CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

CARA MENGATASI LAPTOP SERING HANG SENDIRI


Cara Mengatasi Laptop Hang.

Laptop hang??? kenapa bisa terjadi??? Bagaimana mengatasinya???

Sedih memang jika kondisi terjadi dimana saat kita betul-betul membutuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan, main game atau melakukan sesuatu yang lain menggunakan laptop atau komputer pc namun terjadi hang, sebab hang pada laptop khususnya memang banyak faktor yang mempengaruhinya, seharusnya kita sebagai user yang harus memahaminya sendiri tentang kondisi komputer/laptop kita, jika kita tidak merawat dan mengontrol dengan baik tentu kejadian seperti hang dan lainnya pasti selalu terjadi pada perangkat laptop kita,

Pengaruh laptop hang dan cara mengatasinya

1. MEMORY RAM
RAM merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah laptop, yang sering terjadi adalah kapasitas RAM yang digunakan mungkin tidak memadai dan kondisi RAM yang kotor atau tidak bersih yang sering menyebabkan layar kadang terjadi blue screen.
Cara mengatasinya adalah cabut RAM dan bersihkan dengan hati--hati lalu tancapkan lagi pada tempatnya jika perlu periksa kapasitas RAM atau upgrade jika perlu sesuaikan dengan kebutuhan OS Windows,7,8,10 dst. 32 ato 64bite dst.

2. HARDDISK
Hardisk merupakan komponen penting berikutnya setelah RAM, yang sering terjadi adalah dimana file-file yang tidak beraturan atau berantakan dalam hardisk yang menyebabkan berat saat loading atau hardisk yang sudah lama sehingga rpm sudah tidak stabil, hardisk error/badsector.
Cara mengatasinya adalah lakukan Defragmentasi dan disk cleanup secara berkala bisa sebulan sekali. Upgrade kapasitas hardisk bisa juga menambah kapasitas atau jika perlu mengganti hardisk, menghindarkan hardisk dari kotoran dan goncangan.

3. PANAS/OVERHEAT
Panas/Overheat yang terjadi pada komponen komputer entah yang dipengaruhi oleh hardisk, RAM, VGA Card, processor secara otomatis akan mempengaruhi kinerja laptop yang pada akhirnya mejadikan laptop hang, penempatan laptop diatas kasur/sofa memang sangat tidak dianjurkan karena berdampak pada terhambatnya sirkulasi udara dan sangat over heating.
Cara mengatasi agar tidak overheat pada laptop adalah jangan meletakkan laptop diatas bantal, kasur, sofa, buat sebaik mungkin sirkulasi udara dengan menambah fan/kipas angin atau menggunakan notepad yang dilengkapi dengan blower/kipas pendingin.

4. PROGRAM
Progam atau aplikasi yang banyak terinstal pada perangkat laptop yang menyebabkan sesaknya resource memory disk pada system.
Cara mengatasinya adalah masuk ke control pannel klik program and Feature uninstal program atau feature yang sudah tidak diperlukan lagi atau yang tidak penting.

5. VIRUS
Virus termasuk salah satu penyebab terjadinya hang laptop dan menyebabkan laptop menampilkan gejala-gejala aneh, serangan virus atau malware memang musuh terbesar pengguna komputer/laptop
Cara mengatasinya adalah melengkapi komputer/laptop dengan anti virus yang recomended untuk membersihkan virus, malware dan melakukan update pada system operasi setelah selesai pembersihan virus menggunakan anti virus.

6. START UP PROGRAM
Terlalu banyaknya startup program yang berjalan atau sama saja dengan banyaknya program yang di instal pada laptop.
Cara mengatasinya adalah menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuk ke “System Configuration Utility” dengan cara ketik: "msconfig" pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.
Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, kita bisa menggunakan tool Proses explorer. Dengan tool ini kita dapat melihat dan menonaktifkan aplikasi apa saja yang tidak diperlukan atau dianggap sebagai virus.
Demikian semoga bermanfaat
Salam Caraencom