CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN BENDUNG


METODE PELAKSANAAN
PEKERJAAN PENINGKATAN BENDUNG

LOKASI
KONTRAKTOR
TAHUN ANGGARAN

METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN

Nama Pekerjaan
Program
Lokasi
Penawar
Waktu Pelaksanaan
Tahun Anggaran

Demi memenuhi persyaratan penawaran kami untuk pekerjaan Peningkatan Bendung, dimana dipandang perlu untuk memberikan gambaran secara sepintas cara/proses pelaksanaan proyek ini, maka disini kami uraikan dalam bentuk metode pelaksanaan.
Setelah perusahaan kami ditunjuk sebagai pelaksana pada pekerjaan Peningkatan Bendung. Kami akan segera menghubungi pihak Direksi/Pengawas Lapangan yang ditunjuk oleh pejabat pembuat komitmen untuk berkoordinasi tentang persiapan yang harus dilaksanakan mengenai administrasi maupun teknis dilapangan.
Persiapan-persiapan awal seperti penyiapan administrasi untuk tanda tangan kontrak dan penyerahan Surat Perintah Kerja serta penyerahan lapangan oleh Pejabat Pembuat Komitmen, harus dilakukan terlebih dahulu sebelum melangkah ke pelaksanaan kegiatan.
Setelah hal tersebut sudah dilaksanakan maka kami akan melaksanakan kegiatan selanjutnya dengan persetujuan Direksi pekerjaan yang ditunjuk oleh Pejabat Pembuat Komitmen Kegiatan.
Secara garis besar jenis pekerjaan untuk pekerjaan Peningkatan Bendung adalah sebagai berikut :

Sebelum pelaksanaan pekerjaan dimulai kami akan melakukan pekerjaan pendahuluan yang meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

* Mobilisasi Personil, Peralatan dan Bahan ke lokasi pekerjaan Peningkatan Bendung meliputi :

  *  Mobilisasi Personil
      - General Superintendent
      - Quality/Quantity Engineer
      - Pelaksana Lapangan
      - Pelaksana K3
      - Pelaksana Administrasi/Logistik



Struktur Organisasi
Pekerjaan Peningkatan Bendung


Uraian Tugas Struktur Personil Penyedia Jasa

* Direktur

Menandatangani kontrak dan addendumnya dengan pengguna jasa/pemilik proyek
Mempelajari dan memahami kontrak kerja yang akan dilaksanakan.
Memimpin dan mengarahkan semua kegiatan pelaksanaan sesuai rencana pelaksanaan.
Memantau dan mengarahkan proses pelaksanaan pekerjaan guna mendapatkan hasil yang sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.
Melakukan monitoring dan pemeliharaan serta melakukan perbaikan bila terjadi.
Bertanggung jawab atas semua pelaksanaan baik kualitas maupun kuantitas.

* General Superintendent
Memimpin dan mengkoordinasikan pelaksanaan proyek agar dapat berjalan sesuai dengan rencana, baik menyangkut Biaya, Mutu, Waktu dan Administrasi serta membantu kelancaran proses penagihan.
Bertanggung jawab kepada : Divisi Operasional
Membawahi Site Manajer/Quality/Quantity Engineer
Terlaksananya kegiatan pelaksanaan proyek, termasuk fasilitas pendukung sesuai rencana yang ditetapkan.
Terselenggaranya Pengadministrasian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan penanganan proyek sampai dengan proses penagihan.
Tersedianya rencana kebutuhan biaya proyek secara periodik.
Terlaksananya pengendalian biaya, mutu dan waktu proyek. 
  • Terlaksananya kegiatan pelaksanaan proyek.
  • Memimpin dan mengarahkan kegaiatan pelaksanaan proyek.
  • Menyelenggarakan rapat-rapat mingguan proyek guna menjabarkan rencana pelaksanaan dan monitoringnya.
  • Aktif dalam rapat yang diadakan oleh Konsultan/Direksi, Pemberi pekerjaan dan mengusulkan hal-hal yang memperlancar pekerjaan.
  • Mengadakan hubungan dan pendekatan-pendekatan secara positif terhadap masyarakat sekeliling proyek dan penguasa setempat maupun Konsultan/Direksi agar mendukung kelancaran pekerjaan.
  • Terselenggaranya pengadministrasian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan penanganan proyek sampai dengan proses penagihan.
  • Mempersiapkan dan memproses berita acara tepat pada waktunya sesuai kemajuan proyek.
  • Tersedianya metode kerja, bahan, peralatan dan tenaga kerja yang menjadi tanggung jawabnya sesuai jadwal pelaksanaan yang telah ditetapkan.
  • Membuat Schedule bahan, peralatan sumber daya manusia dan lain-lain.
  • Mengkoordinasikan dan memonitor persediaan bahan, peralatan dan tenaga sesuai rencana.
  • Memimpin dan mengarahkan kegiatan-kegiatan pelaksanaan pengadaan dan pendistribusian bahan dan alat.
  • Melakukan pengecekan kegiatan pengusulan dan pemakaian bahan, alat dan tenaga.
  • Tersedianya rencana kebutuhan biaya proyek secara periodik.
  • Memimpin dan mengarahkan kegiatan penyusunan Cashflow proyek secara rutin dan pendistribusian biaya.
  • Melakukan pengecekan kegiatan penggunaan keuangan proyek.
  • Terlaksananya pengendalian biaya, mutu dan waktu proyek.
  • Mencatat semua hasil pekerjaan yang telah dilakukan/dilaksanakan.
  • Membandingkan realisasi pekerjaan dengan rencana yang ditetapkan.
  • Melakukan dan mengarahkan tindakan perbaikan atas pekerjaan bila terjadi penyimpangan.
  • Memantau dan mengarahkan proses kegiatan pekerjaan proyek guna mendapatkan hasil yang telah ditetapkan.
  • Memimpin rapat koordinasi kegiatan proyek termasuk dengan para subkontraktor.
  • Membuat rencana anggaran proyek (RAP) dan kegiatan perencanaan (Action Plan) review Doc. Spesifikasi Teknik, metode pelaksanaan dan menghitung kembali.
  • Menangani tugas :
  • Membuat rencana tindak lanjut/Corrective Action terhadap penyimpangan yang terjadi.
  • Membina bagian administrasi, engineering dan pelaksanaan guna peningkatan kinerjanya dalam mendukung visi perusahaan.

