CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

CARA-CARA TENTANG KOMPUTER KU


CARA MENGATASI LAPTOP HANG


Cara Mengatasi Laptop Hang.
Laptop hang??? kenapa bisa terjadi??? Bagaimana mengatasinya???

Sedih memang jika kondisi terjadi dimana saat kita betul-betul membutuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan, main game atau melakukan sesuatu yang lain menggunakan laptop atau komputer pc namun terjadi hang, sebab hang pada laptop khususnya memang banyak faktor yang mempengaruhinya, seharusnya kita sebagai user yang harus memahaminya sendiri tentang kondisi komputer/laptop kita, jika kita tidak merawat dan mengontrol dengan baik tentu kejadian seperti hang dan lainnya pasti selalu terjadi pada perangkat laptop kita,

Pengaruh laptop hang dan cara mengatasinya

1. MEMORY RAM
RAM merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah laptop, yang sering terjadi adalah kapasitas RAM yang digunakan mungkin tidak memadai dan kondisi RAM yang kotor atau tidak bersih yang sering menyebabkan layar kadang terjadi blue screen.
Cara mengatasinya adalah cabut RAM dan bersihkan dengan hati--hati lalu tancapkan lagi pada tempatnya jika perlu periksa kapasitas RAM atau upgrade jika perlu sesuaikan dengan kebutuhan OS WinsXP,7,8,10 dst. 32 ato 64bite dan contoh pentium 4, dst...

2. HARDDISK
Hardisk merupakan komponen penting berikutnya setelah RAM, yang sering terjadi adalah dimana file-file yang tidak beraturan atau berantakan dalam hardisk yang menyebabkan berat saat loading atau hardisk yang sudah lama sehingga rpm sudah tidak stabil, hardisk error/badsector.
Cara mengatasinya adalah lakukan Defragmentasi dan disk cleanup secara berkala bisa sebulan sekali. Upgrade kapasitas hardisk bisa juga menambah kapasitas atau jika perlu mengganti hardisk, menghindarkan hardisk dari kotoran dan goncangan.

3. PANAS/OVERHEAT
Panas/Overheat yang terjadi pada komponen komputer entah yang dipengaruhi oleh hardisk, RAM, VGA Card, processor secara otomatis akan mempengaruhi kinerja laptop yang pada akhirnya mejadikan laptop hang, penempatan laptop diatas kasur/sofa memang sangat tidak dianjurkan karena berdampak pada terhambatnya sirkulasi udara dan sangat over heating.
Cara mengatasi agar tidak overheat pada laptop adalah jangan meletakkan laptop diatas bantal, kasur, sofa, buat sebaik mungkin sirkulasi udara dengan menambah fan/kipas angin atau menggunakan notepad yang dilengkapi dengan blower/kipas pendingin.

4. PROGRAM
Progam atau aplikasi yang banyak terinstal pada perangkat laptop yang menyebabkan sesaknya resource memory disk pada system.
Cara mengatasinya adalah masuk ke control pannel klik program and Feature untuk wins7 uninstal program atau feature yang sudah tidak diperlukan lagi atau yang tidak penting.

5. VIRUS
Virus termasuk salah satu penyebab terjadinya hang laptop dan menyebabkan laptop menampilkan gejala-gejala aneh, serangan virus atau malware memang musuh terbesar pengguna komputer/laptop
Cara mengatasinya adalah melengkapi komputer/laptop dengan anti virus yang recomended untuk membersihkan virus, malware dan melakukan update pada system operasi setelah selesai pembersihan virus menggunakan anti virus.

6. START UP PROGRAM
Terlalu banyaknya startup program yang berjalan atau sama saja dengan banyaknya program yang di instal pada laptop.
Cara mengatasinya adalah menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuk ke “System Configuration Utility” dengan cara ketik: "msconfig" pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.
Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, kita bisa menggunakan tool Prosesexplorer. Dengan tool ini kita dapat melihat dan menonaktifkan aplikasi apa saja yang tidak diperlukan atau dianggap sebagai virus.




