CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

Cara Membuat Pecel Lele Sambel Tauge - Ketagihan


Tauge
di Indonesia Pecel Lele merupakan makanan khas Jawa Tengah yang terdiri dari Ikan Lele dan Sambel sebagai Bumbu atau dengan istilahnya adalah Pecek lele.

Pecel lele
Untuk panganan pecel lele termasuk makanan yang murah meriah yang banyak dijumpai di kota-kota pinggiran jalan yang biasa di sebut PKL atau Sari Laut, Lesehan.

Peminat pecel lele di indonesia sangat besar bahkan saya sendiri sangat menyukai makanan pecel lele terutama pecel lele sambel ijo atau yang akan kita bahas kali ini yaitu Pecel Lele Sambel Tauge yang memiliki cita rasa tersendiri
Cara membuat pecel lele adalah sebagai berikut :

Menyiapkan bahan
Bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut :
2 Ekor Lele yang masih segar agar di dapat cita rasa yang lebih jreng
Kol,
Ketimun
Kemangi dan
Selada Secukupnya.

Menyiapkan Bumbu 1
Bumbu-bumbu yang musti dipersiapkan meliputi :
Bawang Putih 1 Siung

Bawang Merah 3 Siung
Cabe Merah/Ijo
Cabe Rawit
Tomat 1/2 butir ukuran sedang
Jeruk Lemon 1 buah
Gula Merah
Terasi dan
Garam Secukupnya
 
Menyiapkan Bumbu 2
Cabe Ijo
Capar/Tauge

Cara Membuat :
Bumbu 1
Cuci bersih bumbu 1 yang terdiri dari  Bawang Putih, Bawang Merah, Cabe, Tomat, Terasi, Gula dan Garam dihaluskan untuk membuat sambel pecel, kemudian tambahkan air jeruk sebagai penambah cita rasa; Setelah selesai sisihkan

Bumbu 2
Cuci bersih cabe ijo kemudian Cabe ijo di potong-potong ukuran 5- 6 mm untuk banyaknya cabe ijo yang akan kita gunakan disesuaikan dengan banyaknya tauge yang akan kita gunakan pula.
Setelah cabe ijo selesai dipotong selanjutnya di kukus dan tidak usah terlalu lama kemudian angkat dan siapkan wajan penggorengan dengan dioseng minyak bekas gorengan lele dan tambahkan bumbu penyedap jika perlu tambahkan terasi; angkat dan dinginkan sejenak lalu campurkan pada tauge yang telah dibersihkan (tauge harus dalam kondisi segar) dan diaduk hingga merata.

Goreng/Bakar lele yang telah diiris-iris sesuai selera ingin goreng kering atau tidak, angkat dan tiriskan.
Pecel lele siap di sajikan, sajikan juga bumbu 1 dengan di hiasi kol, irisan ketimun dan kemangi serta selada, serta sajikan juga bumbu 2 yaitu sambel tauge.
Pecel lele sambel tauge siap disantap, jika ingin membuat pecel lele dalam jumlah banyak sebaiknya jangan lupa bagikan ke tetangga kita agar tetangga kita ikut merasakan nikmatnya pecel lele sambel tauge buatan anda.

Demikian cara membuat pecel lele sambel tauge ini semoga bermanfaat

Selamat menikmati