* Pelaksana Lapangan

Mengkoordinasikan semua pekerjaan dengan pengawas pekerjaan (direksi pekerjaan) guna kesuksesan pelaksanaan pekerjaan.Membuat rencana pelaksanaan pekerjaan, jadwal waktu pekerjaan, sehingga pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan waktu yang ditentukan.
Merencanakan pengadaan jumlah peralatan, material, bahan dan tenaga kerja serta pengaturannya di lapangan. 
Melakukan evaluasi pekerjaan dan membuat perhitungan MC 0% dan MC 100% bersama koordinator pelaksanaan (direksi pekerjaan) dan pengawas lapangan dan memonitoring pekerjaan selama masa pemeliharaan.
Mengarahkan dan memantau proses kegiatan guna menghasilkan pekerjaan yang diharapkan.
Bertanggung jawab pada seluruh hasil pekerjaan agar terselenggaranya pengendalian mutu, waktu, biaya dan kuantitas pekerjaan sesuai dengan kontrak.
Bertanggungjawab seluruh masalah administrasi kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan sampai proses penagihan (keuangan).
Melakukan diskusi dengan koordinator pelaksanaan (direksi pekerjaan) untuk evaluasi kemajuan pekerjaan.
Membuat laporan harian, mingguan dan bulanan.
Melakukan koordinasi dengan seluruh team/personil pelaksana pekerjaan.
Mengawasi pelaksanaan pekerjaan dan memberi instruksi kepada mandor mengenai kualitas dan kuantitas pekerjaan.
Menjaga dan mengamankan serta merencanakan tempat penyimpanan peralatan, bahan dan material sesuai kebutuhan dalam menunjang terlaksananya pekerjaan.
Menghitung kemajuan pekerjaan, hasil opname setiap hari bersama pengawas lapangan.
Membuat laporan harian dan mingguan bersama pengawas lapangan.
Memantau proses pelaksanaan pekerjaan guna mendapatkan hasil pekerjaan sesuai kontrak dan syarat teknis dengan prosedur pelaksanaan yang ditentukan.
Membuat atau menghitung volume pekerjaan yang terpasang, MC 0%, MC 100% dan gambar pelaksanaan bersama pengawas lapangan.
Melakukan pengambilan gambar pelaksanaan (dokumentasi) untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan.

* Pelaksana K3

Membuat rencana kesehatan dan keselamatan kerja yang dibebankan kepada seluruh jajaran yang terlibat di dalam proyek.
Berkoordinasi dengan Kepala Proyek untuk menyediakan peralatan keselamatan kerja.
Melakukan pengawasan dan pemeriksaan terkait penggunaan peralatan keselamatan kerja di lapangan.
Melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan terhadap pekerja dan seluruh jajaran yang terlibat di dalam proyek.
Mempersipkan rencana anggaran lapangan kepada project manager. 
Mempersiapkan pembayaran tagihan-tagihan dari pekerjaan, peralatan, bahan dan lainnya yang ada hubungannya dengan pekerjaan. 
Membuat laporan keuangan kepada direktur. 
Mempersiapkan pembayaran mingguan kepada pekerja sesuai laporan opname di lapangan. 
Membuat surat menyurat, administrasi kontrak, perijinan dan lain sebagainya. 
Mempersiapkan administrasi penarikan termijn kepada pengguna jasa.
 
Peralatan yang akan kami gunakan dalam proyek pekerjaan Peningkatan Bendung antara lain:

* Mobilisasi Peralatan

   - Excavator Long ARm
   - Excavator Standard
   - Dump Truck
   - Bulldozer

Serta alat bantu dan alat lain yang dilakukan perubahan saat pelaksanaan sesuai dengan arahan pemilik pekerjaan.

* Pengadaan Bahan

   - Batu Kali
   - Kawat Bronjong
   - Geotextile
   - Kayu Bowplank
   - Tiang Pancang Pipa Galv. 2"
   - Dan lain-lain sesuai kebutuhan proyek

Selanjutnya dilakukan pekerjaan pengukuran menggunakan alat ukur waterpass dan theodolite, kami melakukan pengukuran (setelah mendapatkan titik referensi) untuk membuat MC-0% selanjutnya diperoleh data ukur, setelah data ukur disetujui direksi pekerjaan kemudian dilakukan penggambaran construction drawing atau gambar kerja. Setelah gambar construction drawing disetujui direksi / pengawas, kemudian kami melakukan perhitungan volume untuk mendapatkan Addendum MC-0%. Setelah Adendum MC-0% disetujui direksi pekerjaan / pemilik proyek, kami segera melaksanakan pekerjaan fisik dilapangan.
Selama pekerjaan Pekerjaan  Peningkatan Bendung, berjalan dilaksanakan pekerjaan Administrasi dan Dokumentasi. Pekerjaan ini antara lain meliputi pembuatan request pekerjaan, laporan harian, laporan mingguan, laporan bulanan, chek list, lembar kerja, daftar simak dan kelengkapan administrasi lainnya yang diminta pihak pemilik proyek. Laporan – laporan tersebut disusun rapi / dibundel serta dibuat rangkap sesuai kebutuhan di proyek.

