CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Solusi Sukses Bisnis Online Untuk Pemula 99,99 % Tanpa Modal


Apakah selama ini anda pusing ingin memulai usaha darimana dan menunggu modal untuk usaha sehingga usaha tidak segera terealisasi dikarenakan menunggu modal.

Apakah tidak ada ide brilian yang menghinggapi fikiran anda?

Mari kita mulai selangkah lebih maju dalam menggapai sukses kita yang tertunda dengan melakukan
sedikit upaya yang siapapun dapat melakukannya.

Adalah dengan cara usaha online.
mungkinkah dengan cara online kita dapat maju dan menjadi sukses?
Tentu dan itu pasti, mengingat pada era modern ini dalam era teknologi yang semakin canggih memungkinkan orang untuk melakukan suatu usaha hanya dengan duduk santai didalam rumah bahkan sambil bersantai atau piknik dimana tempatpun akan dapat melakukan usaha tersebut.

Apa sajakah bisnis tersebut dan bagaimana cara menjalankannya?

Baiklah mari kita mulai bahas satu persatu jenis bisnis apa saja yang bisa dilakukan dan bagaimana langkah-langkahnya, kita akan kupas tuntas pada pembahasan ini secara terang benderang.

Yang pertama adalah Toko online
Dimana saat ini toko online merupakan salah satu pilihan bagi masyarakat umum bahkan hingga di daerah-daerah terpencilpun melakukan dengan cara online. Saya jelasakan tentang daerah terpencil untuk saat ini adalah daerah yang sudah memiliki fasilitas komunikasi baik data dan lain sebagainya, karena daerah terpencil saat ini berbeda dengan sebutan daerah terpencil 12 tahun silam, dimana program pemerintah yang terus mengupayakan pemerataan pembangunan dan insfrastruktur di seluruh penjuru Negeri tercinta kita ini.

Diluar dari itu dengan melakukan usaha secara online memungkinkan kita untuk menjelajah lebih luas secara universal diseluruh penjuru dunia ini dengan beragam kebutuhan dan memungkinkan  lebih terdapatnya peluang untuk usaha kita.

Bagaimana cara mulai membuat toko online?
Membuat toko online bisa dikelompokkan menjadi beberapa kategori yaitu :

1. Toko online dengan menggunakan sosial media seperti facebook, Twitter, Instagram, dll, sebagai contoh facebook sendiri saat ini menduduki peringkat kedua didunia setelah google tentunya, jika kita sendiri merupakan orang Indonesia tentu mengetahui bahwa di Negara Indonesia sendiri  merupakan pengguna facebook terbesar ke 4 didunia, dimana dengan memanfaatkan sarana tersebut  maka dipastikan peluang kita semakin besar Dengan akun facebook kita bisa membuat group sendiri atau membuat halaman yang berhubungan dengan usaha bisnis apa yang akan kita pasarkan, namun  itu butuh proses karena kita harus membuat group atau halaman kita memiliki benyak member terlebih dahulu, dan tentunya harus juga dengan mengeluarkan biaya terutama jika kita akan memanfaatkan media promosi, karena yang kita bahas disini adalah dengan cara yang free alias gratis, saya katakan gratis adalah karena mungkin kita tidak memperhitungkan saat online di  facebook dengan membuat siarang langsung atau status yang kurang bermanfaat,jadi anggaplah bisnis yang akan kita buat hanya menumpang dikala kita online untuk status facebook yang kurang bermanfaat tersebut, sehingga pada judul diatas penulis tidak menyebutkan 100% melainkan 99,99%. 
Maka langkah terbaik adalah kita memanfaatkan group-group bisnis yang telah ribuan jumlahnya  yang dimana membernyapun sudah jutaan, apakah kita memasarkan pada group tersebut dengan akun kita saja cukup dengan bergabung menjadi member, Iya, dengan hanya bergabung pada grup-grup facebook yang memiliki persamaan seperti bisnis online, jual beli barang baru/bekas, dan untuk penargetan kita bisa memilih pada wilayah kita terlebih dahulu. 