CARA MERAWAT BATTERY LAPTOP


Cara Merawat Battery Laptop
Battery laptop merupakan sumber daya untuk perangkat laptop yang dimana saat laptop kita gunakan secara portable untuk diluar ruangan atau jika kondisi dimana listrik dirumah sedang padam, dengan adanya battery laptop juga bisa mengamankan data-data kita yang sedang kita melakukan aktivitas pekerjaan dll saat lampu listrik tiba-tiba padam, jika kita menggunakan PC saat kita membuat laporan atau data-data dan listrik tiba-tiba mati kemungkinan besar data kita akan hilang atau tidak tersave apalagi kita kadang malas melakukan saving data kecuali jika menggunakan PC kita menggunakan UPS (unit power suply).
Namun apa pula yang terjadi bila battery laptop kita sudah tidak bisa bertahan lama saat digunakan alias battery sudah drop,
Maka dari itu sangat penting merawat dan perhatian khusus battery laptop agar bisa bertahan lama saat kita gunakan.
Sebelum kita membahas cara merawat battery laptop setidaknya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja sebab-sebab yang mengakibatkan battery cepat low batt, atau bahkan muncul plugged in not charging dll.
Pada umumnya battery laptop menggunakan Lithium-ion dan biasanya terdapat terdapat 6 cell dan pada masing-masing cell memiliki daya sekitar 3,6 volt DC, atau dengan kapasitas 700 mAh atau lebih, juka di akumulasi mencapai kisaran 4000 mAh atau bahkan lebih.
Penyebab battery laptop cepat lowbatt dan atau tidak tahan lama adalah dari kecepatan CPU itu sendiri melakukan pekerjaan dengan menggunakan grafis tinggi dan kapasitam memory RAM yang tinggi maka sangat dibutuhkan daya listrik yang tinggi.
Berikut adalah cara merawat battery laptop agar tahan lama.


1. Jika kita menggunakan laptop yang baru tentunya battery memiliki cadangan daya sedikit atau bahkan kosong, usahakan untuk tidak menggunakan laptop tersebut meski kondisi charging terpasang, sebaiknya charging terlebih dahulu battery laptop dengan mematikan terlebih dahulu laptop, lakukan charging hingga battery laptop benanr-benar sudah full yang biasanya ditandai dengan lampu indikator yang telah berubah warna hijau atau kuning, etc.

2. Setting Pada Power Option
Mensetting pada power option yang biasanya pada logo battery pada taskbar pojok kanan bawah dengan klik kanan lalu pilih power option kira kira akan tampil seperti gambar dibawah ini :

Jika posisi centang power plan berada posisi High Performance menyatakan bahwa battey digunakan pada performa tinggi atau Balanced menyatakan battery digunakan dalam performa sedang atau otomatis dan untuk penggunaan pada balanced sangat direcomendasikan dan jika berada pada posisi Power Saver menyatakan battery dengan performa yang cukup rendah dan memang bisa lebih tahan lama deng kondisi reduce namun ada beberapa aplikasi yang mungkin tidak bisa kita operasikan jika pada posisi power saver.

3. Tidak mengaktifkan feature yang tidak sedang digunakan atau yang tidak bermanfaat seperti Bloetooth atau wifi jika sedang tidak online, karena sinyal pada bloetooth dan wifi juga tanpa anda sadari ikut menyedot daya listrik pada battery laptop, karena jika wifi atau bloetooth aktif dimana lokasi yang tidak ada signal akan lebih memperparah lagi menguras dayanya karena system signal detection yang aktif.

4. Mendengarkan lagu atau musik pada laptop sambil bekerja di luar ruangan atau dibawah pohon memang sangat mengasikkan, namun disarankan untuk mendengarkan lagu menggunakan headset jika kita hanya mendengarkanya sendiri, karena jika kita menggunakan speaker portable akan menguras energy daya battery dan apabila kita menaikkan volume pun daya battery akan lebih banyak terkuras.

5. Lakukan setting Start UP dengan menonaktifkan centang pada aplikasi yang kita tidak butuhkan karena jika terlalu banyak yang startup akan semakin lama load dan akan menguras energy battery itu sendiri.

6. mengatur konfigurasi dengan menonaktifkan mode screen saver karena jika saat kita sedang tidak menggunakannya jika screen saver aktif akan menyerap energy battery lapotop juga alangkah baiknya jika kita mengaktifkan mode sleep dengan jangka waktu tertentu sesuai kehendak anda.


CARA MENGGANTI NAMA RECYCLE BIN


Cara mengganti nama Recycle Bin
Jika terbersit dibenak anda untu mengganti nama dari Recycle Bin mungkin itu bisa dilakukan dengan cara-cara seperti dibawah ini :

Pertama-tama tentu hidupkan komputer/laptop anda terlebih dahulu.
Setelah on/ hidup lakukan dengan cara :
- Klik Start
- Lanjutkan dengan menuju Run dan ketik Regedit lalu tekan OK
- Setelah muncul di registry editor cari HKEY_CLASSES_ROOT pada kolom sebelah kiri
- Kemudian cari CLSID  dan 
- Lanjutkan dengan mencari {645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E} 
- Kemudian klik ShellFolder
- Pada bagian kolom kanan double klik Attributes, lalu ganti Value Data dari 40 01 00 20 menjadi 
  50 01 00 20, 
- Kemudian Klik OK
- Lakukan klik double pada CallForAttributes kemudian ganti value datanya dengan angka 0 [nol]
- Kemudian klik OK

Tutup jendela registry editor dan menuju ke desktop tinggal anda mencari Recycle Bin dengan cara klik kanan pada Recycle Bin pilih rename  karena sudah aktif. Dan terserah anda akan mengubah namanya dengan nama sesuai selera anda.



