CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Beberapa Cara Memasang Iklan Adsense Di Blogspot


Salam Blogger
Bagi para blogger khususnya blogspot yang telah di approved permohonannya pada Gogle Adsense mungkin ada yang masih bingung tentang penerapan iklan pada halaman blog, karena biasanya bercampur kekhawatiran tentang penempatan yang bisa jadi melanggar kebijakan Adsense itu sendiri, karena usaha membuat blog sebaik mungkin karena salah dalam penemempatan atau jumlah iklan yang diterapkan atau dipasang pada laman blog menjadikan blog kesayangan kita dibanned lantaran tidak mematuhi kebijakan, dimana kebijakan adsense sendiri sering berubah sesuai dengan ketentuan online dan persyaratan mereka, maka dari itu kita sebagai mitra dari GA harus selalu update akan perubahan yang dilakukan oleh GA, serta selalu mengikuti perkembangan terbaru.
Sebagaimana program kebijakan adsense yang mewajibkan semua penayag untuk mematuhi kebijakan dengan yang telah ditentukan oleh Google, karena jika tidak mematuhi kebijakan maka bisa jadi Google akan menonaktifkan penayangan iklan kesitus atau lebih parah akun adsense akan dinonaktifkan atau di banned, jika hal tersebut terjadi maka kita tidak bisa lagi berpartisipasi dalam program adsense. 
Sehubungan dengan judul artikel diatas adalah tentang cara bagaimana menerapkan iklan adsense pada blog maka kita hanya akan membahas cara penempatan iklan di blog. 
Sedangkan untuk segala kebijakan Google Adsense bisa ikuti pada Link Ini. untuk anda pelajari dan menjadikan akun Adsense anda tetap aman.

Sebelum kita memasang iklan sebaiknya kita mengenal dulu macam-macam jenis iklan adsense yang diantaranya adalah :
Iklan Vinyet adalah iklan layar penuh seluler yang muncul di antara pemuatan halaman di situs anda dan dapat dilewati oleh psaja.
Iklan Anchor adalah iklan seluler yang menempel pada tepi layar pengguna dan dapat ditutup dengan mudah.
Iklan Teks & Gambar adalah iklan banner yang bisa ditempatkan dimana saja pada halamlog anda dan mempilkan teks serta gambar.
Iklan In Article adalah iklan native yang ditempatkan diantara pargraf artikel yang anda posting dengan hanya muncul diantara blok teks yang besar dengan jumlah tulisan yang panjang.
Iklan InFeed adalah iklan yang mengalir secara natural dengan konten disitus anda, Iklan InFeed merupakan iklan native, yang berarti iklan ini disesuaikan agar cocok dengan tampilan dan nuansa konten Anda. Saat men-scroll ke bawah daftar artikel atau produk pada halaman Anda dan melihat Iklan InFeed, pengunjung akan tetap mengetahui bahwa itu adalah iklan, namun tampilan iklan tidak akan mengganggu dan terlihat menarik di halaman.
Iklan Konten yang sesuai adalah jenis iklan Native seluler yang menggabungkan iklan dengan rekomendasi konten dari situs dengan menawarkan lebih banyak konten yang relevan kepada pengunjung, dan berpotensi meningkatkan durasi waktu yang dihabiskan pengunjung pada situs dan tayangan halaman, yang pada akhirnya dapat menaikkan pendapatan.
Iklan Tautan adalah iklan yang berbentuk unit tautan yang dimana daftar topiknya relevan dengan isi dari konten halaman anda.
1. Menempatkan Iklan Pada blog dengan widget
Cara pertama ini adalah cara yang paling mudah untuk menerapkan iklan Google Adsense pada laman blog yaitu dengan cara :
Login Dashboard Blogger
Tata Letak
Tambahkan Gadget sesuaikan posisi
Cari dan klik Adsense
Atur Resposif atau sesuaikan penampang
Simpan
Selesai

Berikut adalah Tutorial lengkapnya :
Pada ilustrasi gambar dibawah adalah berada di dashboard dan pada bilah sisi kiri dengan klik Tata Letak dan pada bilah sisi kanan dengan mengklik Tambahkan Gadget seperti yang terlihat pada panah berwarna merah,

Kemudian pada lembar widget seperti pada gambar dibawah ini silahkan cari gadget yang berjudul Adsense seperti pada contoh gambar dibawah yang dilingkari kotak berwarna merah kemudian klik pada tanda + untuk membuka konfigurasi dan mensettingnya.