Apa yang akan kita jual tersebut dan darimana barangnya?
Pertanyaan yang super sekali, tentunya untuk barang yang akan kita jual merupakan barang yang sifatnya jadi seperti sandang dan kebutuhan papan, sedangkan darimana barang yang akan kita jual adalah itu dengan cara reseller atau dengan cara mendatangi suplier-suplier atau produsen yang berada diwilayah kita, misalnya adalah tetangga kita membuat produksi perabot rumah tangga seperti kursi rotan, pernak-pernik dan atau segala perabot rumah dari ukiran berbagai jenis atau lainnya sebagainya, maka dari situ kita bisa mendatangi untuk malukan kerja sama dalam hal pemasaran, tentu dengan tujuan baik kita tersebut akan disambut baik oleh produsan atau pemilik barang tersebut.
karena sama halnya kita membantunya dalam hal pemasaran, Tentu yang lebih dahulu kita tanya adalah jenis barang tersebut dan spesifikasinya, kemudian kita ambil gambar dengan menggunakan  kamera yang memiliki resolusi yang baik selanjutnya kita tag pada group-group bisnis dengan  mencantumkan harga dengan kita mengambil sekian persen dari harga yang telah ditentukan oleh  pemilik barang namun ingat jangan terlalu menaikkan harga tersebut terlalu tinggi, ambilah sedikit  saja karena sedikit kali sedikit adalah banyak, dan disamping itu jika ada barang yang laku terjual tentu pemilik barang tersebut tidak akan tinggal diam, bisa jadi kita akan diberi komisi.

Dalam melakukan tag foto pada grup-grup facebook tersebut jangan lupa untuk menampilkan harga  dengan penjelasan lagi promo atau apa saja yang menarik pengunjung/member lain, serta  mencantumkan nomor telepon, HP atau nomor WA untuk melakukan transaksi, jika ada pembeli  dengan jangkaun yang memerlukan delivery atau ekspedisi sebaiknya  kita bicarakan terlebih dahulu dengan pemilik barang atau kita bisa memanfaatkan jasa pengiriman atau jika kita memiliki  kenderaan sendiri alangkah baiknya jika dalam melakukan delivery kita sendiri yang  mengantarkannya, sedangkan untuk masalah transaksi pembayaran bisa menggunakan rekening milik kita  terlebih dahulu kemudian baru kita berikan kepada pemilik barang dengan cara tunai atau via  transfer bank, sedangkan jika ada pembeli yang ingin melakukan metode pembayaran dengan cara  COD (Cash On Delivery). sebaiknya bangun kepercayaan terlebih dahulu dari pemilik barang, atau  jika sudah beberapa kali terjadi transaksi tentu  pemilik barang akan percaya kepada kita.

Lakukan cara bisnis tersebut dengan tidak lupa selalu berupaya dan berdoa, Insya Allah pasti akan di  berkahi oleh Allah SWT.

2. Memanfaatkan situs-situs atau online market yang sudah populer dan terkenal di Indonesia seperti  Bukalapak, OLX, tokopedia, shoppe,  lazada, zalora, blibli dll.

Untuk jenis barang dan darimana barang yang akan kita jual sama seperti yang dijelaskan diatas, atau dengan cara reseller dari toko online lain yang harganya lebih rendah, sedangkan untuk melakukan penjualan biasanya kita hanya diminta untuk mendaftar dengan menggunakan alamat email aktif dan atau nomor ponsel yang aktif untuk verifikasi, maka silahkan ikuti panduannya karena sistem dan metode yang diberikan oleh situs-situs tersebut 100% aman, sehingga anda akan lebih leluasa, disamping peluang kita lebih besar pada situs-situs tersebut karena pengunjungnya sudah sangat  banyak pada setiap harinya.



3. Bergabung dan beraffiliasi dengan situs-situs besar atau online market seperti Amazone, Lazada, Alibaba, dll.

Dengan cara berafiliasi seperti ini kita akan diberikan kesempatan untuk mempromosikan barang-barang pada situs tersebut dan diberikannya link referal atau script kode barang yang bisa kita tempatkan pada webasite kita, kemudian jika ada pengunjung yang tertarik dengan yang kita  tampilkan pada website kita secara otomatis pengunjung tersebut akan dibawa pada link situs online market tersebut, jika terjadi transaksi maka kita akan mendapat komisi dari penjualan tersebut, untuk nilai persentase masing-masing berbeda, bisa sekitar 10 hingga 20 % dari barang yang laku tersebut, namun sebaiknya untuk cara ini kita harusnya memiliki website yang bisa kita buat dengan cara klik Link Ini, namun sayangnya untuk amazone sendiri saat ini tidak lagi bekerja sama dengan Blogspot, maka kita bisa membuat dengan fitur lain.