CARA MEMPERCEPAT MODE SHUTDOWN 

Cara mempercepat shutdown
Buat yang ingin mempercepat shutdown pada pc atau laptop mungkin bisa dilakukan walau mungkin kita tidak membutuhkannya tapi mungkin tidak ada salahnya untuk dicoba karena ini pun tidak mempengaruhi atau ada efek lain yang mempengaruhi perangkat anda.
Memang telah diakui jika kita menggunakan OS windows 7 mode shutdownnya bisa dibilang sangat cepat, namun dengan cara dibawah ini akan membuat mode shutdown akan lebih cepat dari feature bawaannya sendiri.
Caranya adalah seperti dibawah ini :
pertama adalah klik start 
kemudian ketik regedit pada kotak Run atau kotak searh lalu tekan Enter  
selanjutnya pada kotak registry editor buka pada HKEY_LOCAL_MACHINE
klik tanda panah pada HKEY_LOCAL_MACHINE untuk membuka sub folder
seperti gambar dibawah ini
 
Selanjutnya pilih System  
kemudian lakukan yang sama pada tanda panah atau [+]di system untuk melihat sub folder
selanjutnya pilih currentControlSet 
kemudian klik panah atau tanda [+] untuk melihat sub folder dan 


selanjutnya pilih Control
dan pada box sebelah kanan klik kanan pada WaitToKillServiceTimeOut lalu pilih Modify
Maka akan tampil box edit string seperti gambar dibawah ini :
kemudian ubah nilai defaultnya lebih kecil sesuai kehendak anda agar mempercepat
mode shutdown lalu tekan OK



CARA MENGATASI YOUR CONECTION IS NOT SECURE

 
Cara mengatasi Your Conection Is Not Secure

Buat kalian yang mengalami masalah YCINS ( your connection is not secure ) pada mozilla atau google chrome, arti dari your connection is not secure bisa diartikan "sambungan koneksi internet anda sedang tidak aman" sebenarnya cara mengatasinya cukup mudah.
Namun untuk mengetahui secara pastinya maka sebelumnya klik advance seperti pada gambar dibawah ini :



karena biasanya ini terjadi karena pada website yang mempunyai Secured Socket Layer [SSL], maka setelah klik advance akan di bawa ke laman lain dengan penjelasan tentang tanggal sertifikat yang sudah habis, setelah pasti memang tanggal sertifikat yang menyebabkan, berarti anda lihat pada kalender anda pada pojok kanan bawah biasanya pasti memang tidak sesuai. 
Jadi langsung rubah kalender tersebut sesuai kalender saat ini maka permasalahan anda sudah teratasi.


CARA MENGATASI HARDDISK BAD SECTOR 


Cara mengatasi Harddisk Bad Sector
Harddisk merupakan komponen utama pada perangkat komputer,
Hardisk sebagai tempat system dan space memory partisi, namun apa yang kan terjadi bila harddisk mengalami bad sector? Tentu perangkat komputer kita performanya akan berjalan sangat lambat karna akan berdampak pada system,
Caranya segera periksa separah apa bad sector yang terjadi pada harddisk, jika resource momorynya sudah banyak termakan tentu tidak ada pilihan lain yang kita lakukan selain MENGGANTI dengan yang baru..
karena itu pasti akan mengatasi semua solusi anda.


CARA MENGATUR BATAS BANDWIDTH 


Cara mengatur batas bandwith
Windows secara otomatis mengatur Bandwith saat kita menggunakan atau mengakses internet, jadi apa yang terjadi? yang terjadi adalah proses anda surfing ke dunia maya akan di kuasai oleh windows sekitar 60 persen untuk tujuan pembaruan system dan tujuan-tujuan lainnya yang berjalan tanpa kita sadari.
Kita langsung saja ke CARANYA

Pertama hidupkan komputer anda itu pasti, dan klik Start pada kotak [search] ketik "gpedit.msc" atau bisa langsung dengan tekan logo Windows + R secara bersamaan pada keyboard.
Setelah itu tekan OK

