CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Bagaimana Cara Mengatasi Crawl Errors Pada Webmaster


Salam Blogger

Pada kesempatan kali ini caranecom akan berbagi lagi pengalaman pada blog atas terjadinya error saat crawling pada webmaster tools atau google search console.
Permasalahan crawl errors disebabkan oleh faktor kesalahan link url yang sudah terhapus atau penyebab penggantian dan bisa terjadi sebab mengganti judul postingan atau artikel sedangkan googlebot masih melakukan perayapan pada url tersebut.
Lalu apa yang akan terjadi pada blog kita jika tidak segera kita perbaiki masalah crawling error tersebut?
Disamping ketidak nyamanan kita saat melihat terdapat crawl error pada google search console yang utama adalah dapat mempengaruhi kinerja googlebot saat melakukan perayapan lagi pada blog kita dan secara otomatis akan mempengaruhi pengindeksan pada artikel atau postingan.

Namun ada beberapa kasus yang terjadi yang sering caranecom alami yaitu:
setelah mengatasi permasalahan error crawling tersebut dan telah menghapus url yang bermasalah tadi tapi beberapa hari kemudian muncul lagi permasalahan error tersebut, 
Permasalahannya adalah :
Artikel kita tersebut sudah lama dan mesin perayapan google sudah terlalu sering menampilkan url tersebut, maka caranya adalah lakukan lagi perbaikan dan menghapus lagi error tersebut hingga tidak muncul lagi.
Permasalahan lain adalah diamana biasanya bila kita selesai membuat sebuah artikel saat selesai mempublish kita melakukan sharing diberbagai situs atau media sosial seperti tweeter, facebook atau google plus dll, dimana saat ada pengunjung yang melihat artikel tersebut dan mengklik serta pengunjung tersebut diarahkan pada halaman yang tidak dapat terjangkau not found 404, sehingga mesin perayapan menginformasikan dimana perayapan tersebut  dan menampilkan pada webmaster tools, dimana webmaster tools merupakan sarana bagi para blogger untuk memantau serta melihat perkembangan blog dan suatu sarana yang digunakan untuk mengetahui sehat dan tidaknya suatu blog.
Jadi caranya hapus dimana tempat link url yang kita share tersebut.

Kita langsung saja bagaimana langkah-langkah dalam memperbaiki crawl error pada google search console tersebut.
Pertama adalah ;
Setelah anda berada pada halaman serach console dan melihat baris url yang error tersebut silahkan salin masing-masing alamat url yang error tersebut pada notepad atau bisa kita lakukan semuanya dengan cara klik pada tombol Download kemudian pilih pada google doc. untuk menyalin seluruh baris alamat url yang error pada google doc. pada tab lain seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
Lankah selanjutnya adalah silahkan anda masuk lagi pada search console dan klik google index dan Remove URLs kemudian klik tombol Temporaliry Hide kemudian copy dan pastekan alamat url error yang sudah disalin pada google doc. pada kotak kosong tersebut kemudian klik Continue, seperti pada gambar dibawah ini.
Selanjutnya pada halaman request type kita disuguhkan 3 pilihan yaitu :
1. Temporarily hide page from search results and remove from cache
2. Remove page from cache only
3. Temporarily hide directory
Untuk ketiga pilihan tersebut pilih nomor 1. Temporarily hide page from search results and remove from cache, kemudian klik Submit Request.
Langkah terakhir adalah kembali pada halaman crawl errors tersebut kemudian centang semua baris alamat url tersebut dengan cara klik pada kotak centang yang berada disamping tulisan Priority, jika sudah tercentang semua terakhir klik Mark As Fix.
Selesai

Demikian artikel sederhana ini semoga bermanfaat
Salam Caranecom