Sedangkan untuk website atau blog yang kita buat bisa kita promosikan atau kita bagikan melalui  akun media social seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp, line dan lain sebagainya.

4. Membuat toko online sendiri adalah satu tingkat lebih baik dari yang dijelaskan diatas, untuk  membuat toko online atau online shop bisa menggunakan tempalate toko online yang free, karena  banyak dari sahabat-sahabat kita yang dengan kebaikannya berbagi tempalte toko online secara  gratis, bisa lihat Disini.

atau jika anda sedikit memahami coding tentu hal ini tidak akan sulit dalam membuatnya sendiri,  penulis sendiri yang tidak memahami codding, dengan perlahan dan  rajin surfing dan browsing di google mencari tau cara-caranya, terbukti bisa, dengan nama toko online yang penulis miliki adalah GONSH0PE dan PASARILI0, yang menggunakan sistem payout dengan metode voice mail, meski belum sempurna, namun penulis terus berusaha untuk memperbaikinya, karena dari hasil buatan  sendiri akan membuat kepuasan tersendiri bagi kita. kenapa harus toko online website biasapun bisa kan? tentu bisa namun alangkah lebih terarahnya suatu target yang ingin kita dapatkan, sebagai ibarat adalah kita mau  menjadi agen suplier dari sebuah toko besar, namun kita tidak memiliki toko. 

Namun jika website kita yang bukan toko online memiliki pengunjung yang banyak perharinya maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan peluang tersebut, pada dasarnya adalah ditentukan oleh traffic blog atau website itu sendiri, karena dengan semakin banyaknya pengunjung maka peluang  tersebut jelas lebih terbuka luas buat kita, seperti kita membuka lapak di mall yang mewah, namun  pengunjungnya hanya sedikit tentu peluang kita pun sedikit pula.

Dengan cara membuat toko online sendiri kita akan lebih leluasa dalam promosi dan pengaturan  metode pembayaran sesuai dengan yang kita inginkan.

Yang kedua adalah :
Untuk cara selain yang disebutkan diatas kita juga bisa membuat sebuah website atau blog untuk artikel yang mungkin selama ini kita suka menulis sebuah diary atau  pengalaman pribadi yang  bermanfaat bisa anda manfaatkan dengan membuat artikel pada blog baik itu wordpress ataupun  blogspot, dimana jika kita yakin dan menekuninya tentu akan bisa mengikuti jejak seperti mereka yang telah berhasil dengan penghasilan hingga milyaran rupiah dalam satu bulan, mereka adalah 1. Michael Arington dengan membuat blog yang berkaitan dengan tekhnology murni pada blog ini menghasilkan penghasilan dari adsense hingga 11 milyar perbulan, 2. Cashmore dengan website/blog yang membahas tentang berbagai ragam berita dan informasi ini mampu meraup hingga 8 milyar perbulan. 3. Mario lavanderia yang membuat blog/website yang berhubungan dengan pemberitaan  skandal para artis hollywood.mampu meraup penghasilan hingg 5 milyar dalam sebulan. Bukannya itu fantastis?.

Apakah tidak percaya mari kita hitung secara sepintas saja, dari pembayaran Adsense mereka dengan CPC nya saja, dimana blog-blog besar seperti milik mereka yang memiliki pengunjung hingga ratusan ribu dalam perharinya maka kepastian untuk link iklan sendiri adalah yang ber CPC tinggi  hingga $0,5 -$1 perkliknya bayangkan jika separuh dari pengunjung secara tidak sengaja mengklik  iklan maka jelas yang akan didapatkan adalah $0,5 x 1 hari x 100.000/2 =50.000 adalah dengan  asumsi kurs dolar saat ini Rp. 14.000 adalah = Rp. 700 juta jika dikali 30 hari maka = 10 Milyar lebih tentunya.
karena semakin banyak pengunjung pada suatu blog yang telah terdaftar di Adsense maka  kemungkinan klik iklan juga akan semakin besar.