Rangkaian pekerjaan yang akan dilaksanakan untuk menyelesaikan Pekerjaan  Peningkatan Bendung,  adalah sebagai berikut  : 

* JENIS PEKERJAAN SESUAI YANG TERTUANG DALAM BILL OF QUANTITY

I. PEKERJAAN PERSIAPAN 

1.    Kosrekan Tanah/Stripping dan Pembersihan
 
Dalam pelaksanaan pekerjaan ini adalah membersihkan dan stripping/kosrekan areal pekerjaan sesuai dengan volume yang ada dengan cara membersihkan tanaman semak belukar yang ada disekitar lokasi dan pengupasan tanah lapisan atas agar dalam pelaksanaan pekerjaan nantinya tidak ada kendala.
Pekerjaan ini meliputi pekerjaan pengecekan dan pembersihan tempat lokasi Pekerjaan dari material dan kotoran atau sampah di proyek.
Segera Setelah akan dimulainya pelaksanaan pekerjaan maka dilakukan pengecekan hasil pekerjaan bersama dengan pihak penyelenggara pekerjaan, dan dilakukan pembersihan pekerjaan dilapangan.
Pekerjaan pembersihan lokasi mengikuti alur pelaksanaan item-item pekerjaan mengingat pekerjaan yang dilaksanakan ini pada area yang masih aktif digunakan untuk menjalani kegiatan sehari-hari, jadi pra dan pasca pekerjaan harus dalam keadaan bersih dan rapih serta tidak menimbulkan efek yang dapat mengganggu.
Pekerjaan ini dimaksudkan untuk membersihkan lokasi dari segala sesuatu yang dapat menghambat pekerjaan nantinya.
Pekerjaan perintisan dan pembersihan (clearing dan grubbing) mencakup penebangan semak-semak dan pohon, pembongkaran akar-akar pohon, mengisi lubang-lubangnya dengan tanah yang dipadatkan kemudian membakar atau membuang ke luar areal pekerjaan.
Kosrekan
Pekerjaan Kosrekan ini dilakukan untuk merapikan tanah yang sudah dilakukan pekerjaan perintisan. Pekerjaan ini dilaksanakan pada semua bidang areal pekerjaan dimana akan dilakukan.
Setelah lahan bersih maka areal yang akan dikerjakan tersebut dikupas dengan mengunakan buldoser, besaran kupasan dengan tebal ± 20 cm atau sesuai spesifikasi teknik dan gambar dengan persetujuan direksi pekerjaan.
Hasil kupasan dibuang dikanan kiri lokasi yang tidak mengganggu pekerjaan atau dibuang keluar lokasi pekerjaan di tempat yang telah disetujui oleh direksi pekerjaan.
Pelaksanaan pekerjaan Kosrekan tanah/Stripping dan pembersihan ini akan dilakukan pada minggu pertama (1) pada bulan ke 1 dengan pelaksanaan volume pekerjaan adalah 1000 m2 dengan kapasitas prosuksi alat per jam adalah : 144, 13 M2 dan  kapasitas penggusuran perhari adalah 1,008,9 M2 dengan kebutuhan alat 1 Unit Bulldozer.

2.    Pek. Pengukuran & Pasangan Bouplank

Perusahaan kami akan melaksanakan Pengukuran dan pemasangan patok bouplank untuk penampang penyesuaian gambar desain pelaksanaan yang berpedoman pada titik tetap yang ditentukan oleh direksi sebagai dasar mutual check awal.
kami akan memasang patok tetap, pada tempat yang tidak mudah berubah kedudukannya, serta patok – patok pembantu yang diberi nama dengan ukuran sesuai petunjuk direksi lapangan.
Pemasangan patok/ bouplank tersebut harus disetujui oleh direksi / pengawas lapangan.
Di dalam pelaksanaan pekerjaan pengukuran dan pemasangan Bouplank ini, kami pihak kontraktor akan selalu berkoordinasi dengan pihak direksi pekerjaan mengenai titik – titik refernsi dan kemudian di dapat titik – titik as bangunan serta awal dan ujung bangunan nantinya.
Tahap Pemasangan Patok bouplank dari kayu 5/7, untuk diketam halus atau lurus pada sisi atasnya dan dipasang Waterpass (timbang air) dengan sudut-sudutnya yang siku. Pekerjaan ini dilakukan adalah untuk menentukan dimana lokasi pembangunan yang akan dilaksanakan nantinya dan juga dalam pekerjaan ini akan ditentukan ketinggian lantai yang akan dilaksanakan.
Pemasangan Bouplank ini dilakukan bersama-sama dengan Pemilik Proyek, Pelaksana Proyek, Konsultan Supervisi (jika ada), Direksi Pengawas dan Instansi Lain yang terkait.
Pelaksanaan pekerjaan pemasangan Bouplank ini akan dilaksanakan pada minggu ke 3 dengan volume 100 m’

II.    PEKERJAAN DEWATERING
 
1.    Pengoperasian perjam pompa air diesel ao kw dengan suction head maks 3m
Kami selaku kontraktor pelaksana akan melaksanakan pekerjaan dewatering / pemompaan dengan pompa sesuai dengan spesifikasi yang dipersyaratkan atau sesuai dengan petunjuk dan arahan direksi pekerjaan.
Pelaksanaan pengoperasian pompa ini dilakukan untuk melakukan pengeringan dengan pompa air yang dijaga oleh penjaga pompa yang akan dilaksanakan selama 120 HK, yang akan kami sediakan untuk stand by pompa tersebut dimulai dari minggu ke 3 hingga minggu ke 20.

III.    PEKERJAAN TANAH
A.    Galian Tanah dengan Alat Berat (Mekanis)

1.    1 m3 Galian Tanah di Situ/Waduk

Untuk pekerjaan galian tanah di situ/waduk digunakan dengan alat berat excavator jenis long arm yangdi laksanakan pada pekerjaan galian untuk pengerukan endapan dengan metode kerja sebagai berikut  :
Galian tanah di situ/waduk  adalah pekerjaan galian dengan material hasil galian berupa tanah endapan pada umumnya, yang dengan mudah dapat dilaksanakan dengan mengunakan alat berat berupa Excavator jenis Long Arm.
Seluruh galian dikerjakan sesuai dengan garis-garis dan bidang bidang yang ditunjukkan dalam gambar atau sesuai dengan yang ditunjukkan dalam gambar kerja atau sesuai dengan yang diarahkan / ditunjukkan oleh Direksi. Galian tanah dimaksudkan untuk daerah yang bahan hasil galiannya terdiri dari tanah lumpur, pasir dan atau kerikil.
Kemiringan yang rusak atau berubah, karena kesalahan pelaksanaan harus diperbaiki. Apabila pada saat pelaksanaan penggalian terdapat batu-batu besar dengan diameter lebih besar dari 1.00 m yang tidak dapat disingkirkan dengan alat excavator, maka pembayaran volume ini akan termasuk kedalam pembayaran item Galian Batu atas sepengetahuan Direksi pekerjaan.

