CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

METODE PELAKSANAAN PLESTERAN & SIARAN


METODE PELAKSANAAN
* Pendahuluan
* Pekerjaan Persiapan
* Pekerjaan Galian Tanah Biasa
* Pekerjaan Urugan Pasir 
* Pekerjaan Aanstamping
* Pekerjaan Pasangan Batu Kali 1 : 4
* Pekerjaan Plesteran 1 : 3

Pekerjaan plesteran mencakup pekerjaan pengadaan, pencampuran dan pemasangan. Plesteran dibuat dengan perbandingan campuran material 1 Pc : 3 Ps. Plesteran yang dikerjakan harus sesuai dengan dimensi yang akan dibuat berdasarkan gambar rencana atau menurut perintah Direksi Pekerjaan.
Sebelum melaksanakan pekerjaan, Penyedia Jasa akan menyerahkan gambar detail rencana pelaksanaan pekerjaan plesteran dengan perbandingan campuran 1 Semen : 3 Pasir. Penyedia Jasa akan menyerahkan contoh jenis bahan plesteran campuran 1 Semen : 3 Pasir kepada Direksi Pekerjaan sebelum melaksanakan pekerjaan.


Penyedia Jasa akan menyerahkan daftar peralatan dan tenaga kerja yang akan melaksanakan pekerjaan plesteran campuran 1 Semen : 3 Pasir kepada pemilik Pekerjaan. Serta akan menyediakan peralatan keselamatan dan kesehatan kerja sesuai dengan pekerjaan yang akan dilaksanakan seperti sarung tangan, topi pelindung kepala, menutup hidung, sepatu safety dan lainnya. 

Penyedia Jasa akan menyiapkan kotak P3K sebagai penanganan sementara apabila terjadi kecelakan kerja.
Lokasi  pembuatan adukan diatur sedemikian rupa agar dapat menjamin  kelancaran pekerjaan. Memudahkan bagi pengawas dan menjamin tercapainya mutu adukan yang baik dan terlindung.


Pengadukan dilakukan sedekat mungkin dengan lokasi konstruksi yang akan dikerjakan. Pasir dan semen disiapkan terpisah ditempat kering (lebih tinggi dari tanah sekitarnya). Kotak pengadukan dipasang ditempat datar dilokasi yang memudahkan bagi petugas pengaduk dan pengangkutan adukan ke lokasi kerja. Drum air ditempatkan didekat alat pengaduk, kotak-kotak takaran disiapkan secukupnya dilokasi timbunan pasir dan semen. 

Gerobak pengangkut adukan dan ember disiapkan dekat alat pengaduk kearah konstruksi yang akan dikerjakan.
Plesteran campuran 1 Semen : 3 Pasir dilakukan dengan cara manual dan untuk pengadukan  adukan  menggunakan  alat  alat  bantu  seperti  ember,  kotak  adukan, cangkul, sekop dan lain-lain. Adukan plesteran harus terbuat dari bahan semen, pasir dan air dengan perbandingan campuran 1 Semen : 3 Pasir. Semua  bahan adukan harus dicampur  sampai  merata dengan cara manual dengan menggunakan peralatan cangkul dan sekop. Perbandingan campuran dapat berdasarkan isi takaran sama dengan satu zak semen dalam keadaan kering. 


Penyedia Jasa harus membuat takaran yang sama ukuran- ukurannya (dolak) dan harus mendapat persetujuan dari Direksi Pekerjaan.
Sebelum dilakukan pekerjaan plesteran, permukaan yang akan diplester akan dibersihkan terlebih dulu dan disiram dengan air semen agar plesteran dapat menyatu dengan permukaan yang diberi plester. Bahan adukan harus secepatnya dibawa ke tempat pekerjaan dengan menggunakan cara   (metode)   yang   sepraktis   mungkin,   sehingga   tidak   memungkinkan   adanya pengendapan agregat dan tercampurnya kotoran-kotoran atau bahan-bahan lain dari luar Pekerjaan plesteran dilakukan dengan menggunakan alat bantu kasut kayu atau besi.


