CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

format & susunan metode pelaksanaan Tender Proyek Konstruksi


Metode Pelaksanaan merupakan salah satu dasar Panitia/Pokja Pemilihan dalam mengevaluasi penawaran teknis, sehingganya Metode pelaksanaan pekerjaan yang disampaikan dalam dokumen penawaran teknis sebaiknya harus memberikan metoda pelaksanaan yang layak, realistis dan tahapannya dapat dilaksanakan sesuai jadwal pelaksanaan yang ditawarkan untuk penyelesaian pekerjaan utama dan diyakini menggambarkan penguasaan dalam penyelesaian pekerjaan, tahapan dan cara pelaksanaan yang menggambarkan pelaksanaan pekerjaan dari awal sampai dengan akhir dan dapat dipertanggungjawabkan secara teknis.

Metode pelaksanaan harus konsisten dengan penggunaan peralatan utama yang ditawarkan, lokasi pelaksanaan pekerjaan,dan Jadwal pelaksanaan berdasarkan jadwal pelaksanaan yang ditawarkan dalam dokumen penawaran;

berikut adalah salah satu contoh susunan dan format metode pelaksanaan pekerjaan yang bisa kita gunakan dalam mengajukan penawaran teknis.
METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN

Satuan Kerja  :
Kegiatan :
Pekerjaan :
Lokasi :
Tahun Angaran :

Penawar :

I. UMUM 
memuat :
 
A. LOKASI PELAKSANAAN PEKERJAAN 
(diisi Lokasi pelaksanaan Pekerjaan sesuai lokasi pekerjaan dalam pengumuman lelang) (Lokasi pekerjaan Harus Konsisten dengan Lokasi pekerjaan pada pengumuman lelang)

B. PERSONIL
(diisi Personil inti yang ditempatkan secara penuh pada pelaksanaan pekerjaan)
melampirkan Struktur Organisasi serta Uraian Tugas
 
C.PERALATAN 
(diisi jenis peralatan yang akan digunakan berdasarkan alat yang ditawarkan)

D. BAHAN / MATERIAL
Memuat : Material/bahan yang akan digunakan dalam pelaksanaan pekerjaan termasuk persyaratan bahan dan cara penyimpanan bahan/material yang benar.

I.1 RUANG LINGKUP PEKERJAAN
memuat lingkup pekerjaan atau memuat daftar item pekerjaan sesuai dengan Bill of Quantity
 
II.TAHAPAN PELAKSANAAN
memuat : Tahapan Pelaksanaan pekerjaan / urutan pelaksanaan pekerjaan secara garis besar serta waktu pelaksanaan setiap tahapan pekerjaan Misalnya:
pekerjaan persiapan akan dilaksanakan pada minggu pertama, pekerjaan tanah akan dilaksanakan pada minggu ke 2 dan minggu ke3 dimana Tahapan waktu pelaksanaan pekerjaan harus konsisten dengan jadwal yang ditawarkan.

III. URAIAN / CARA KERJA MASING-MASING JENIS PEKERJAAN 
Memuat : uraian dan cara kerja masing-masing pekerjaan termasuk penggunaan peralatan utama yang ditawarkan yang dapat dipertanggungjawabkan secara teknis (penggunaan peralatan utama dalam uraian / cara kerja masing-masing pekerjaan harus konsisten dengan peralatan utama yang ditawarkan) peralatan utama yang dipersyaratkan sebagaimana tercantum dalam Dokumen Pemilihan)

IV. PRA PENUTUP
Memuat : Pekerjaan Akhir Penyedia, Menjelasakan penyerahan pekerjaan akhir saat serah terima, Penjelasan pengendalian mutu, waktu, bahan dan Tenaga kerja

IV. PENUTUP
Ringkasan Penutup.

Terima Kasih semoga bermanfaat

Anda ingin dibantu membuat penawaran atau sekedar untuk konsultasi bisa menuju link dibawah ini :