Penggalian dilaksanakan secara sistematik agar tidak menggangu pekerjaan lain ataupun pekerjaan saat penggalian itu sendiri, pelaksana pekerjaan harus selalu ada di lapangan untuk mengarahkan operator excavator dalam bekerja.
Hasil galian yang tidak memenuhi syarat dibuang dengan persetujuan Direksi pekerjaan pada lokasi yang telah ditentukan.

Pelaksanaan Pekerjaan Galian Tanah di Situ/Waduk ini akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal waktu pelaksanaan pekerjaan adalah 120, 32 Hari Kerja atau 18 Minggu yang akan dilaksanakan dari minngke 3 setelah pelaksanaan persiapan selesai dilaksanakan dengan voume = 44.587, 15 M3 sesuai yang tercantum dalam Bill of Quantity.
Dalam pelaksanaan pekerjaan galian tanah di situ/waduk ini akan mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja dengan menggunakan cara standard, dengan menggunakan peralatan safety untuk para pekerja sesuai peraturan keselamatan yang berlaku, atau sesuai dengan petunjuk dan arahan Direksi Pekerjaan.
B.    Pekerjaan Pembuangan / Pengangkutan
1.    DT Angkut Material atau Hasil Galian Sejauh 1 Km

Material tanah hasil galian dari situ/waduk yang telah di gali kemudian di angkut menggunakan alat jenis Dump Truck untuk dibuang ke lokasi pembuangan yang telah ditentukan oleh pemilik pekerjaan dengan menggunakan wxcavator standard untuk memuat tanah hasil galian tersebut kedalam Dump truck.
Pelaksanaan Pekerjaan pembuangan/pengangkutan ini akan dilaksanakan sesuai dengan jangka waktu pelaksanaan pekerjaan adalah 111, 13 Hari Kerja atau 16 Minggu yang akan dilaksanakan dari mingke 6 hingga minggu ke 21 dengan voume = 26.752, 50 M3 sesuai yang tercantum dalam Bill of Quantity.
Dalam pelaksanaan pekerjaan pembuangan/pengangkutan ini akan mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja dengan menggunakan cara standard, dengan menggunakan peralatan safety untuk para pekerja sesuai peraturan keselamatan yang berlaku, atau sesuai dengan petunjuk dan arahan Direksi Pekerjaan.


2.    Tanah dihampar, diratakan dan dirapikan

Pelaksanaan pekerjaan penghamparan tanah meliputi penghamparan tanah yang diratakan dan dirapikan.
Pelaksanaan pekerjaan ini akan kami gunakan alat berat jenis Excavator untuk melakukan perapihan, dan jika dimungkinkan untuk penghamparan akan dibantu dengan menggunakan alat berat jenis Bulldoser.
Pelaksanaan penghamparan dan perapihan tanah ini akan dilakukan sesuai dengan gambar rencana atau sesuai dengan petunjuk serta arahan dari Direksi pekerjaan untuk membentuk tanah menjadi terartur dan baik.
Pelaksanaan Pekerjaan penghamparan tanah dan perapihan ini akan dilaksanakan sesuai dengan jangka waktu pelaksanaan pekerjaan adalah 87,76 Hari Kerja atau 13 Minggu yang akan dilaksanakan dari mingke 10 hingga minggu ke 22 dengan voume = 26.752, 50 M3 sesuai yang tercantum dalam Bill of Quantity.
Dalam pelaksanaan pekerjaan penghamparan tanah dan perapihan ini akan mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja dengan menggunakan cara standard, dengan menggunakan peralatan safety untuk para pekerja sesuai peraturan keselamatan yang berlaku, atau sesuai dengan petunjuk dan arahan Direksi Pekerjaan.

