CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN PENGANGKATAN GULMA TERAPUNG


Ket : Metode Palaksanaan pekerjaan pengangkatan Gulma Terapung/Eceng Gondok ini menggunakan Amphibious Excavator + Rake besi yang dipasang pada arm to bucket.

Untuk Metode pelaksanaan pekerjaan pengangkatan Gulma/Eceng Gondok menggunakan Amphibian Tool Carrier atau menggunakan Cutter Suction Dredging bisa menuju Link INI

Pengangkatan Gulma Terapung
Tahapan Pelaksanaan
Pelaksanaan pekerjaan Pengangkatan Gulma Terapung
Termasuk dalam klasifikasi pekerjaan pengadaan tenaga kerja, & peralatan
yang akan dilaksanakan dengan menggunakan cara Mekanis menggunakan Alat Berat jenis Excavator dan dibantu dengan Tenaga Manusia dan peralatan bantu 

Adapun tahapan pelaksanaan Pengangkatan Gulma Terapung
akan dilaksanakan sesuai dengan jangka waktu/jadwal waktu pelaksanaan dan tahapan
pelaksanaan pekerjaan adalah : 77,00 Hari Kerja atau
10,00 Minggu, yang akan dilaksanakan pada minggu ke 2 sampai
dengan minggu ke 11 dilaksanakan dengan volume kontrak = 2.000.000 M2
sesuai yang tercantum dalam Bill of Quantity (ket : Volume Kontrak dapat berubah jika terjadi perubahan volume/Amandemen dalam pelaksanaan dilapangan).

Uraian dan Cara Metode Kerja
Sebelum kami memulai pelaksanaan pekerjaan Pengangkatan Gulma Terapung
selaku kontraktor pelaksana terlebih dahulu mengajukan reques memulai pelaksanaan pekerjaan untuk mendapatkan petunjuk serta arahan dari Pemilik/Direksi Pekerjaan dan menyampaikan gambar shop drawing mengenai titik-titik tetap pekerjaan yang akan dilaksanakan sehingga didapat langkah yang tepat dalam pelaksanaannya dan tidak terjadi pelaksanaan pekerjaan yang berulang yang akan menyebabhan kulitas, kuantitas, biaya dan waktu tidak berdaya optimal.

Dalam melaksanakan pekerjaan Pengangkatan Gulma Terapung
selalu berpedoman pada petunjuk dalam gambar kerja/shop drawing yang telah disetujui pemilik/direksi pekerjaan dilapangan atau sesuai dengan petunjuk serta arahan yang diberikan.

Sebelum memulai sesuatu pekerjaan, harus dilakukan identifikasi bahaya, guna mengetahui potensi bahaya dalam setiap pekerjaan. Identifikasi bahaya dilakukan bersama pengadaan pekerjaan dan safety department atau P2K3.

Dalam pelaksanaan pekerjaan ini akan mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja dengan menggunakan cara standard, dengan menggunakan peralatan safety untuk para pekerja berupa Hemet, Rompi, Kaca Mata, safety Both, Sarung Tangan, klimb. rope, dll. sesuai peraturan keselamatan yang berlaku, atau sesuai dengan petunjuk dan arahan Direksi Pekerjaan.

Sebelum dilakukan pekerjaan Pengangkatan Gulma Terapung langkah pertama yang dilakukan adalah membuat patok profil yang menandakan batas dari titik-titik area gulma yang akan di keruk. Setelah itu maka dapat dilaksanakan pekerjaan pengangkatan Gulma Terapung dengan menggunakan peralatan jenis excavator dan jika dimungkinkan sesuai arahan dan petunjuk Direksi Lapangan dalam pelaksanaan pengangkatan Gulma Terapung ini menggunakan excavator jenis Amphibious/LA. atau penambahan alat jenis rake yang dipasang pada arm excavator long arm.

Material gulma terapung yang telah ditarik/dikeruk yang telah berada ditepi kemudian di dipindahkan menggunakan excavator standar pada sisi tanggul bagian luar dan di tata dengan rapi agar saat gulma mengering akan terbentuk struktur yang rata

Tenaga, Bahan dan Peralatan yang akan digunakan dalam pelaksanaan pekerjaan
Pengangkatan Gulma Terapung
Adalah :
Tenaga Kerja :
1.    Pekerja
2.    Mandor Alat
Bahan Kerja :

Peralatan Kerja :
1.    Excavator LA + Rake
2.    Excavator STD
3.    Peralatan Bantu