CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Stripping/Kosrekan


METODE PELAKSANAAN STRIPPING/KUPASAN/KOSREKAN/PEMBERSIHAN

Metode Pelaksanaan Pekerjaan adalah tahap realisasi design rencana menjadi sebuah bangunan yang utuh. Pada tahap ini dibutuhkan metodologi yang efektif dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan shop drawing. 
Metode yang dipakai dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berbeda meskipun untuk pekerjaan yang sama, hal ini tergantung dari sumber daya dan kondisi lingkungan yang dihadapi.
Perencanaan yang matang mengenai tahapan-tahapan dalam menyelesaikan pekerjaan dilapangan mutlak diperlukan untuk  mendapatkan hasil yang sesuai dengan spesifikasi yang  disyaratkan. Selain menjamin mutu yang dihasilkan, perencanaan juga harus memperhitungkan keselamatan kerja semua yang terlibat dalam proses pelaksanaan pekerjaan sehingga tercapai ZERO ACCIDENT sesuai dengan standar OHSAS dalam proyek.

Sebelum memulai melaksanakan pekerjaan pekerjaan kosrekan/stripping/kupasan/pembersihan terlebih dahulu kontraktor mengajukan request mulai pekerjaan kepada pemilik pekerjaan untuk mendapat persetujuan serta arahan.

Untuk pekerjaan stripping/kupasan/kosrekan/pembersihan dilakukan untuk membersihkan dan mengupas lapisan permukaan sedalam sesuai gambar rencana.
Peralatan yang digunakan : peralatan bantu jika memungkinkan akan menggunakan Bulldozer untuk Mengupas sedangkan Dump Truck akan digunakan untuk Hauling material kayu dan cabang-cabang ranting dan Chain saw digunakan untuk memotong cabang-cabang kayu.
Pertama – tama jika menggunakan Bulldozer, Bulldozer akan membersihkan dengan menggusur segala macam semak maupun pepohonan.
Setelah itu, Bulldozer melakukan pengupasan lapisan permukaan tanah sedalam sesuai gambar rencana untuk awal dari pekerjaan Galian Tanah.
Untuk pepohonan yang besar ukurannya, maka pembersihan dilakukan menggunakan tenaga manusia dibantu menggunakan Chain Saw.
Selanjutnya semua hasil pembersihan dan stripping tadi dikumpulkan menjadi satu untuk selanjutnya dibuang ke disposal area.
Pembuangan dilakukan jika memungkinkan menggunakan Excavator dengan loading ke Dump Truck yang mengangkutnya ke Disposal Area.
Untuk Pembersihan dan stripping pada kondisi lereng Existing, maka dilakukan menggunakan Excavator yang kemudian hasilnya dikumpulkan di satu tempat.

Untuk hasil pembersihan berupa sampah maupun kayu maka selanjutnya dapat dilakukan pembakaran. Pembakaran dilakukan di tempat yang aman dan jauh dari jagkauan alat berat.
Setelah pembakaran selesai, maka tempat pembakaran yang sudah padam selanjutnya ditimbun kembali secara rapi.

Pengendalian Mutu,Waktu, Bahan dan Tenaga
Kami akan mengendalikan mutu, waktu kerja serta bahan dan tenaga dan dalam pelaksanaan pekerjaan ini. Jadwal pelaksanaan kerja yang telah di setujui pihak proyek yang akan menjadi acuannya, dengan cara membuat rencana kerja mingguan dan setiap minggu akan dilakukan koreksi atas hasil pelaksanaan pekerjaanya.
Demikian metode pelaksanaan pekerjaan ini dibuat dan dapat menjadi acuan untuk pelaksanaan pekerjaan nantinya dilapangan.