IV.    PEKERJAAN PASANGAN BRONJONG
1.    Pas. Bronjong Pabrikasi (tenaga kerja untuk 1 M3)

Bronjong terdiri dari anyaman kawat yang membentuk anyaman dengan jenis bronjong pabrikasi yaitu panjang (P) = 2 M dan Lebar (L) = 1 M serta tinggi (T) 0,5 M  sesuai dengan gambar. Keranjang bronjong harus mempunyai rangka yang diikat erat dengan anyaman pada pinggir keranjang.
Bahan baku bronjong berupa kawat Digalvanis berdasarkan SNI 03-6145-1999 Kawat Bronjong dan Batu yang akan digunakan untuk mengisi bronjong harus kokoh, bentuk anyaman bersagonal dengan lilitan ganda dan harus simetri. Lilitan harus erat dan tidak terjadi kerenggangan hubungan antara kawat sisi dan kawat anyaman dililit minimum 4 kali sehingga bronjong kawat mampu menahan beban dari segala jurusan.
Sebelum membuat bronjong, terlebih dahulu harus membuat contoh bronjong dilapangan untuk diperiksa oleh Direksi dan mendapatkan persetujuan. Semua pekerjaan selanjutnya harus sesuai dengan contoh elevasi yang tercantum dalam gambar rencana atau sesuai dengan petunjuk Direksi.
Sebelum dipasang pada tempatnya, bronjong harus direntangkan supaya mencapai ukuran yang sebenarnya dan semua pinggirnya harus diikat dengan kawat sesuai dengan petunjuk Direksi. Tiap jajaran bronjong harus diikat dengan kawat terhadap jajaran sebelahnya pada pinggir bagian atas dan bawah dan pada sudutnya.
Bila dibutuhkan bentuk yang khusus, maka bronjong harus dipotong dengan rapi dan ujung potongannya harus diikat erat-erat dengan kawat bersama-sama dengan bagian mana saja yang memungkinkan dari ujung bronjong yang bersambungan dengannya. Pada bagian dalam dari lengkungan yang tidak nampak dari penglihatan, maka lubang anyaman akan mengkerut dan harus diikat erat–erat supaya menghasilkan bentuk yang dikehendaki. Sambungan diantara Bronjong harus seragam berselang-seling dengan bagian yang teratur yang disetujui oleh Direksi.
Permukaan tanah tempat bronjong yang akan dibangun harus diratakan sebelum keranjang bronjong dipasang.
Tiap bronjong harus diisi dengan batu dengan tangan secara cermat menggunakan tenaga manusia, sehingga penempatannya memperkecil volume rongga diantara batu dalam keranjang yang telah terisi penuh. Bronjong harus diisi sampai 25 mm melebihi sisi bagian atas sehingga tutupnya dapat merenggang erat diatas batu sebelum ikatan kawatnya mengendor, jajaran bronjong yang berdampingan harus diisi sampingnya tidak menonjol. Haruslah dijaga agar supaya bronjong tidak berubah bentuknya selama diisi.
Begitu seterusnya lapis demi lapis sesuai dengan ketentuan dan spesifikasi teknis yang telah ditentukan.
Pelaksanaan Pekerjaan Bronjong kawat pabrikasi ini akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal waktu pelaksanaan pekerjaan adalah sekitar 80 Hari kalender atau 12 Minggu yang akan dilaksanakan mulai pada minggu ke 11 hingga minggu ke 22 setelah pelaksanaan galian serta elevasi telah disetujui dan dilaksanakan dengan voume = 2.400,00, 03 M3 sesuai yang tercantum dalam Bill of Quantity.
Dalam pelaksanaan Pekerjaan Bronjong kawat pabrikasi ini akan mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja dengan menggunakan cara standard, dengan menggunakan peralatan safety untuk para pekerja sesuai peraturan keselamatan yang berlaku, atau sesuai dengan petunjuk dan arahan Direksi Pekerjaan.

2.    Pas. Geotekstile Tipe B Tebal Sedang
Sebelum pelaksanaan pemasangan geotextile kami terlebih dahulu mengajukan request kepada direksi pekerjaan,
Pekerjaan  Geotextile  dipasang  di belakang  pasangan  bronjong  agar material  backfill  yang berupa pasir berbatu tidak lolos keluar melalui celah batu bronjong.
Pelaksanaan Lapisan Geotekstile ini akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal waktu pelaksanaan pekerjaan adalah sekitar 7,11 Hari kalender atau 2 Minggu yang akan dilaksanakan mulai pada minggu ke 11 dan minggu ke 12 sebelum pas. Bronjong disusun dan terikat dan telah disetujui.
Volume geotekstile dilaksanakan dengan voume = 200 M2 sesuai yang tercantum dalam Bill of Quantity.

Dalam pelaksanaan Pas. Lapisan Geotekstile
 ini akan mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja dengan menggunakan cara standard, dengan menggunakan peralatan safety untuk para pekerja sesuai peraturan keselamatan yang berlaku, atau sesuai dengan petunjuk dan arahan Direksi Pekerjaan.

3.    Pipa Galv. 2” Medium A P = 2 M
Pemasangan tiang pancang ini dimaksudkan sebagai pondasi sekaligus untuk memperkuat posisi bronjong, terutama posisi bronjong bagian depan. Dalam pelaksanaan pekerjaan tiang pancang dapat dilaksanakan dengan ketentuan dan spesifikasi sebagai berikut :
Pipa yang dipakai menggunakan pipa dari bahan Galvanis dan berdiameter 2 inch. Pipa yang akan dipakai, dipotong-potong sampai mencapai ukuran sesuai syarat-syarat dalam spesifikasi teknis dan persetujuan direksi pekerjaan.
Pemasangan tiang pancang dilaksanakan setelah setelah kawat bronjong lapisan pertama diletakkan dan sebelum batu pengisi bronjong dipasang.
Pemacangan tiang pancang tersebut harus mencapai kedalaman yang disyaratkan oleh Direksi Pekerjaan/Konsultan Pengawas dan harus muncul 1 meter diatas dasar sungai atau mencapai ketinggian yang sama dengan 2 lapisan dasar pasangan bronjong.
Jarak dan jumlah tiang pancang setiap 1 anyaman kawat bronjong adalah sesuai dengan gambar bestek.
Harus diperlihatkan kepada direksi dan mendapatkan persetujuannya mengenai pemancangan tersebut, untuk melanjutkan pemasangan lapisan kedua dari pada pasangan bronjong tersebut.
Pekerjaan Tiang pancang Pipa galvanis 2” dengan volume 120 ujung dilaksanakan dengan jangka waktu pelaksanaan selama ± 16,67 Hari atau 3 minggu dan dilaksanakan pada minggu ke 11, 12 dan 13,