Selanjutnya pada halaman konfigurasi tentukan format iklan yang akan ditampilkan sebagai contoh pada kotak merah bagian atas adalah Responsif yang artinya iklan yang mendukung berbagai perangkat yaitu, komputer, ponsel, tablet, dsb. Dengan menyesuaikan secara otomatis ukurannya agar sesuai dengan tata letak laman. Apa pun perangkat yang digunakan pengguna untuk mengunjungi situs Anda, unit iklan responsif dapat membantu Anda memberikan pengalaman iklan terbaik. Namun anda bisa menyesuaikan dengan ukuran sesuai penampang kolom yang tersedia, namun saran penulis adalah pilih Responsif.
Sedangkan pada titik centang dibawahnya anda bisa memilih teks dan gambar dimana iklan akan ditampilkan dalam bentuk teks dan gambar atau hanya teks yang berarti iklan hanya ditampilkan dalam bentuk teks saja.
Sedangkan dibawahnya adalah pengaturan warna, anda bisa mengatur mulai dari garis tepinya, latar belakang, warna teksnya sendiri warna judul ataupun url, namun jika anda tidak mau repot dengan mengatur warna sebaiknya pilih padukan warna agar warna unit iklan akan menyesuaikan warna tampilan blog anda.
Pada kotak warna merah ke 3 adalah dimana menampilkan pratinjau iklan yang akan tampil di laman blog anda.
Terakhir silahkan anda klik Simpan.

Untuk penayangan iklan biasanya akan memerlukan beberapa waktu atau mungkin bisa tampil dalam 1 x 24 jam.

2. Menerapkan Iklan Tautan Adsense
Login di Google Adsense
Iklan Saya
Unit Iklan
+ Unit Iklan Baru
Pilih Iklan Teks & Bergambar
Buat Nama Iklan
Klik Navigasi dan pilih Iklan Link
Atur Gaya Iklan sesuai selera
Simpan dan Dapatkan Kode 
Copy dan Pastekan Code Script
Sisipkan kode sesuai selera pada laman artikel pada mode HTML 
Publis Laman
Selesai

Berikut adalah tutorial lengkapnya :
Pada beranda akun Google adsense pada bilah sisi kiri silahkan anda klik Iklan Saya kemudian pilih Unit Iklan seperti yang terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Kemudian klik + Unit Iklan Baru yang terletak di kiri atas yang ditandai dengan kotak berwarna merah seperti yang terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Selanjutnya silahkan anda pilih jenis iklan adalah Iklan Teks & Bergambar seperti contoh yang terlihat pada gambar dibawah ini dengan klik PILIH.

Kemudian silahkan atur unit iklan baru tersebut dengan memberikan nama yang berfungsi untuk mengingat saat dimana nanti anda akan membutuhkannya.
Selanjutnya silahkan klik tombol navigasi disebel Menampilkan dan pilih Iklan Link.
Pada pengaturan selanjutnya adalah silahkan anda atur Gaya Iklan Teks, Saluran Khusus, dan lainnya sesuai selera anda.
Terkahir silahkan anda klik Simpan dan Dapatkan Kode

Maka secara otomatis akan terbuka jendela kode unit iklan seperti pada gambar dibawah ini, dan anda hanya tinggal mengcopy script tersebut untuk dipastekan pada laman artikel mode html.

Selanjutnya silahkan buka lembar artikel yang akan dipasang unit iklan tautan dan pilih pada mode HTML jangan Compose dan pastekan kode tersebut diantara artikel yang anda kehendaki.

Terakhir anda tinggal mempublishkan artikel tersebut dan biasanya iklan akan tampil 1 x 24 jam dengan iklan tautan yang biasanya tersusun 2 secara vertikal dan 2 secara horizontal, namun jika anda ingin menambah jumlah baris unit iklan agar lebih banyak anda bisa menambahkan hanya dengan menambahkan kode script dibelakang "display:block" dengan kode ";height:241px" atau akan menjadi seperti ini : style="display:block;height:241px" agar lebih jelas silahkan anda kunjungi link dibawah ini :
Cara pasang link iklan tautan adsense di artikel blog

Penayang disarankan untuk melakukan uji coba dengan berbagai jenis penempatan dan format iklan. Namun, kode AdSense tidak boleh ditempatkan di tempat yang tidak patut seperti pop-up, email, atau software. Penayang juga harus mematuhi kebijakan setiap produk yang digunakan. Lihat artikel kebijakan penempatan iklan kami untuk informasi selengkapnya.

Demikian artikel tentang bagaimana cara menerapkan kode unit iklan tautan adsense pada laman blog.
Semoga bermanfaat
Salam Caranecom