CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Penjelasan Penggunaan Fetch as Google Untuk blogspot


UPDATE...
Untuk meminta pengindeksan menggunakan Google Search Console baru lebih mudah dan penulis rasa lebih cepat, caranya hanya dengan menuju pada Google Seacrh Console baru REQUEST INDEXING dengan cara setelah kita memasukkan judul url baru pada Inspect URL, 
Terima Kasih...

Setelah kita selesai membuat sebuah artikel atau postingan hal yang akan kita perhatikan pertama adalah apakah artikel yang kita buat tersebut sudah terindeks oleh google atau belum dan memastikan si googlebot telah merayapi postingan kita dengan baik.
Jika telah menemukan kepastiannya tentang pengindeksan artikel yang telah kita buat jika ingin melakukan pengambilan pada google dan atau melakukan crawling maka berikut adalah penjelasan dan fungsi alat fecth as google untuk website :
Penjelasan melakukan pengambilan 
Dalam melakukan pengambilan pada google search console pada alat tersebut juga tersedia jenis pilihan seperti berikut :

1. Desktop (Default)
  • Googlebot ( yang digunakan untuk crawl situs)
  • Googlebot News ( yang digunakan untuk crawl berita)
  • Googlebot Image ( yang digunakan untuk crawl gambar)
  • Googlebot Video ( yang digunakan untuk crawl video)
  • Mediapartners Google ( yang digunakan untuk crawl halaman dengan kode adsense)
  • Adsbot Google ( yang digunakan untuk crawl landing halaman iklan)
2. Seluler : Mobile
  • Googlebot Mobile ( yang digunakan untuk crawl untuk penggunaan seluler)
    Yang akan di gantikan kedepan dengan menggunakan versi  terbaru crawl google smartphone

Penjelasan tentang Fetch dan Render

Dalam melakukan pengambilan dan render terdapat dua alat yang berbeda yaitu :
1. Fetch (Pengambilan)
Adalah pengambilan URL yang ditentukan pada situs anda dan menampilkan respon dan tidak meminta menjalankan resources apapun yang dikaitkan msalnya adalah (gambar atau script) pada halaman. Dan dengan menggunakan fetch ini merupakan operasi yang relatif cepat yang dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan atau debug konektifitas jaringan yang dicurigai atau masalah yang berhubungan dengan situs anda, dan dapat melihat apakan permintaan anda berhasil atau tidak.

2. Fetch And Render
Adalah pengambilan URL yang ditentukan pada situs anda dan menampilkan respon dan merender halaman sesuai dengan patform yang ditentukan misalnya (Desktop atau Ponsel Pintar). Operasi ini meminta dan menjalankan semua resource misalnya (gambar atau script). Dan operasi ini digunakan untuk mendeteksi perbandingan visual antara cara googlebot melihat halaman anda dan pengunjung melihat halaman anda.


Status Pengambilan dan Render (Fetch - Fetch and Render)
Setelah selesai melakukan pengambilan dengan cara Fetch atau Fetch and Render maka akan dimunculkan dalam bentuk tabel riwayat dan biasanya menampilkan hasilnya dengan melihat pada tanda centang berwarna biru yang diartikan sebagai berikut :
Komplet :
Artinya google berhasil menghubungi situs dan mengcrawl halaman anda dan mendapt semua resource yang dirujuk oleh halaman.
Parsial :
Artiny google mendapat respon dari situs anda dan mengambil url, namun tidak memperoleh semua resource yang dirujuk oleh halaman karena diblokir oleh robot.txt. Namun dalam hal terjadinya parsial jika ini hanya pengambilan lakuka pengambilan dan render. Jika ternyata setelah kita mengetahui ternyata ada resource yang signifikan yang di blokir oleh robot.txt. Anda dapat membebaskan resouce tersebut yang diblokir oleh robot,txt. dengan mengunjungi situs dibawah ini :
Dialihkan :
Artinya server merespon dengan pengalihan. Alat fetch as google tidak mengikuti pengalihan meskipun crawl aktual mengikuti pengalihan.
Jika pengalihan menuju ke properti yang sama, alat akan menampilkan tombol yang memungkinkan untuk mengikuti pengalihan secara cepat dengan mengisi kotak pengambilan dengan URL pengalihan. Jika URL dialihkan ke properti lain yang merupakan milik Anda, klik "Ikuti" untuk otomatis mengisi kotak URL, lalu salin URL tersebut, alihkan tampilan ke situs baru, kemudian tempelkan URL ke kotak pengambilan.
Anda dapat mempelajari sendiri dan menganalisis respons di halaman detail pengambilan untuk melihat detail pengalihan yang terjadi.
Cari dan temukan kode error kemudian mempelajari lebih lanjut dengan melihat pada situ ini.
Pengalihan dapat dipicu oleh server atau oleh tag meta atau JavaScript di halaman itu sendiri atau sesuai perintah yang anda telah buat sendiri.

Demikian artikel penjelasan tentang penggunaan  pangambilan untuk google