CARANECOM

Caranecom is a Informative Blogging, place of Information and Learning

FORMAT LAPORAN PROGRES FISIK PROJECT Session 1


Session 1

Assalumuallaikum WrWb.

Pada kesempatan kali ini Caranecom akan berbagi cara membuat laporan progres fisik pelaksanaan pekerjaan project beserta formatnya.

Dalam pelaksanaan pekerjaan khususnya pekerjaan konstruksi entah itu project Pemerintah ataupun project milik swasta laporan progress adalah salah satu hal penting guna mengetahui perkembangan dan capaian volume pekerjaan berhubungan dengan persentase bobot fisik, penggunaan material/bahan, penggunaan tenaga kerja serta penggunaan peralatan kerja dan biaya.

Laporan progress fisik pekerjaan dilapangan harus dibuat oleh pelaksana dilapangan atau quantity Engineer.

Dalam pembuatan laporan progress fisik pekerjaan meliputi :
- Kendali Pekerjaan
- Laporan Harian
- Laporan Penggunaan Tenaga
- Laporan Penggunaan Bahan
- Laporan penggunaan Alat
- Laporan Mingguan
- Curva S Mingguan
- Laporan Bulanan
- Curva S Bulanan
- Laporan Triwulan
- Curva S Triwulan
- Back Up Data Volume Pekerjaan yang digunakan untuk menghitung realisasi Volume

Baik sekarang mari kita kupas tuntas saja semuanya dimulai dari

- Kendali Pekerjaan

Kendali Pekerjaan adalah form laporan kendali progress fisik yang harus kita buat guna memantau dan mengontrol kegiatan pelaksanaan pekerjaan dilapangan pada setiap harinya sebelum diinput pada laporan harian, laporan penggunaan tenaga, laporan penggunaan bahan serta laporan penggunaan alat.
Form laporan Kendali pekerjaan merupakan form internal kontraktor atau penyedia jasa dimana data-data yang telah kita dapat dan yang telah kita input pada kendali pekerjaan ini akan menjadi acuan dasar pengisian volume pada laporan harian, laporan mingguan penggunaan tenaga, laporan mingguan penggunaan bahan dan laporan mingguan penggunaan alat.
Form kendali pekerjaan ini hanya berisi 1 minggu pelakssanaan pekerjaan pada setiap formnya, namun itu tidak masalah jika para pembaca atau rekan-rekan quantity di lapangan membuat form kendali untuk full in one atau untuk setiap bulanya itu tergantung dari masing-masing, karena form yang penulis sampaikan disini hanya sebagai form contoh saja.
Kendali 1
Download Form Kendali     Disini

Pada Form Kendali Fisik Lembar 1 mencakup 
1. Identitas pekerjaan
2. Periode Pekerjaan
3. Nomor Urut
4. Uraian Pekerjaan
5. Satuan Pekerjaan
6. Volume pekerjaan
7. Hari & Tanggal
8. Keterangan

Pada angka 1. Identitas pekerjaan berisi tentang Identitas yang berhubungan dengan pengguna jasa atau pemili/Owner, Satuan Kerja, Kegiatan, Nama Paket pekerjaan, Lokasi pekerjaan dan tahun anggaran pekerjaan.

Pada angka 2. Periode pekerjaan adalah data periode waktu pelaksanaan selama 1 minggu yang berisi hari dan tanggal.

Pada angka 3. No. urut Berisi tentang nomor urut

Pada angka 4. Uraian pekerjaan berisi jenis-jenis pekerjaan yang sama dengan jenis pekerjaan pada Bill of Quantity Pekerjaan (BOQ).

Pada angka 5. Satuan pekerjaan adalah satuan volume pada masing-masing jenis pekerjaan.

Pada angka 6.  Volume Pekerjaan berisi volume pekerjaan yang di link langsung pada pencapaian realisasi volume pekerjaan  pada laporan progress fisik mingguan yaitu volume yang tercapai pada Vol. minggu ini 

Pada angka 7. Hari dan tanggal berisi hari dan tanggal selama 1 minggu

Pada angka 8. Keterangan berisi penjelasan / keterangan

Serta berisi pencapaian volume pekerjaan selama satu minggu yang langsung diinputkan  keofisien untuk mendapatkan hasil pemakaian Bahan pada saat volume tercapai pada setiap minggunya.
Kendali 2

dan form kendali 2 yang berisi total bahan yang terpakai setiap harinya, total penggunaan perlatan dan penggunaan tenaga kerja yang akan terisi secara otomatis jika sudah di link dengan koefisien pada analisa masing-masing sub pekerjaan.

- Laporan Harian
Pembahasan - Laporan Harian akan dilanjutkan pada # Session Two #
Untuk membuka Session Two silahkan Klik  :     Disini