dan pada masing-masing cell memiliki daya sekitar 3,6 volt DC, atau dengan kapasitas 700 mAh atau lebih, jika di akumulasi mencapai kisaran 4000 mAh atau bahkan lebih.
Penyebab battery laptop cepat lowbatt dan atau tidak tahan lama adalah dari kecepatan CPU itu sendiri melakukan pekerjaan dengan menggunakan grafis tinggi dan kapasitas memory RAM yang tinggi maka sangat dibutuhkan daya listrik yang tinggi.
Berikut adalah cara merawat battery laptop agar tahan lama.

1. Jika kita menggunakan laptop yang baru tentunya battery memiliki cadangan daya sedikit atau bahkan kosong, usahakan untuk tidak menggunakan laptop tersebut meski kondisi charging terpasang, sebaiknya charging terlebih dahulu battery laptop dengan mematikan terlebih dahulu laptop, lakukan charging hingga battery laptop benar-benar sudah full yang biasanya ditandai dengan lampu indikator yang telah berubah warna hijau atau kuning, etc.

2. Setting Pada Power Option
Mensetting pada power option yang biasanya pada logo battery pada taskbar pojok kanan bawah dengan klik kanan lalu pilih power option kira kira akan tampil seperti gambar dibawah ini :
Box Power Option
Jika posisi centang power plan berada posisi High Performance menyatakan bahwa battey digunakan pada performa tinggi atau Balanced menyatakan battery digunakan dalam performa sedang atau otomatis dan untuk penggunaan pada balanced sangat direcomendasikan dan jika berada pada posisi Power Saver menyatakan battery dengan performa yang cukup rendah dan memang bisa lebih tahan lama dengan kondisi reduce namun ada beberapa aplikasi yang mungkin tidak bisa kita operasikan jika pada posisi power saver.

3. Tidak mengaktifkan feature yang tidak sedang digunakan atau yang tidak bermanfaat seperti Bloetooth atau wifi jika sedang tidak online, karena sinyal pada bloetooth dan wifi juga tanpa anda sadari ikut menyedot daya listrik pada battery laptop, karena jika wifi atau bloetooth aktif dimana lokasi yang tidak ada signal akan lebih memperparah lagi menguras dayanya karena system signal detection yang aktif.

Baca ini : Cara mengatasi laptop Sering Hang

4. Mendengarkan lagu atau musik pada laptop sambil bekerja di luar ruangan atau dibawah pohon memang sangat mengasikkan, namun disarankan untuk mendengarkan lagu menggunakan headset jika kita hanya mendengarkanya sendiri, karena jika kita menggunakan speaker portable akan menguras energy daya battery dan apabila kita menaikkan volume pun daya battery akan lebih banyak terkuras.

5. Lakukan setting Start UP dengan menonaktifkan centang pada aplikasi yang kita tidak butuhkan karena jika terlalu banyak yang startup akan semakin lama load dan akan menguras energy battery itu sendiri.

6. mengatur konfigurasi dengan menonaktifkan mode screen saver karena jika saat kita sedang tidak menggunakannya jika screen saver aktif akan menyerap energy battery lapotop juga alangkah baiknya jika kita mengaktifkan mode sleep dengan jangka waktu tertentu sesuai kehendak anda.

Nb. Bagi anda yang terlanjur mengalami baterai laptop sudah betul-betul drop bisa diakali dengan membeli baterai charger di toko-toko elektronik dengan harga kisaran 30.000 per biji dengan jumlah yang sesuai dengan yang ada pada baterai laptop terseut dengan cara membuka baterai laptop tersebut dengan menggunakan obeng plat kecil dan besar serta menyiapkan alat patri atu solder.

Demikian artikel cara mudah merawat baterai laptop/notebook dengan langkah-langkah diatas semoga bermanfaat.

Salam Caranecom