CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Cara Membuat Kurva S Lengkap Dan Mudah


Dalam melaksanakan pelaksanaan proyek dilapangan kita akan dihadapkan dengan yang namanya kurva s atau jadwal waktu pelaksanaan yang biasa disebut jangka waktu pelaksanaan pekerjaan, dimana dalam pembuatan kurva s sendiri biasanya menjadi syarat utama kontraktor dalam mengikuti proses tender, dimana dalam pembuatannya kurva s akan di link kan dengan analisa teknis satuan pekerjaan, sedangkan dalam memulai masa pelaksanaan biasanya akan dilakukan perubahan yang berhubungan dengan mutual check dilapangan atau terdapat suatu perubahan dari kontrak itu sendiri.

Membuat jadwal waktu pelaksanaan atau times schedule bisa dibuat dengan berbagai macam fasilitas seperti MS. project, excel, bentuk network planing dan beberapa fitur lain yang saat ini banyak beredar, namun pada umumnya pembuatan kurva s atau jadwal pelaksanaan pekerjaan lebih sering menggunakan microsoft excel disamping lebih mudah, praktis dan lebih cepat.

Jadwal waktu pelaksanaan pekerjaan diproyek merupakan urutan waktu yang akan dilaksanakan dari masing-masing sub bagian pekerjaan yang tertuang dalam bill of quantity atau BOQ /RAB (rencana anggaran biaya), yang disesuaikan dengan jangka waktu yang telah ditentukan oleh pemilik pekerjaan.

Dimana dengan adanya jadwal waktu pelaksanaan pekerjaan atau curva s akan menampilkan rencana dari bobot fisik realisasi serta deviasi yang akan dijadikan sebagai bahan evaluasi atas pencapaian target rencana jika terdapat deviasi maka segera dilakukan langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan yang terjadi.

Kita mulai saja bagaimana langkah-langkah dalam membuat jangka waktu pelaksanaan menggunakan MS. Excel.

Buka lembar ms. excel akan lebih mudah jika sheet kurva s berdampingan dengan bill of quantity agar memudahkan dalam melakukan link volume, harga satuan dan jenis satuan pekerjaan yang tercantum pada BOQ.

Operasikan excel dengan membuat tabel/kolom terlebih dahulu, cara mendatar  dengan membuat kolom nomor, uraian /jenis pekerjaan, Satuan, volume, (harga satuan,jumlah harga jika perlu), bobot % kemudian kolom periode waktu untuk bulan dan minggu serta angka untuk harian per minggu, skala bobot jika perlu, dan keterangan.
 
Pada Kolom Uraian pekerjaan, satuan, volume inputkan masing-masing jenis pekerjaan, satuan dan volume yang langsung di link dari BOQ atau di input secara manual.
 
Pada kolom Bobot % inputkan nilai bobot masing-masing item pekerjaan dengan rumus jumlah harga satuan / Jumlah total sebelum ppn x 100, atau link langsung di boq jika pada sheet boq sudah terdapat bobot fisik.
 
Isi kolom mingguan periode wwaktu dengan cara membagi bobot % dengan melinkkan waktu pada analisa teknis satuan pekerjaan.
 
Pada kolom rencara progres adalah jumlah (sum) dari seluruh bobot pekerjaan pada setiap minggunya,
 
Sedangkan pada Rencana Kumulatif yang nantinya akan menjadi series/value adalah total rencana bobot per minggu ini di + dengan minggu lalu hingga mendapat nilai 100% pada minggu terakhir.
 
Untuk kolom realisasi biasanya pengisianya akan di link dengan realisasi progress fisik mingguan pekerjaan.
 
Untuk memasukkan line chart block pada rencana kumulatif dari posisi 0 hingga ke 100 kemudian klik insert pada tab ribbon dengan klik line kemudian pada 2-D line bisa pilih line yang polos atau line with markers.
 
Atur dan sesuaikan posisi line chart hingga sesuai seperti contoh gambar diatas.

Sebenarnya untuk membuat time schedule banyak variasinya dengan membuat bentuk bar chart, nest spider, pie, scater dan banyak jenis chart lainnya yang bisa kita buat, berhubung dalam judul artikel kali ini tentang membuat kurva s maka yang kita bahas adalah dengan menggunakan line.

Untuk melihat panduan video tutorial yang caranecom telah buat anda bisa tonton video dibawah artikel ini. (Video telah dihapus karena menyebabkan berat load) :)

Demikian artikel sederhana tentang cara mudah membuat s curve dengan lengkap.

Semoga bermanfaat.

Video Tutorial Membuat Curva S