V.    PEKERJAAN PINTU
1.    Pembuatan Pintu Besi Plat Baja T. 10 mm Rangkap, Rangka Baja Besi U

Sebelum pelaksanaan pekerjaan pembuatan pintu besi kami selaku kontraktor pelaksana terlebih dahulu mengajukan request kepada Direksi pekerjaan untuk mendapat persetujuan serta arahan.
Pelaksanaan pekerjaan pembuatan pintu besi plat baja t. 10 mm mencakup pengadaan dan pemasangan, dimana material pintu baja ini akan kami buat di bengkel yang kami tunjuk dan telah mendapat persetujuan dari Direksi pekerjaan.
Pekerjaan Pintu mencakup pengadaan dan pemasangan.
Adapun masing-masing kebutuhan pintu untuk pembangunan bendung antara lain :
Bahan untuk Pintu akan dipasang setelah terlebih dahulu dibuat dibengkel/pabrik tempat pembuatan pintu yang disetujui oleh pihak Direksi.
Dimensi dari pintu air yang diperlukan ditunjukkan pada gambar. Untuk pintu GAMBAR-GAMBAR” atau sesuai dengan petunjuk dan arahan direksi.
Pintu plat baja yang direncanakan, diproduksi dan dilaksanakan pemasangannya, hanya oleh suatu pabrik yang sudah disetujui dan namanya tercantum dalam daftar yang telah disetujui oleh pemilik proyek/ Direksi, pembuatan pintu-pintu. Pembuatan dan pengadaan pintu akan dilaksanakan atas dasar Sub-Kontrak oleh Penyedia jasa Utama, yang akan bertanggung jawab atas pemesanan dan administrasinya. Penyedia jasa dalam penawarannya akan menyertakan Sub-Kontrak yang akan membuat pintu berikut spesifikasi teknis dan material sesuai dengan penawarannya.
Dalam lampiran analisa harga pintu akan dibedakan antara : 
• harga pengadaan dan pembuatan pintu,
• harga pengepakan dan pengangkutan dari pabrik sampai ke lokasi dan
• harga pemasangan.
Penyedia jasa akan memilih Pabrik yang mempunyai peralatan dan kemampuan serta bersedia membantu Direksi dalam hal pengujian dan pemeriksaan terhadap bahan/material yang digunakan dan terhadap hasil akhir pekerjaan. Sebelum pembuatan pintu dimulai, maka Penyedia jasa akan menyiapkan Gambar Pabrikan (shop drawing) dan diperiksakan kepada direksi pekerjaan guna mendapatkan persetujuan. 

Pekerjaan pintu ini akan dipesan oleh penyedia jasa 15 (lima belas) s/d 30 hari sebelum pemasangan atau sesuai dengan petunjuk dan arahan Direksi Pekerjaan.
Pengukuran   pekerjaan   Pemasangan Pintu   diukur   menurut   Pintu   yang   terangkai   atau terpasang sesuai dengan konstruksi bangunan yang dibuat berdasarkan gambar rencana.
Pada pelaksanaan pekerjaan pintu plat baja rangkap ini akan kami laksanakan pada minggu ke 17 hingga minggu ke 20 atau sama dengan 4 minggu

VI.    PEKERJAAN LAIN-LAIN
1.    Papan Nama Pekerjaan Multipleks 18 mm Frame Besi Siku Tiang Kayu 8/12
Pembuatan papan Nama pekerjaan dibuat pada lokasi bangunan untuk memberikan ciri atau tanda pada bangunan tersebut.
Penyedia jasa terlebih dahulu akan mengajukan desain dan spesifikasi teknis pekerjaan ini kepada Direksi untuk mendapat persetujuan.
Pemasangan papan nama proyek dilokasi kerja, dan untuk pemasanganya berupa jumlah, ukuran dan tulisan pada papan nama proyek di buat sesuai dengan ketentuan yang di tetapkan dan akan di lakukan sebelum kegiatan pekerjaan di mulai.
Papan Nama Proyek akan dibuat dan dipasang pada awal pelaksanaan kegiatan.
Papan Nama Proyek ini dibuat dari multipleks 18 mm dengan dengan frame siku dan kayu tiang (8/12) dengan tinggi sesuai dengan gambar dan dicat dasar warna yang sesuai dan huruf cetak berwarna hitam yang berisi informasi mengenai cakupan kegiatan yang akan dilaksanakan, antara lain :
Nama Kegiatan
Pekerjaan yang harus dilaksanakan
Biaya pekerjaan/ nilai kontrak
Sumber dana
Jangka waktu
Nama penyedia jasa

Papan nama proyek dipasang pada lokasi yang mudah dilihat oleh masyarakat,serta tidak mengganggu lalu lintas

Pengukuran   pekerjaan   Pemasangan Papan Nama diukur   menurut   gambar rencana atau sesuai dengan petunjuk dan arahan Direksi

Pelaksanaan pekerjaan papan nama pekerjaan kami laksaakan pada minggu ke 1

2.    Mobilisasi dan Demobilisasi
Sebelum dimulainya pelaksanaan pekerjaan, pada tahap awal pelaksanaan adalah memobilisasi tenaga kerja, bahan dan  peralatan yang disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.
Tahapan yang akan dilaksanakan dalam periode mobilisasi ini adalah :
Mobilisasi personil lapangan yang memenuhi jaminan kualifikasi (sertifikasi) menurut cakupan pekerjaannya.
Mobilisasi/pemasangan peralatan sesuai dengan daftar peralatan  yang tercantum dalam penawaran.
Penyediaan dan pemeliharaan base camp kontraktor, jika perlu termasuk kantor lapangan, tempat tinggal,
Mobilisasi/Demobilisasi alat pekerjaan ini dilakukan melalui jalur darat dengan menggunakan alat jenis mobil Trailler yang kapasitasnya disesuaikan dengan jumlah dan jenis alat diangkut kelokasi pekerjaan.
Semua alat-alat berat yang digunakan dalam pelaksanaan pekerjaan harus sudah berada dilokasi pekerjaan. Untuk metode pelaksanaan pekerjaan mobilisasi/Demobilisasi alat dilaksanakan secara bertahap tergantung jenis dan jumlah alat yang rencana digunakan dilapangan.
Ukuran pembayaran Mobilisasi/Demobilisasi dibuat berdasarkan harga satuan Lump Sump   (Ls)  yang  telah  ditetapkan  dalam  Bill  Off  Quantity  (BOQ).  Harga  satuan tersebut telah termasuk seluruh biaya pekerja, bahan-bahan dan peralatan yang dipergunakan.
Pelaksanaan mobilisasi dilaksanakan ± 4 minggu dimana pengiriman yang dilakukan mulai pada minggu ke 1 ke 2 dan ke 3 sedangkan untuk Demobilisasi akan dilaksanakan pada minggu ke 23 setelah peralatan tidak lagi dibutuhkan dan telah mendapat persetujuan dari pemilik pekerjaan.

