CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Bagaiamanâ Cara Menjaga Kebijakân Goggle Adsense?


Salam Blogger

Melakukan aktivitas blogging tentu memiliki seni tersendiri terutama yang telah mendaftar menjadi publisher utamanya Adsense, disamping kita dapat melampiaskan suatu hobi dan berbagi unek-unek dan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca / pengunjung kita juga dapat menikmati hasil menjadi penayang iklan baik itu untuk memperbaiki kualitas blog itu sendiri ataupun bisa juga hasil dari penayangan iklan tersebut digunakan untuk beli mobil, buat rumah atau jalan-jalan ke luar Negri, ;).

Namun demikian sebagai publisher iklan khususnya Adsense baik itu untuk blog youtube dll, tentu haruslah mengikuti akan kebijakan yang telah ditentukan oleh Adsense dan menjaga konten yang kita publish, karena jika kita tidak mengikuti akan kebijakan yang telah diterapkan oleh Google Adsense bisa jadi akun Adsense kita akan lenyap dari peredaran karena di banned atau diblokir, dan sudah sepatutnya seperti itu, sebagai misal saja kita bekerja di suatu Perusahaan baik itu milik Pemerintah maupun Milik Swasta maka sangat diwajibkan bagi kita untuk selalu menjaga kedisiplinan dan mengikuti akan semua kebijakan yang berlaku pada Perusahaan tersebut, karena jika kita melangar akibatnya bisa jadi kita akan di depak atau di pecat dari Perusahaan tersebut.

Lalu bagaimana cara menjaga dan mengetahui kebijakan Google?
Sanksi hukuman yang dijatuhkan Google Adsense kepada para Blogger yang melanggar kebijakan bisa bervariasi, ada yang melalui peringatan dan ada pula yang secara langsung artinya tanpa peringatan terlebih dahulu.

Dalam menjaga dan mengikuti atas kebijakan tersebut dan terhindar dari hukumannya adalah para blogger sebaiknya menerapkan langkah-langkah diantaranya :

Melakukan Optimasi Blog Seperlunya
Optimasi dalam sebuah blog atau website tentu perlu dilakukan karena itu menjadi pemikat bagi perayapan mesin pencari itu sendiri, namun jika melakukan optimasi berlebihan tentu tidak baik juga dampaknya karena itu juga tidak disukai oleh google.
 
Fokus membuat artikel Berkualitas Seperlunya
Artinya membuat artikel untuk diposting pada blog yang kita kelola itu hukumnya wajib, terutama artikel yang berkualitas dan bermanfaat, bisa kita ambil dari opini, pengalaman pribadi, informasi yang bersumber dari referensi lain yang telah kita ubah sesuai gaya penulisan kita, dan tentunya ada batasannya juga dalam menulis artikel setiap harinya,.. Jika memang hobi kita menulis dan memiliki banyak materi/bahan untuk diposting sebaiknya buat secara terjadwal, dan jadwalkan paling tidak 3 postingan artikel setiap hari dengan rens space time yang wajar, dan tentu artikel tersebut adalah artikel yang benar-benar berkualitas atau buatlah artikel yang unik dan relevan,.. Karena pada dasarnya mau ribuan artikel kita posting jika artikel tersebut tidak berkualitas maka yakinlah artikel anda tidak akan mejeng juga di mesin percarian.
 
Setidaknya aktif dalam melakukan blogging
Seorang blogger yang tidak pernah melakukan aktivitas blogging dalam jangka waktu yang lama adalah sama saja dia memiliki rumah namun tidak pernah memeliharanya hingga rumput lebih tinggi dari atap rumahnya, sehingga tidak layak lagi utuk ditinggali.
Artinya Jika kita memiliki kesibukan lain paling tidak ada waktu sejenak buat kita untuk menjenguk sebentar saja, baik itu untuk mengecek perubahan-perubahan yang terjadi dengan mengecek pada webmaster (Google Search Console) dan melakukan validasi jika terdapat ketidak sesuaian mungkin karena ada perubahan algoritma baru.
 
Mengatur Penerapan Iklan dengan Benar

Selalu Aktif Mengecek Inbox masuk pada email (akun yang terdaftar)
Melakukan pengecekan email masuk pada akun email yang terdaftar pada akun adsense karena pihak adsense setiap saat memantau dan akan memberikan pemberitahuan-pemberitahuan penting melalui email.

Jangan mengubah Kode Iklan Adsense
Setelah membuat dan meyangkan kode iklan adsense, jangan mengubah bagian apa pun dari kode tersebut atau mengubah tata letak, perilaku, penargetan, atau penayangan iklan karena alasan apa pun, kecuali telah diotorisasi oleh Google untuk melakukannya.
Dan jangan diletakkan di tempat yang melanggar kebijakan penempatan iklan di situs yang belum layak dan jangan juga meletakkan seperti di jendela pop-up, di software, atau di situs yang meniru Google.

Menghindari Klik Iklan tidak Valid
Pihak Google akan memberikan toleransi atas klik tidak sengaja yang kita lakukan guna melakukan uji coba misalnya, namun diluar dari itu seperti klik dengan sengaja atau sengaja mengirim link iklan kepada teman dan atau apa pun.

Yang pasti kita tidak boleh meminta orang lain mengklik atau melihat iklan atau menggunakan metode implementasi yang menipu untuk memperoleh klik atau tampilan. Hal ini mencakup, namun tidak terbatas pada, menawarkan kompensasi kepada pengguna atau orang lain untuk menampilkan iklan atau melakukan penelusuran, menjanjikan penggalangan dana bagi pihak ketiga untuk kegiatan itu, atau menempatkan gambar di sisi setiap iklan.

Jangan Gunakan Sumber Trafik Lain
Iklan Google tidak boleh ditempatkan pada halaman yang menerima traffic dari sumber tertentu. Misalnya, penayang tidak boleh berpartisipasi dalam program paid-to-click, mengirim email yang tak diinginkan, atau menampilkan iklan sebagai hasil dari tindakan aplikasi software apa pun. Selain itu, penayang yang menggunakan iklan online harus memastikan halaman mematuhi Pedoman Kualitas Halaman Landing Google.


Kesimpulan
Pada dasarnya Semua penayang Iklan Adsense wajib mematuhi Kebijakan Penayang Google dan kebijakan yang diatur, jadi jangan malas untuk membaca kebijakan dengan cermat. Jika kita gagal dan tidak mematuhi kebijakan dari Google, maka google akan menonaktifkan penayangan iklan ke situs atau website dan/atau menonaktifkan akun AdSense Anda kapan saja. Jika akun dinonaktifkan, maka kita tidak berhak untuk berpartisipasi lagi dalam program AdSense.

Yang perlu diperhatikan pihak Google akan mengubah kebijakan kapan saja, maka kita diminta untuk selalu memeriksa Panduan Program Kebijakan secara rutin untuk mengetahui apakah ada perubahan. Sesuai dengan Persyaratan dan Ketentuan online pihak Google