Tentulah mereka layak kita jadikan sebagai motivasi buat kita untuk bangkit dan maju, namun ingat dalam membuat sebuah website janganlah terlebih dahulu menargetkan hasil yang instan atau kita ingin cepat terkenal, melainkan butlah artikel atau postingan yang bermanfaat untuk orang banyak, karena dengan sendirinya hasil akan kita dapatkan.

jika blog atau website yang kita buat Cara buat Blog Lihat Disini, dan telah kita daftarkan pada  webmaster/google serach console, Lihat Disini. serta telah memiliki pengunjung yang banyak dan umur blog telah memenuhi syarat bisa kita mendaftarkanya pada Google Adsense untuk bermitra  dalam penayangan iklan atau menjadi publisher  iklan.
Untuk persyaratan blog yang memenuhi syarat diterima Google Adsense bisa lihat Disini. atau  kunjungi Link Ini. Yang merupakan pengalaman penulis hingga diterima Google Adsense.

Namun bagi anda yang umur blog belum memenuhi syarat atau masih sementara memperbanyak  artikel/postingan anda bisa memanfaatkan dengan cara menayangkan iklan selain adsense atau bisa kita sebut Adsense alternative dimana sistem pembayaranya merekapun hampir sama besar dengan google adsense yaitu dengan sistem Cost Per Click, atau CPC diantaranya adalah : Citika, Bidvertiser, Adnow, Yllix, revenuehits dan masih banyak lagi lainnya atau anda bisa mengunjungi  Link Ini.

Yang Ketiga adalah :
Cara lainnya juga adalah dengan membuat video untuk youtube, dimana dengan membuat video yang menarik kita dapat menguploadnya melalui akun Youtube,sebagaimana cara membuat akun youtube terbilang sangat mudah hingga tidak sampai 1 menit anda sudah dapat memiliki akun youtube selama anda memiliki akun email Gmail yang aktif.

Untuk cara membuat video youtube tersebut banyak yang terkendala dengan mendapatkan video,  sehingganya kita bisa melihat pada masa saat ini jika terjadi suatu  peristiwa atau terjadi kecelakaan misalnya, mereka akan lari berbondong-bondong mendekati kejadian tersebut dengan membawa  handphone dan merekam kejadian tersebut bukannya datang menolong.Sungguh ironis memang.

Namun dengan keterbatasan video yang anda miliki kita bisa mengakalinya adalah dengan cara memanfaatkan video yang sedang populer di youtube dengan kita mengeditnya atau memotong bagian demi bagian dan menampilkan dalam bentuk informasi lain, misalnya kita melihat video pesulap terkenal seperti Dynamo, atau Chris Angel atau artis-artis yang memang menjadi sorotan publik dan lainya, yang memiliki viewer hingga jutaan puluhan juta, kita bisa memanfaatkan  Windows Movie Maker pada operation sistem windows di laptop atau PC kita untuk mengeditnya, contohnya adalah ada 4 video pesulap Dynamo yang memiliki perbedaan kemudian kita  menggabungkannya begaian demi bagian tidak secara utuh dan memberikan judul atau teks dalam video, yang menyebutkan, "Magic jenis apakah yang digunakan oleh Dynamo ini"sebaiknya menggunakan bahasa inggris agar lebih universal.

atau cara-cara lainyang jelas tidak mengambil mentah-mentah video milik orang lain untuk kita  upload kembali, karena itu melanggar kebijakan youtube, dan tentu video yang kita ambil dari orang lain merupakan tanda ketidak profesionalan kita dan bisa jadi video-vidoe youtube yang akan kita  ambil atau reupload memiliki hak cipta, sehingga video tersebut akan diblokir atau lebih parah lagi akun kita akan di banned.

Dari beberapa ulasan diatas sebenarnya banyak lagi yang bisa kita manfaatkan dalam segi bisnis  online diantaranya adalah dengan memanfaatkan paid survey dimana kita mendaftar dan hanya  dengan rutin mengisi survey setiap harinya atau sesuai keberadaan survey yang biasanya akan masuk pada notifikasi email kita maka bayaran yang kita dapatkan bisa dibilang lumayan, selain itu adalah dengan mengikuti PTC (Pay To Click) ini bisa kita manfaatkan bila di rumah atau kantor terdapat jaringan wifi, dan mencari waktu luang dan yang paling utama adalah dalam penjelasan diatas  semuanya tentu serba gratis.

Demikian artikel ini semoga mendapat manfaat,