CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Panduan Lengkap Cara Membuat Penawaran Tender Proyek Bagian 3


Menyambung dari artikel sebelumnya pada Panduan Lengkap Cara Membuat Penawaran Tender Proyek Bagian 2 yang telah membahas hingga pada :
- Daftar Harga Satuan bahan + Uraian Analisa Bahan.

Maka pada bagian 3 ini kita melanjutkannya yaitu contoh cara membuat Uraian Analisa Bahan/Material secara standard atau anda bisa melihatnya seperti pada ilustrasi dibawah ini :
Penjelasan :
Pada contoh uraian analisa bahan disini kita misalkan membuat harga satuan dasar bahan semen dengan asumsi pekerjaan proyek tersebut berada di wilayah sulawesi atau di Gorontalo dengan mengasumsikan jarak angkut ke lokasi pekerjaan dari ibukota adalah 25 Km dengan menggunakan alat angkut Truck Tronton dengan kapasitas muat adalah 1000 sak, maka kita harus sudah memperhitungkan biaya bongkar muat mengingat bahan/material semen bersifat dalam kantung yang memungkinkan akan mudah sobek atau rusak serta harus ditempatkan pada tempat/gudang yang memenuhi syarat standard penyimpanan semen, dan disini misalnya memberi harga satuan bongkar/muat sebesar Rp.500,00 per sak, dan juga membuat circle time dari alat pengangkut yaitu truck jenis tronton dengan menginputkan :
Waktu Muat
Waktu Bongkar
Waktu kecepatan rata-rata pada saat isi/bermuatan
Waktu kecepatan rata-rata pada saat kosong
Waktu delay atau istirahat

Keterangan :

Waktu Muat
Satuan waktu dalam memuat menggunakan satuan menit yang diangkut oleh tenaga manusia kedalam truck dengan asumsi 1000 sak membutuhkan waktu selama 25 menit

Waktu Bongkar
Pada satuan waktu bongkar sama seperti saat memuat yaitu dengan satuan waktu menit dengan menggunakan tenaga manusia menurunkan material semen dari truck ketempat yang disediakan atau langsung dalam gudang dengan di tata rapi atau sebagainya, kita bisa mengubah waktu siklus tersebut sesuai dengan kondisi, dengan asumsi waktu membongkar diatas membutuhkan waktu 20 menit.

Waktu Kecepatan rata-rata pada saat isi/bermuatan
Siklus waktu rata-rata yang di asumsikan adalah kecepatan truck saat memiliki muatan dengan kondisi jalan yang baik dengan kecepatan adalah 30 Km/jam maka dengan perhitungan pembagian waktu terhadap jarak tempuh 25 Km terhadap satuan jam 60 menit adalah : Jarak tempuh 25 Km / Kecepatan Truck isi 30 Km perjam di x satuan jam 60 menit maka diadapat siklus waktu 50 menit bagi truck tronton untuk menempuh jarak 25 Km dari ibu kota ke lokasi pekerjaan dengan kondisi jalan baik.

Waktu Kecepatan rata-rata pada saat kosong
Waktu siklus yang didapat dari truck dalam keadaan kosong hampir sama dengan kecepatan truck pada saat ini, yang membedakannya adalah kecepatan truck tersebut pada saat kosong/tidak bermuatan dengan lebih cepat karena tidak terdapat beban isi/muatan.

Waktu Delay/Istirahat
Waktu istirahat perlu diperhitungkan meskipun jika mesin mampu melaksanakannya namun untuk sopir dan keutamaan keselamatan diperlukan waktu untuk beristirahat, sarta pada waktu siklus istirahat ini mencakup istuasi lalu lintas dan beberapa hambatan kecil dijalan.

Maka pada jumlah total siklus waktu pengankutan adalah : 147,5 menit dengan pembagian waktu per jam adalah 60 menit maka didapat waktu 2.46 Jam.

Menginputkan Harga sewa Tronton
Harga sewa tronton diambil dari harga satuan alat dengan perhitungan biaya sewa per jam adalah Rp.253.905, perhitungan biaya sewa ini berlaku termasuk terhadap alat angkut milik sendiri.

Harga Bahan
Pada harga bahan disini kita harus merincikan harga satuan bahan dari suplier/toko serta biaya muat dan bongkar muatan, dengan asumsi harga satuan semen per sak adalah Rp.67.500,00 + ongkos muat + bongkar adalah Rp.1000,00 per sak sehingga didapat hasil harga satuan bahan Rp.68.500,00 per sak.

Didapat harga untuk 
dengan asumsi volume bahan adalah : 1000 sak
di X harga total per sak adalah : Rp.68.500,00 = Rp.68.500.000,00
Biaya sewa peralatan adalah : Rp.253.905,00 di X siklus waktu 2,64 Jam = Rp.624.184
Maka didapat jumlah harga material + biaya sewa peratan = Rp.69.124.184,00 di / 1000 sak maka = Rp.68.124,00. Per Sak yang diperoleh.

- Daftar Harga Satuan Alat + Uraian Analisa Alat
Selanjutnya adalah daftar harga satuan alat + uraian analisa alat, anda bisa mengunjunginya pada artikel berikut Link dibawah ini :

Panduan Lengkap Cara Membuat Penawaran Tender Proyek (Bagian 4)
- Daftar Harga Satuan Alat + Uraian Analisa Alat (mengetik...)