CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Cara Mudah Menambahkan Video Youtube Di Widget Blog


Salam Blogger
Mungkin pernah terbersit di pikiran anda atau mungkin anda pernah melihat salah satu website yang didalammya anda melihat embeded video youtube entah itu pada sidebar kiri atau kanan atau berada di header mungkin berada di footer disamping menaman kesan menarik juga menambah penampilan blog semakin keren.
Yang masalahnya ternyata caranya tersebut sangatlah gampang sehingga dengan sekejap kita dapat membuatnya.
Kita langsung ikuti cara-caranya pada ulasan dibawah ini :

Pertama
Silahkan anda buka situs youtube www.youtube.com kemudian silahkan anda searching atau ketikkan judul video atau lebih baik jika anda telah memiliki video youtube sendiri

Kedua
Setelah anda menemukan video yang diinginkan silahkan klik bagikan seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :

Ketiga
Maka akan muncul dialog box seperti pada gambar dibawah kemudian klik sematkan seperti pada tanda kotak dan panah merah dibawah.

Keempat
Pada dialog blog berikut sudah terdapat embeded video yang sudah bisa anda copykan untuk di pastekan pada widget blog anda, sedangkan pada script embeded video di bawah pada bagian atas terdapat frame dimana anda bisa mengubah tinggi dan lebar dari bingkai yang akan terpasang di tampilan blog nantinya yang bisa anda sesuaikan ukurannya, sedankan pada 3 box centang dibawahnya adalah :

Box Pertama
Centang jika ingin menonton video lain yang di sarankan ketika video selesai ditonton atau bisa anda tidak mencetangnya.
Box Kedua
Centang box untuk menampilkan kontrol pemutaran, sebaiknya biarkan nomor 2 tetap tercentang
Box Ketiga
Centang jika ingin menapilkan judul video dan tindakan pada pemut, anda bisa mencentang atau tidak
Box Keempat
Adalah untuk menampilkan atau mengaktifkan mode privasi yang akan ditingkatkan, dan pada ada setingan lain yang bisa anda atur termasuk pengaturan warna yang bisa anda sesuaikan dengan warna tampilan theme blog anda.


Setelah selesai pada tahap ini selanjutnya
Silahkan anda login pada dashboard blogger anda kemudian pilih Tata Letak kemudian silahkan pada bilah sisi sebelah kanan silahkan pilih letak di sebelah mana yang akan anda sematkan video tersebut kita ambil contoh pada left sidebar kemudian klik Tambahkan Gadget.

Setelah itu anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini dengan memilih HTML/JavaScript dengan mengklik seperti pada tanda panah dibawah.

Kemudian pada box konfigurasi html silahkan anda buat nama atau judul pada kolom diatas kemudian pastekan kode atau script ambeded yang telah kita dapatkan dari situs yotube tadi pada lembar konten. seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Terakhir silahkan anda klik tombol simpan dan
Sucsses...



Pada dasarnya disamping menambah tampilan blog anda menjadi semain menarik dan menjadikan pengunjung bisa menjadi lebih betah berada di dalam blog anda terutama jika embeded video menarik hati pengunjung ditambah dengan durasi yang panjang.
Namun kelemahan dari memasang video yotube pada blog ini adalah akan membuat loading saat pengunjung mengunjungi blog anda, namun anda dapat mengoptimasinya dengan tidak melebihi ukuran dalam sebuah blog, atau mungkin tidak akan berpengaruh jika template yang anda gunakan mempunya respon cepat.

Demikian artikel tentang bagaimana cara menambahkan video dari youtube pada halaman blog anda.
Semoga bermanfaat
Salam Caranecom