CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Mengatasi Halaman Dengan Sumber Daya Yang Diblokir


Salam Caranecom

Pada kesempatan kali ini caranecom ingin berbagi pengalaman yang sempat membuat sakit kepala, bagaimana tidak pada Google Webmaster tools / Google Seacrh Console terdapat Blocked Resources atau sumber daya yang diblokir, awalnya memang sedikit cuek aja tapi setelah mengetahui hal tersebut berdampak pada pengindeksan dan menurunnya Traffic blog secara drastis dan tentu pertanda blog mulai tidak sehat, maka mulailan timbul rasa panik dan ingin mencari solusinya dengan oprek sana oprek sini, tetap tidak ketemu dan akhirnya surfing ke segala penjuru hingga tanya kepada para pakar, akhirnya dengan perlahan sedikit mulai sedikit menemukan solusinya.

Setidaknya sedikit mengetahui terlebih dahulu penyebab sumber daya yang diblokir/blocked resources pada google indeks yang terjadi karena disebabkan oleh :
* Sumber CSS
* Gambar yang kita pasang pada artikel
* Pemasangan JavaScript
Sehingga Google Bot memahami atau memberitahukan dan memunculkan laporan pada akun webmaster yang dimunculkan pada google indeks di blocked resources/sumber daya yang diblokir.

Jika permasalahan yang terjadi adalah sumber CSS tentu kita harus segera memperbaiki sumber url CSS yang kita kelola yang terhubung pada situs luar, meskipun bisa kita lakukan dengan cara melakukan verifikasi namun jika itu sulit maka lebih baik kita melakukan langkah-langkah perbaikan url CSS tersebut.

Jika permasalahan yang terjadi adalah dari sumber Gambar yang kita pasang pada postingan atau artikel kita yang merupakan gambar bukan buatan kita sendiri, maka segera melakukan penggantian atau perbaikan gambar tersebut, sebaiknya untuk gambar yang akan kita pasang pada artikel kita sebaiknya buatan sendiri atau dengan cara edit gambar lain dengan menggunakan aplikasi windows seperti paint dll serta membuat format gambar PNG karena format tersebut yang sangat disukai google.

Jika Masalah yang terjadi adalah Sumber JavaScript yang terjadi maka segera melakukan penggantian dengan menggunnakan url atau sumber JavaScript yang lain, atau jika perlu lebih baik menghapusnya.

Ok, mari kita coba lihat yang terjadi seperti pada gambar dibawah ini :

 Untuk mengatasinya silahkan masuk akun Google Webmaster Tools
1. Klik pada Google Index
2. Klik Blocked Resources (sumber daya diblokir)
3. Kemudian buka host yang memblokirnya atu sumber dari masalah tersebut kemudian perbaiki kesalahan tersebut hingga google bot dapat kembali mengindeks konten atau artikel yang bermasalah tersebut, sehingga artikel anda dapat terindeks kembali dengan baik.
Setelah artikel atau konten yang bermasalah telah diperbaiki langkah selanjutnya adalah melakukan Fetch as Google dan menunggu hasilnya saat google malakukan indeks ulang dan semoga mendapat hasil.

Dan jika tidak mendapatkan hasil membuka blokir sumber daya yang diblokir dalam waktu 2 x 24 jam coba kirim ulang URL anda ke ke google webmaster untuk di indeks lagi.

Jika masih tetap tidak berhasil juga maka mari kita selesaikan bersama dengan komentar dibawah.
Sebagai contoh yang caranecom lakukan adalah dengan melakukan hal tersebut maka dalam waktu yang singkat telah mendapat hasil sebagai barikut seperti gambar dibawah ini :


Dari hasil gambar diatas yang semula terblokir adalah 16 maka setelah melakukan beberapa hal diatas sudah berkurang 5, sedangkan yang lainya masih menunggu dan dalam proses. . .

Demikian artikel ini semoga bermanfaat.

Salam Caranecom