3.    Fasilitas
Kontraktor akan menyediakan fasilitas berupa kantor lapangan (Direksi keet), kantor, barak bengkel, gudang dan lain-lain, ruang lab dan klinik yang layak untuk dipakai, ketentuan dan perlengkapan sebagai berikut :
a.    Ruang Direksi keet dilengkapi dengan meja Biro + kursi, kursi tamu dan lemari arsip
b.    papan tulis White Board ukuran sesuai kebutuhan
c.    luas dinding yang cukup sebagai panel gambar –gambar teknis, laporan cuaca, time Schedule.
d.    Buku Direksi, Buku Tamu, Kalkulator dan alat tulis menulis yang diperlukan
1.    Ketentuan dan kebutuhan lainnya yang akan dipenuhi kontraktor sesuai petunjuk Direksi :
a.    Barak karyawan (jika dibutuhkan)
Kontraktor akan menyediakan barak karyawan yang layak tinggal
b.    Gudang untuk menyimpan bahan – bahan / material dan peralatan
c.    fasilitas Air bersih
d.    Fasilitas Penerangan (listrik)
e.    Fasilitas PPPK (Pertolongan pertama pada Kecelakaan)
f.    Fasilitas Keamanan
g.    Fasilitas transportasi untuk keperluan pengawasan
h.    Instrumen Komunikasi (handy Talky)
i.    segala biaya yang berhubungan dengan biaya diatas menjadi tanggung jawab Kontraktor, dan sudah termasuk dalam Daftar Kuantitas dan Harga. Untuk pembayar satuan mata pembayar ini adalah dengan cara Lump Sump.

4.    Kebutuhan Lain-lain
Pada pelaksanaan pekerjaan kebutuhan lain ini mencakup perkuatan jalan yang dilalui, perkuatan jembatan yang dilalui pengaturan alur lalu lintas, transportasi peralatan serta biaya yang mencakup kesehatan dan keselamatan kerja dilapangan.
Jalan masuk/akses menuju lokasi Pekerjaan Pembangunan Bendung dapat ditempuh melalui jalan darat dari Ibukota dan selanjutnya ke lokasi pekerjaan tersebut dapat ditempuh melalui  jalan    kabupaten  dan jalan  lokal  yang  berdekatan  dengan  lokasi pekerjaan.


Penyedia akan mengikuti dan mematuhi peraturan dan ketentuan hukum yang berhubungan dengan angkutan umum di jalan raya dan bertanggung jawab terhadap kerusakan akibat pengunaan jalan tersebut.
Penyedia akan membangun jalan sementara sebagai jalan kerja ke seluruh wilayah kerja yang akan dipergunakan selama jangka waktu pelaksanaan pekerjaan.
Penyedia juga berkewajiban melengkapi jalan kerja tersebut dengan bangunan pelengkap/penunjang yang diperlukan misalnya jembatan sementara atau lama untuk melintasi sungai atau fasilitas lainnya dan jalur lainnya serta memperbaiki atau memperkuat fasilitas yang ada   dengan balok-balok kayu sehingga fasilitas tersebut dapat berfungsi sebagai jalan kerja ke seluruh wilayah kerja/proyek.
Semua pekerjaan Penyedia dalam hubungannya dengan penggunaan jembatan dan jalan masuk diatur sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu lalu lintas jalan dan harus mendapat persetujuan Dinas terkait lainnya.
Penyedia juga akan menggunakan tanah yang sudah dibebaskan oleh pemilik pekerjaan untuk keperluan jalan masuk ke daerah kerja pekerjaan, bila Penyedia membutuhkan tambahan jalan masuk demi kelancaran pekerjaan.
Dalam hal  tersebut  di  atas  Penyedia  akan  membuat  permohonan  tertulis  kepada  pemilik pekerjaan untuk penggunaan jalan masuk dan bertanggung jawab atas pemeliharaan jalan masuk atau pun bangunan yang digunakan oleh Penyedia selama pelaksanaan pekerjaan.

5.    Foto Dokumentasi menggunkan Camera Digital
Setiap item pelaksanaan pekerjaan akan kami dokumentasikan mulai dari   awal 0 % yaitu sebelum mulai pekerjaan, selanjutnya didokumentasikan dan di gambar 50 % pekerjaan yang telah dilaksanakan, dan dokumentasi pekerjaan tahap 100 % sebelum penyerahan pertama.
Dokumentasi yang dimaksud termasuk foto-      foto dan video.
Foto dokumentasi harus menunjukkan semua aktifitas konstruksi sebelum, selama dan sesudah selesainya pelaksanaan (0%, 50%,100% dari progress pekerjaan).

Foto-foto diatas harus menggambarkan kondisi lapangan pada lokasi yang sama secara terus-menerus dan diserahkan Penyedia kepada PPK Pemilik pekerjaan / Direksi.
Disamping  foto-foto  tersebut  masih  diperlukan  foto  detail  pada  bagian  pekerjaan  yang dipandang  penting  misalnya:  bagian  konstruksi  yang  akan  terbenam  timbunan  tanah (embedded-material), Bronjong, lapisan geotextile dll.