Maka anda akan dibawa pada kotak dialog box Local Group Policy Editor seperti pada gambar dibawah ini :
Klik Computer Configuration atau panah disamping kiri [+] untuk membuka subfolder atau jika terbuka langsung klik pada bulatan merah pada Administrative templates untuk membuka subfolder
lanjutkan dengan mengklik pada Network kemudian klik pada Qos Packet Scheduler  seperti pada gambar dibawah ini :

Kemudian lanjutkan dengan Double Klik pada Limit Reservable Bandwidth pada box sebelah kanan seperti pada gambar dibawah ini :
maka akan tampil seperti gambar dibawah ini dengan mencentang Enabled maka akan muncul dialog Bandwidth limit % dengan nilai value "20" dengan mengubah ke nilai "0"
Selanjutnya anda tinggal klik tombol Aply lalu OK
Untuk dapat merasakan efeknya silahkan Restart komputer anda



CARA MENDISABLE SYSTEM INDEX SEARCH


Cara Mendisable System Index Search
Cara mendisable system index search, stop atau menonaktikannya, mungkin banyak yang belum mengetahui manfaat dari mendisable system index search tersebut, namun bagi yang sudah memahami tolong dibantu untuk penyempurnaan untuk kepentingan bersama.
Pada operation system windows 7 etc, proses index malukan aktivitasnya setiap saat dan banyak memakan resource memory, karena pada dasarnya pada proses index pada windows7 akan menggunakan space tersendiri pada harddisk untuk menyimpan berbagai macam file yang terindex. karena semakin banyak file yang terindex maka akan semakin banyak pula space memory yang dibutuhkan. maka tidak ada salahnya jika kita mendisable, karena salah satu manfaatnya pun sangat berguna untuk kinerja windows7 itu sendiri dan kita tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk proses cleaning, namun ada juga aplikasi pembersih yang bisa direkomendasikan Disini
Sebenarnya apa arti index?
Jika kita artikan index adalah kumpulan daftar file, daftar file yang diurutkan berdasar kata kunci, atau bisa juga diartikan proses pengelompokan koleksi dalam sebuah form yang berguna untuk mempermudah penandaan atau proses pemanggilan pada proses search [pencarian] berdasarkan tema atau abjad kata-kata searching. 
Caranya adalah seperti dibawah ini :
Langkah pertama adalah klik Start lalu ketik services.msc pada kotak Searh kemudian tekan Enter :
Maka setelah tapil box services seperti pada gambar diatas pilih windows searh selanjutnya klik kanan lalu pilih Property dan jika sudah tampil seperti gambar dibawah ini pada tab General klik stop
 

Kemudian klik Aply dan OK 
Demikian semoga bermanfaat



CARA MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET 



Cara Mempercepat Koneksi Internet

Pada era globalisasi ini kebutuhan akan penggunaan internet telah menjadi kebutuhan utama, entah itu dalam pekerjaan, bisnis, komunikasi, teknology, pemerintahan searching dan browsing,etc. Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi dalam segala aspek termasuk perbankan dan bursa pasar serta promosi, jika sebelum menggunakan internet segala transaksi jual beli yang dilakukan melalui tatap muka, namun setelah adanya internet untuk transaksi jual beli, perbankan, pelaporan, hingga proses tender project melalui Eprocurement contohnya serba menggunakan internet, disamping hemat biaya ruang dan waktu.
Memang untuk di indonesia sendiri bisa di akui akses internetnya masih sangat lambat dibanding negara-negara lain yang jauh lebih cepat, tapi kita mungkin tidak harus berkecil hati karena Pemerintah tidak akan tinggal diam, hingga saat inipun banyak langkah-langkah yang ditargetkan untuk memaksimalkan kecepatan pengganaan internet.
karena memang harus diakui Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet merupakan sumber informasi dan data secara cepat.
"Pucuk dicinta ulampun tiba" sebelum ulam tiba tidak ada salahnya jika kita melakukan upaya untuk melakukan cara-cara mempercepat koneksi internet kit. mungkin kita sebagai pengguna internet aktif jika koneksi internet sangat lamban pasti akan membuat kita sangat tidak nyaman. So beberapa cara dibawah ini semoga dapat membantu untuk sedikit mempercepat koneksi internet anda. :

1. Menghilangkan batas maximum Bandwith
2. Kelola tata ruang registry komputer atau laptop
3. Menggunakan openDNS
4. Matikan outlook, thunder bird
5. Jangan membuka laman web banyak
6. Mengaktifkan DNS Cache
7. Memilih Provider yang tepat
8.Memilih paket Internet yang sesuai
9. Memperbaiki posisi Antena WIFI

Tutorial on Proccess 
masih ngantuk!