Plesteran  yang  dibuat  harus  dengan  permukaan  yang  rata  sesuai  dimensi  rencana bangunan yang dibuat. Bahan plesteran dibuat dengan perbandingan campuran 1 Semen : 3 Pasir harus menggunakan  bahan antara lain :


Semen
Semen   akan   disediakan   oleh   Penyedia Jasa dari   hasil   produksi pabrik yang disetujui  oleh Direksi Pekerjaan.
Semen  harus terbungkus dalam  kantong-kantong  yang cukup  kuat untuk tahan penanganan kasar.
Segera setelah diterimanya di lapangan kerja,   semen akan   disimpan dalam penyimpanan  yang  kering,    tahan  air    dan    diberikan  ventilasi  yang    memadai, dengan pencegahan penyerapan kelembaban yang cukup. Cara penanganan dan penyimpanan semen oleh Penyedia Jasa harus sesuai dengan persetujuan  Direksi Pekerjaan.


Pasir
Pasir harus berkualitas baik dengan diameter maksimum 2.00 mm atau berdasarkan petunjuk Direksi Pekerjaan. Pasir harus bersih, keras, padat, tidak tercampur batu pecah dan harus bebas dari banyak kotoran lempung, lanau dan bahan kimia lain yang dapat mempengaruhi kekuatan beton.


Air PencampurAir   yang   digunakan pada pencampuran   adukan   dengan perbandingan campuran 1 Semen : 3 Pasir adalah air bersih dan bebas dari kotoran, tidak  mengandung endapan lumpur,  zat-zat  organik,  alkali,  garam atau tidak mengandung bahan-bahan yang dapat mempengaruhi daya lekat beton, seperti minyak dan lemak. Pengukuran pekerjaan pleteran dengan perbandingan campuran 1 Semen : 3 Pasir diukur menurut dimensi yang sudah dipasang sesuai dengan bangunan yang dibuat berdasarkan gambar rencana.

Acian                                              
Sebelum di Aci, maka permukaan yang akan di Aci harus dibersihkan terlebih dahulu dengan sikat baja yang dibasahi dengan air.
Mempersiapkan alat dan bahan; bahan yang digunakan adalah bahan semen dengan mutu baik yang memenuhi persyaratan sebagai bahan Acian serta telah mendapat persetujuan dari direksi pekerjaan.
Sementara air yang digunakan dalam campuran harus bebas dari kotoran debu minyak dll yang dapat menghambat terjadinya ikatan antara bidang Acian dengan pasangan/beton.
Melaksanakan pengadukan adukan dengan metode yang telah mendpat persetujuan dari direksi pekerjaan,
Bagian Acian harus selalu dijaga dan dipelihara kelembabannya jangan sampai terkena matahari secara langsung untuk menhindari penguapan air yang terlalu cepat sehingga akan menurunkan kekuatan dari Acian itu sendiri.


Volume Pekerjaan                 : 319.76 M2   
Waktu yg direncanakan            : 4.00   Minggu    
                                 : 28.00  HK   
        
Alat Yang Di Gunakan             : Alat Bantu     
         
Tenaga Kerja yang Digunakan 
                     Pekerja     : 0.300  Orang/M2 
                      Tukang     : 0.150  Orang/M2 
                     Kp Tukang   : 0.015  Orang/M2 
                      Mandor     : 0.015  Orang/M2 
                                   0.480     
Kapasitas 1 Regu / Hari          : 17.50  M2/Hari   
Jam Kerja Efektif/Hari           : 7.00   Jam   
                                 : 490.00     
Kebutuhan Tenaga                 : 0.65     
                     dibulatka2n : 1.00   Regu   
         
Bahan yang dibutuhkan 
                 Portland Cement : 0.169 Sak :53.94Sak 
                 Pasir Pasang    : 0.026 M3  :8.31 M3 
 


Kami akan mengendalikan mutu, waktu kerja serta bahan dan tenaga kerja dalam pelaksanaan pekerjaan ini. Jadwal pelaksanaan kerja yang telah disetujui pihak pemilik pekerjaan yang akan menjadi acuannya, dengan cara membuat rencana kerja yang akan dilakukan koreksi atas hasil pelaksanaan pekerjaan.

Sebelum diserah terimakan pekerjaan ini kami selaku kontraktor wajib membersihkan pekerjaan dari kotoran-kotoran akibat kegiatan dalam pelaksanaan pekerjaan, serta membersihkan areal dari bahan-bahan bekas serta kotoran akan dibuang keluar lingkungan pekerjaan sesuai dengan petunjuk pemilik pekerjaan.
 
Demikian Metode pelaksanaan pekerjaan ini dibuat sebagai kelengkapan dokumen penawaran dan pada pelaksanaannya tetap perlu mendapat petunjuk serta arahan dari pengawas dan pemilik pekerjaan nantinya dilapangan.



Terima Kasih

Salam Caranecom 

Baca Juga : Metode Pelaksanaan Pasangan Batu Untuk Penawaran