6.    Coppy atau pengadaan Buku/Laporan (Coppy/Jilid)
Copy dan pengadaan buku untuk pelaporan adalah hal yang wajib kami lakukan guna memberikan data-data dan informasi serta perekaman pelaksanaan pekerjaan yang akan diserahkan nanti kepada pemilik pekerjaan yang meliputi copy pengadaan buku meliputi: progress pekerjaan, jumlah staf, pekerja, peralatan dan bahan serta informasi perihal cuaca dilapangan.
Seluruh biaya yang diperlukan oleh Penyedia untuk kegiatan tersebut di atas sudah diperhitungkan dalam biaya lumpsum termasuk pengadaan kamera digital, cetak foto, dan DVD untuk electronic file, yang tercantum dalam Daftar Kuantitas dan Harga.
Adapun Laporan2 yang akan kami siapkan antara lain :
1.    Laporan Bulanan
Laporan Bulanan Merupakan Rekap dari Laporan Mingguan yang berisi antara lain:
 Presentase Kemajuan Pekerjaan sesuai dengan hasil pemeriksaan bersama (Opname).
Program Kerja dan Rencana kegiatan dalam waktu 2 (dua) Bulan kedepan disertai rencana tanggal permulaan dan penyelesaian.
Daftar Personil dan jumlah Tenaga Kerja.
Daftar Peralatan yang dioperasikan.
Volume bahan yang terpakai dan sisa bahan (stock) yang ada dilapangan.
Progress per item pekerjaan untuk tiap-tiap bangunan atau bagian konstruksi.
Progress Pembayaran dan rencana tagihan bulan berikutnya.
Hasil pengujian lapangan dan Laboratorium
Permasalahan yang dijumpai dilapangan dan risalah rapat2 pelaksanaan.
2.    Laporan Harian dan Mingguan
Laporan harian adalah Progress pekerjaan perhari yang diserahkan kepada Direksi dan Konsultan yang mencakup progress volume tiap-tiap item pekerjaan untuk tiap-tiap bangunan disertai catatan volume bahan yang terpakai, perlatan yang digunakan dan jumlah tenaga kerjanya.
    Laporan Harian dibuat 3 (tiga) rangkap yang ditandatangani atau di paraf oleh masing –masing : Dibuat oleh Kontraktor, diperiksa oleh Konsultan dan disetujui oleh Direksi.
    Laporan Harian selanjutnya direkap menjadi Laporan Mingguan yang akan diserahkan pada Direksi dan pada saat rapat Mingguan.
Pengukuran   pekerjaan   Administrasi dan Foto dibuat berdasarkan harga satuan Lump Sum  (Ls)  yang  telah  ditetapkan  dalam  Bill  Off  Quantity  (BOQ). 
Harga  satuan tersebut telah termasuk seluruh biaya pekerja, bahan-bahan dan peralatan yang dipergunakan.
Pelaksanaan pekerjaan ini dilaksanakan secara rutin pada tiap hari kerja dalam pelaksanaan pek. Peningkatan bending ini dari mulai hingga selesai.

7.    As Built Drawing

Gambar As Built Drawing adalah gambar purna laksana yang disiapkan berdasarkan gambar kontrak dan syarat-syarat dalam spesifikasi yang diminta dan menunjukkan dengan cukup rinci meliputi:
-     hasil setiap bagian pekerjaan termasuk ukuran/dimensinya;
-    hasil topografi  dan  elevasi  muka  tanah  hasil  pengukuran  (opname)  lapangan  yang dilakukan sesuai dengan ketentuan atau atas perintah Direksi Pekerjaan;
-     semua hasil perhitungan yang diperlukan;
-     hasil wujud dan sifat bahan yang akan digunakan;
-    rincian hasil pelaksanaan termasuk penempatan/pemasangan komponen   bangunan.

Semua gambar As Built Drawing yang disiapkan oleh Penyedia harus disetujui dan ditanda tangani oleh Pemilik Pekerjaan .
Gambar  pekerjaan  penunjang/sementara  akan  disediakan  Penyedia  untuk  menunjukkan lokasi bangunan penunjang/bangunan sementara yang memperlihatkan secara rinci bagian- bagian dari bangunan penunjang/bangunan sementara meliputi: kantor, fasilitas perumahan, gudang, jalan akses, dan lain-lain yang akan dibangun oleh Penyedia di lokasi pekerjaan.
pekerjaan penunjang/pekerjaan sementara untuk diperiksa dan mendapatkan persetujuan Direksi.
Gambar  purna  bangun (As Built Drawing)  harus  secara  teliti  menggambarkan  pekerjaan  yang telah  selesai dilaksanakan  dilapangan  termasuk  adanya  perubahan  desain,  modifikasi,  variasi  dan instruksi lengkap dengan rincian konstruksi dan dimensinya.

TAHAPAN PELAKSANAAN PEKERJAAN Guna memberikan gambaran secara mendetail tentang metode pelaksanaan pekerjaan Peningkatan Bendung  maka kami memberikan urutan serta tahapan dalam pelaksanaan pekerjaan sebagai berikut :
1.   Papan Nama Pekerjaan
2.   Mobilisasi dan Demobilisasi
3.   Kenutuhan Lain-lain
4.   Foto Dokumentasi
5.   Kosrekan Tanah/Stripping dan Pembersihan
6.   Fasilitas
7.   Pelaporan coppy jilid
8.   Pasangan Bouplank
9.   Galian Tanah di situ/waduk (A)
10. Pemompaan
11. DT Angkut material atau hasil galian sejauh 1 Km
12. Tanah dihampar, diratakan dan dirapihkan
13. Lapisan Geotekstile
14. Pasangan Bronjong Pabrikasi
15. Tiang Pancang Pipa Galv. 2 “ P = 2 M
16. Pembuatan Pintu plat Baja t. 10 mm
17. As Built Drawing dan
18. Demobilisasi

Setelah seluruh pekerjaan fisik selesai,  dilakukan perbaikan jalan akses ke lokasi pekerjaan yang rusak akibat kendaraan alat berat yang melewati jalan tersebut, kemudian dilanjutkan dengan pembongkaran Direksi keet, bongkar bouplank, dan pembuangan sisa pekerjaan agar lokasi pekerjaan bersih dari kotoran. Kemudian dilakukan Demobilisasi alat-alat, tenaga kerja serta bahan – bahan dan alat – alat berat yang ada dilokasi pekerjaan. Mengadakan pengukuran akhir dalam rangka pembuatan as-built drawing dan MC 100%.

Dalam rangka Serah Terima Pertama,  diperlukan kelengkapan :
1.    Foto visual 0 % s/d 100 %
2.    Kontrak Awal dan Addendum Kontrak
3.    Rencana Mutu Kontrak
4.    Laporan harian, mingguan dan bulanan
5.    Berita Acara pembayaran fisik
6.    MC 100 %
7.    Shop Drawing
8.    As Built Drawing
9.    Dan lain-lain yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan
Selanjutnya bersama direksi pekerjaan bersama-sama secara berkala melakukan pengecekan dilapangan pada saat waktu masa pemeliharaan, dan apa bila di temui kerusakan segera diperbaiki.

Demikian metode pelaksanaan pekerjaan ini dibuat sebagai kelengkapan dokumen penawaran  Paket Pekerjaan  Peningkatan Bendung atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

 Salam Caranecom