CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

CARA MENGAKTIFKAN KARTU PERDANA-SIM Card-ID Outlet-TELKOMSEL


kartu perdana
Bermula dari pengalaman pribadi saat caranecom mengganti SIM Card menggunakan provider telkomsel, berhubung kuota data telah habis sedikit agak terburu-buru sehingga meminta tolong saudara dirumah buat membeli kartu perdana paket data TELKOMSEL di salah satu Outlet di kota wilayah sulawesi, namun saat Sim Card mau digunakan menggunakan modem tidak dapat digunakan, kemudian tanya ke saudara yang membeli sim card perdana Telkomsel kalo belinya di Outlet mana?, dan di jawab "Waduh gak inget belinya di mana, so lupa kita". Wah ini repot jadinya, berhubung sedikit jauh lokasinya maka diputuskanlah browsing, hingga akhirnya menemukan solusinya dan Sim Card perdana Telkomsel dapat digunakan.

Berhubung dengan Peraturan baru Pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) nomor 14 tahun 2017 yang mewajibkan Registrasi Kartu Sim Prabayar yang diberlakukan mulai 31 Oktober 2017 dan paling lambat registrasi dilakukan tanggal 28 Februari 2018, karena jika tidak kartu sim card kita akan diblokir alias tidak akan dapat digunakan.

Lanjut pada pembahasan diatas.
Jadi misalnya setelah kita melakukan registrasi dengan identitas asli tetapi tanpa mengaktifkan ID Outlet, maka kartu sim kita tetap tidak akan bisa berfungsi, kecuali kita mendaftarkanya kembali ke Outlet dimana kita membelinya.

Jadi pertanyaanya adalah, apakah jika kita membeli kartu perdana kita di Papua sedang kita berada didaerah lain harus mendaftarkan kembali ID ke tempat tersebut? Atau kartu lama kita, yang pasti lupa entah itu dulu belinya di outlet mana? . Sedangkan setelah registrasi kartu sim sesuai identitas asli kita berhasil yang sering gagal dilakukan adalah konfirmasi ID Outlet ke 1818, yang dilakukan dengan cara mengetik : POSID (spasi) OutletID.

Jawabannya adalah, sebenarnya kita bisa memasukkan ID Outlet lain, udah itu saja.


Jadi caranya adalah sebagai berikut :
Setelah kita memasangkan kartu prabayar kita ke kandset/ke handphone biasanya jika kartu baru akan langsung diminta untuk langsung registrasi, namun jika tidak muncul, cari Menu Registrasi/T-SEL MENU (Registrasi Kartu), Daftar untuk kartu baru Perubahan Data untuk kartu lama, kemudian isikan data sesuai identitas asli :

Registrasi Kartu Lama
  • Isi Nama Lengkap Anda
  • Isi Tempat Lahir Anda
  • isi Tanggal Lahir Anda (DD/BB/TTTT)
  • Isi Nomor Identitas (KTP/SIM/KITAS)
  • Isi Alamat  Anda
Jika sudah maka akan menerima konfirmasi dari 4444 kemudian konfirmasikan ID Outlet ke 1818 dengan cara ketik POSID(spasi)OutletID "(untuk outlet ID bisa lihat dibagian bawah artikel ini)" 



Registrasi Kartu Baru
Untuk Registrasi katu baru bisanya akan langsung menginputkan ID Outlet pada bagian akhir registrasi :
  • Isi Nama Lengkap Anda
  • Isi Tempat Lahir Anda
  • Isi Tanggal Lahir Anda (dd/bb/tttt)
  • Isi Nomor Identitas Anda (KTP/SIM/KITAS)
  • Isi Alamat Anda
  • Isi Nomor ID Outlet (lihat nomor ID Outleh dibawah artikel ini).
Jika sudah berhasil melakukan registrasi maka akan mendapatkan notifikasi sms berhasil data sudah diterima maka kartu kita sudah dapat gunakan.
Solusi yang paling baik adalah jika kita membeli kartu perdana di outlet/counter kita minta untuk langsung mengaktifkannya detempat tersebut, dan tidak memerlukan waktu lama. 


Berikut adalah beberapa nomor ID Outlet yang bisa digunakan :
  • 3203022063
  • 2203002168
  • 4303003429
Untuk pelanggan yang memiliki lebih dari 3 kartu dapat melakukan registrasi pada kartu ke 4 dan seterusnya melalui gerai, hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Menkominfo No. 21 tahun 2017
Demikian artikel tentang mengaktifkan kartu sim card - ID Outlet ini semoga bermanfaat