CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Cara Membuat Nasi Goreng Pedas Tanpa Kecap


Nasi goreng atau dalam bahasa inggrisnya fried rice merupakan makanan dari nasi putih yang diolah dengan cara digoreng dengan dicampur bumbu atau dengan bahan lain seperti telur, sayuran dll., jenis nasi goreng sendiri di Indonesia atau di negara lain bermacam variasinya dalam penyajiannya dan cara pembuatannya.

GAMBAR MENYUSUL

Di Indonesia sendiri untuk mendapatkan nasi goreng banyak terdapat di pedagang kali lima seafood, dan warung makan di pinggiran jalan dengan harga yang terjangkau.
Namun pada kesempatan kali ini caranecom ingin berbagi citarasa nasi goreng dari hasil olahan dan racikan yang biasa dibuat sendiri yang ingin rasa tampil beda, karena jika makan diwarung makan yang sengaja menjual nasi goreng semua cita rasa nasi goreng tersebut hampir sama meskipun jika terdapat perbedaan rasa biasanya tidak terlalu jauh bada rasanya.
Kita langsung saja pada langkah-langkah dalam membuat nasi goreng yang kali ini adalah membuat nasi goreng pedas dan tanpa menggunakan kecap, bagi anda yang memang menyukai rasa pedas langsung simak dibawah ini :

Pertama kita siapkan bahan terlebih dahulu yaitu :
  1. Nasi Putih yang telah dimasak (1,5 piring untuk 2 porsi)
  2. Cabe Rawit (Ukuran Pedas 11 biji untuk 1 porsi atau disesuaikan jika ingin lebih pedas)
  3. Bawang Putih (1/2-1 siung)
  4. Bawang Merah (3-4 siung)
  5. Telur Ayam (2 butir untuk 2 porsi)
  6. Ikan Laut Goreng (2-3 ekor ukuran 2 jari dewasa)
  7. Royco (1,5 sachet)
  8. Penyedap (secukupnya)
  9. Minyak Goreng (secukupnya)
  10. Minyak seasoning (Sangat secukupnya)
  11. Sayuran (ketimun, kol, kacang panjang, kemangi  atau sesuai selera)
Langkah persiapan adalah menyiapkan nasi putih yang telah dimasak dengan tidak terlalu lembek atau keras dengan ukuran yang pas, Cabe rawit, bawang merah, bawang putih ditumbuk hingga halus kemudian angkat dan sisihkan, dilanjutkan dengan menghaluskan ikan laut yang telah digoreng dengan menghilangkan semua duri jika berduri.

Selanjutnya adalah langkah dalam memasak adalah sebagai berikut :
Panaskan minyak di penggorengan kemudian masukkan bumbu cabe, bawang dan setelah setengah matang bumbu tersebut masukkan telur ayam dengan langsung mengaduknya hingga hancur atau halus, langsung masukkan juga ikan goreng yang telah dihaluskan tunggu hingga mulai menguning kemudian beri royco, penyedap serta minyak seasoning dengan ukuran sedikit saja karena minyak seasoning akan sangat melekat rasanya jika pemberianya berlebihan, setelah itu baru masukkan nasi putih dengan mengaduk terus hingga rata dan nasi telah berubah warna kemerahan atau telah matang, kemudian angkat dan sajikan. 



Cara penyajiannya adalah menempatkan pada piring bersih dengan diatur rapi dengan menaruh sayuran ketimun, kol, kemangi kacang panjang atau sesuai selera benyak jenis sayuran mentah yang bisa dipadukan dengan nasi goreng ini pada pinggiran nasi goreng tersebut. kemudian berikan kesempatan orang yang anda sayangi untuk mencicipinya terlebih dahulu dan apa responnya serta tanggapannya.

Selamat menikmati