CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

CARA MUDAH MENGGANTI NOMOR SMS BANKING BANK BRI


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

SMS BANKING merupakan salah satu fitur untuk memudahkan bagi para nasabah bank, baik bank BRI, dan yang lain-lainnya untuk melakukan berbagai macam keperluan seperti cek saldo, mutasi, transfer dana, pembayaran, pembelian, dan melakukan transaksi lainnya tanpa nasabah harus ke ATM (Anjungan Tunai Mandiri) atau kantor unit kerja (cabang) BRI.

UPDATE :
Sekedar Informasi untuk layanan SMS Banking Bank BRI Saat ini tidak dapat/belum dapat digunakan karena telah beralih menggunakan BRImo dimana penggunaan brimo ini tetap menggunakan nomor yang tedaftar sebelumnya saat menggunakan sms banking, hal ini dikarenakan menurut penjelasan bahwa penggunaan Applikasi BRIMO (BRI Mobile) lebih mudah dan tidak ribet


Baca : Cara Mendaftar BRI Mobile di Perangkat Android

Memiliki rekening BRI tidak berarti secara otomatis bisa melakukan transaksi melalui sms banking, melainkan harus terlebih dahulu melakukan Registrasi atau mendaftarkan nomor HP di Kantor Cabang.

Sebagaimana kita harus mengetahui bahwa nomor yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi melalui sms banking adalah nomor HP yang telah terdaftar, meskipun saat awal pembukaan rekening kadang nasabah telah memberikan nomor HP namun terkadang layanan tersebut hanya dapat digunakan untuk melakukan pengecekan, saldo, Notifikasi, sedangkan untuk melakukan transaksi seperti transfer, pembelian, pembayaran dan lainnya, nasabah masih harus diminta untuk meregistrasi baik melalui ATM maupun Kantor Cabank terdekat.

Namun bagaimana jika nomor SMS Banking yang nasabah Bank BRI gunakan hilang, dicuri, terblokir atau nomor sudah tidak aktif lagi?

Berikut adalah beberapa cara untuk mengganti/mendaftarkan kembali nomor baru (nomor yang berbeda) baik menggunakan layanan Telkomsel, Indosat, Three, XL, IM3 dan lainnya yang akan digunakan untuk melakukan sms banking :

1. Melalui Call Center Bank BRI
Dengan melalui Call Center Bank BRI nasabah akan diberi kemudahan untuk melakukan panggilan pada saat kapanpun dan tidak harus pada jam/hari kerja yang penting memiliki pulsa lebih jika melakukan panggilan melalui HP atau nasabah bisa melakukan daftar paket telpon rumah untuk pengguna layanan Telkomsel.

Menghubungi BRI Call Center dengan nomor 14017 atau 021-57987400
Adapun syarat yang harus disediakan saat melakukan verifikasi via call center adalah nama sesuai KTP, Nomor Rekening, Nomor ATM dan Jumlah Perkiraan Saldo Terakhir serta data-data lain yang mungkin akan ditanya oleh operator customer service..

Dengan melakukan penggantian nomor HP melalui Call Center memiliki kekurangan yaitu CS hanya bisa menghapus nomor HP yang lama sedangkan untuk registrasi nomor yang baru nasabah tetap harus meregistrasinya sendiri melalui ATM pada mesin ATM terdekat, caranya sama saat pertama kali nasabah melakukan registrasi.

2. Melalui / Via Mesin ATM
Cara yang kedua ini adalah cara selanjutnya setelah nasabah telah melakukan seperti cara nomor satu diatas dengan cara :
  • Pertama, Nasabah masukkan kartu ATM ke dalam mesin
  • Kedua, ketikkan pin ATM. Jangan sampai pin Anda terlihat oleh orang lain. Pilih menu registrasi pada layar mesin ATM dan pilih opsi SMS Banking
  • Langkah selanjutnya, masukkan nomor ponsel baru yang sudah Anda daftarkan tadi melalui call center.
  • Buatlah nomor pin baru Anda, dan ulangi pin tersebut untuk melakukan verifikasi
  • Kemudian, akan keluar struk yang didalamnya berisi informasi bahwa Anda sudah melakukan pengaktivasian nomor SMS Banking baru.
  • Apabila struk sudah keluar dan aktivasi berhasil, maka Anda sudah bisa memakai layanan SMS Banking untuk bertransaksi menggunakan nomor baru. 
  • Jika masih ada yang dibingungkan, Nasabah bisa menghubungi pihak BRI secara langsung

3. Melalui Kantor Cabang Bank BRI (Unit Kerja)
Untuk melakukan dengan cara yang ketiga ini adalah cara yang paling baik disamping kita melakukan penggantian nomor HP untuk sms banking dengan nomor HP yang baru saat proses registrasi nasabah bisa sambil tanya-tanya perihal-perihal lain yang ingin nasabah tanyakan, dan pastiya customer service pada kantor cabang Bank BRI (unit kerja) akan menjawab dengan baik semua pertanyaan kita, tapi ingat!!, jangan minta-minta nomor HP Customer Servicenya. :).

Syarat yang harus dibawa untuk melakukan penggantian nomor HP untuk SMS Banking adalah KTP, Buku Tabungan, ATM dan Nomor HP yang baru yang aktif untuk pengganti nomor HP yang lama (catatan : Nasabah harus masih mengingat nomor HP yang lama) karena CS Bank BRI akan menanyakan nomor HP yang lama yang akan diganti. 
Proses melalui kantor cabang tidaklah lama tergantung dari antrian panjang atau tidak, biasanya jika tidak antri waktu yang dibutuhkan hanya sekitar setengah jam saja.
Untuk melakukan penggantian Nomor HP untuk SMS Banking nasabah bisa melakukannya pada cabang (unit kerja) Bank BRI dimana saja yang terdekat dengan tempat tinggal nasabah.

Bagaimana jika tidak memiliki ATM (ATM hilang/Rusak) dalam penggantian nomor HP untuk SMS Banking??
Untuk melakukan penggantian nomor HP untuk SMS Banking diwajibkan harus membawa ATM maka jika tidak memiliki ATM registrasi/penggantian nomor SMS Banking hanya dapat digunakan untuk notifikasi transakasi dan tidak dapat melakukan transakasi selayaknya seperti transfer, pembelian, pembayaran dll.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan kembali kartu ATM yang Hilang/Rusak