CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

BUAH PISANG MEMILIKI BANYAK MANFAAT


Pisang merupakan tumbuhan terna berdaun besar dan memanjang dan menghasilkan buah konsumsi dengan nama "Pisang". Buahnya bersusun dalam tandan dan tersusun-susun seperti jari yang disebut "Sisir". Jenis pisang juga berbagai macam untuk di Indonesia terdapat jenis pisang antara lain : Pisang Ambon, Pisang Kepok, Pisang Raja, Pisang gapi, pisang goroho dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk pengolahannya juga berbagai macam ada yang di goreng, dibuat keripik, di bakar pisang molen dan macam-macam menu untuk bahan pisang.

Pisang ternyata mempunyai kandungan gizi yang sangat baik, dan menediakan energi yang cukup tinggi dibanding buah-buahan lain, serta pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, serta kalsium, dan pisang juga ternyata mengandung vitamin C, B kompleks, B6 dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Dalam 100 gram pisang terdapat :
Besi 2 miligram
seng 0,8 miligram
B6 0,5 miligram
Provitamin A, betakaroten 45 miligram

Nilai energi pisang antara 136 kalori untuk setiap 100 gram yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat, Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi daripada apel. Apel dengan berat yang sama 100 gram hanya mengandung 54 kalori. Karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan roti. Maka dari itu banyak pekerja, atlet yang saat istirahat mengonsumsi pisang sebagai cadangan energi.

Kandungan energi pisang merupakan energi instan yang mudah tersedia dalam waktu singkat sehingga manfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh. 

Jadi pisang adalah alternatif terbaik untuk menyediakan energi di saat-saat istirahat atau jeda, pada waktu otak sangat membutuhkan energi yang cepat tersedia untuk aktivitas biologis.

Satu hal lagi yang sangat bagus dari pisang yang kandungan lemaknya hanya 0,13 persen saja sehingga tidak perlu takut kegemukan meski mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat. Selamat berkreasi dengan pisang.